Teknologi

Memahami Proses Bending | Macam-Macam Mesin Bending Plat

Sepotong besi menjadi bengkok akibat tekanan mesin sederhana dengan pres yang disebut dengan bending. Pekerjaan bending menggunakna sepotong besi panjang, lembaran logam ataupun piring. Die yang digunakan biasanya berbentuk V, U, W atau lainnya. Akibat bending yakni membuat logam di sisi luar sumbu netral mengalami tarikan, sedangkan sisi lain mengalamai tekanan. Apa saja jenis-jenis dan proses bending tersebut? Simak baik-baik ya.

Proses bending merupakan proses pembengkukan atau penekukan. Misalnya proses bending plat adalah proses penekukan plat dengan alat bending baik secara manual maupun menggunakan mesin bending. Material plat bisa dibending dengan pisau bending dan dies. Jenis bending dibagi menjadi dua, yaitu: Bendingan lurus adalah bendingan yang hasil bendingnya berupa bentuk garis atau lurus. Bendingan radius adalah bendingan yang hasil bendingnya berupa bentuk radius
Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan proses bending. Pertama, material yang dibending harus mampu menjalani proses bending. Tebal material yang akan dibending harus sesuai dengan kapasitas mesin bending. Pemilihan V dies yang digunakan dalam proses bending harus tepat. Terakhir, profil bendingan bisa dilakukan dengan peralatan yang ada.

Baca juga : Mesin Blow Moulding

Proses-Proses Bending

Proses-Proses Bending

Bending tidak hanya dilakukan untuk membentuk bagian seperti sudut, lensa, jahitan, atau corrugations. Bending juga dipakai untuk memberikan kekakuan ke suatu bagian dengan meningkatkan inersia. Perubahan bentuk penampang bisa menyebabkan kekakuan bagian tanpa menambahkan sebuah bahan. Ada 8 proses yang harus Anda lakukan saat melakukan sebuah bending, yaitu:

Baca juga : Mesin Hammer Mill

Angle Bending

Adalah pembentukan plat atau besi dengan menekuk bagian tertentu plat guna mendapatkan hasil tekukan sempurna. Selain menekuk, pekerjaan ini juga bisa digunakan untuk memotong plat yang disisipkan. Ataupun membuat lengkungan dengan sudut hingga 1500 pada lembaran logam. Contoh hasil dari proses angle bending adalah potongan plat (benda kerja las karbit) serta plat berbentuk L, V, dan U.

Press Brake Bending

Adalah proses bending yang menggunakan penekan dan cetakan (die). Proses ini membentuk plat yang dilakukan di atas die kemudian ditekan melalui penekan dari atas hingga mencapai hasil tekukan yang sama dengan bentuk cetakan (die). Pada umumnya, die berbentuk U, W atau bentuk tertentu lainnya.

Draw Bending

Adalah proses mencetak plat dengan roll penekan dan cetakan. Roll berputar menekan plat hingga terdorong ke arah cetakan. Pembentukan menggunakan draw bending sangat cepat dan hasil melimpah. Sayangnya, pada benda yang terjadi springback terlalu besar bisa membuat hasil kurang maksimal.

Roll Bending

Adalah bending yang digunakan untuk membuat bentuk silinder atau bentuk lengkung lingkaran dari plat logam yang telah disisipkan pada suatu roll berputar. Roll akan mendorong dan membentuk plat yang berputar terus-menerus hingga membentuk silinder.

Roll Forming

Dalam proses roll forming (pembentukan), bahan yang memiliki panjang dimana masing-masing bagian akan dibengkokan secara individual oleh roll. Sepasang roll berjalan digunakan untuk nenekuk bahan panjang. Dalam proses ini juga dikenal istilah forming dengan pembentukan kontur-kontur melalui cold working untuk membentuk logam. Logam akan dibengkokan bertahap melalui serangkaian roll. Bahan roll biasanya terbuat dari besi baja karbon atau abu-abu yang dilapisi krom sebagai ketahanan aus. Proses tersebut bertujuan untuk membentuk bentuk kompleks dengan lembaran logam. Tebal bahan sebelum maupun sesudah proses pembentukan tidak berubah. Hasil dari pengerjaan ini adalah saluran pipa, besi pipa, dan lainnya.

Seaming

Adalah operasi bending yang digunakan untuk menyambung ujung lembaran logam sehingga membentuk benda keja. Sambungan akan dibentuk dengan roll-roll kecil yang disusun berurutan. Contoh hasil pengerjaannya adalah kaleng, drum, ember, dan lainnya.

Straightening

Adalah proses berlawanan dengan bending untuk meluruskan lembaran logam. Umumnya, straightening dilakukan sebelumm benda kerja dibending. Proses ini menggunakan roll-roll yang dipasang sejajar denagn ketinggian sumbu rol berbeda.

Flanging

Proses flanging sama dengan seaming dimana proses ini adalah melipat dan membentuk permukaan yang lebih besar. Hasil pekerjaan proses tersebut adalah cover cpu pada komputer, seng berpengait, dan lainnya.

Baca juga : Mesin Roll Forming

Kegagalan Dalam Proses Bending

Kegagalan Dalam Proses Bending

Dalam proses pembendingan, ada beberapa kemungkinan kegagalan benda yang bisa saja terjadi, antara lain:

Springback

Springback terjadi akibat semua benda memiliki modulus tertentu dari sebuah elastisitas atau perubahan logam yang didikuti dengan pemulihan lenting pada pulihan beban. Dalam pembenetukan pemulihan tersebut dikenal dengan springback. Sudut lengkung akhir setelah adanya kekuatan tekanan atau pembentukan lebih kecil dan radius lengkunag akhir akan lebih besar dari sebelumnya. Sudut lengkung yang dihasilkan menjadi besar setelah dilakukannya sebuah pembentukan. Kegagalan sebuag springback negatid bisa berupa kembalinya bentuk benda ke bentuk semula.

Sobek

Kegagalan sobek diakibatkan dari keelastisan benda yang kurang. Bisa juga terjadi karena saat proses pembentukan terjadi adanya tumbukan terlalu besar sehingga benda yang dibentuk menerima tekanan lebih hingga menyebabkan sobek. Sobek terjadi pengerjaan yang menggunakan plat atau piringan.

Patah

Kegagalan berikutnya adalah patah. Penyebab patah bisa diakibatkan dari terlalu kerasnya benda yang dibentuk. Benda yang didorong atau ditekan dalam cetakan tetapi tidak punye keelastisan cukup, maka tekanan bukan membentuk malah mematahkan. Sebab selanjutnya bisa juga karena tejadinya penekukan berulang kali yang dilakukan pada benda di titik tekukan yang sama. Tekukan berulang kali tidak dapat diterima oleh logam yang dibentuk sehingga terjadi patahan bahkan logam yang termasuk elatis pun bisa mengalamai patah.

Baca juga : Mesin Milling Vertikal

Hal-Hal Penting Dalam Proses Bending

Hal-Hal Penting Dalam Proses Bending

Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam proses bending, antara lain:

  1. Periksalah deis atau sepatu pembentuk sudut pembengkokan sesuai yang Anda inginkan
  2. Tandai sisi bagain tepi plat yang akan Anda bengkokan
  3. Posisi tanda harus sejajar dengan dies pembengkok
  4. Penjepit plat harus kokoh dan kuat
  5. Atur sudut pembengkokan sesuai dengan sudut pembengkokan yang Anda inginkan
  6. Sesuaikan bentuk dies landasan dengan pembengkok sesuai kehendak Anda
  7. Mulailah proses pembengkokan dengan memperhatikan sisi-sisi yang akan dibengkokan agar Anda bia mendahulukan pekerjaa yang mudah
  8. Apabila akan melakukan pembengkokan banyak, maka buatlah jig atau alat bantu yang akan memudahkan Anda melakukan proses pembengkokan. Sebab jig akan membantu Anda menghasilkan bentuk pembengkok yang sama.

Macam-Macam Mesin Bending Plat

Macam-Macam Mesin Bending Plat

Di bawah ini adalah beberapa jenis mesin bending plat yang perlu Anda ketahui, yaitu:
Mesin Bending Plat Manual menggunakan tenaga manusia dengan bandul pemberat. Tidak ada satupun daya listrik yang membantu mesin bending plat manual. Jadi, mesin ini sangat murah dan hemat biaya operasionalnya.
Mesin Bending Plat Hidrolik menggunakan sistem hidrolik sebagai sumber tenaga penekuknya. Oleh karena itu, mesin membutuhkan tenaga listrik yang lebih efisien untuk menggerakkan pompa hidrolik. Mesin ini juga menggunakan fluida dalam sistem hidrolik berupa oli hidrolik.
Mesin Bending Plat Menikal
Mesin ini menggunakan tenaga motor listrik yang dibantu dengan roda gila sebagai pengumpul tenaga. Kelebihan mesin ini adalah mampu bergerak dengan kecepatan tinggi dan bertenaga besar.

Demikian ulasan lengkap mengenai mesin bending. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close