Umum

Menteri PPPA : Gusti Ayu Bintang Darmavati

Dalam membentuk dewan pembantu Presiden Joko Widodo periode 2019 – 2024 dalam kabinet Indonesia Maju. Maka Presiden Joko Widodo juga menunjuk osok wanita asal Bali yaitu Gusti Ayu Bintang Darmavati sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Sosok yang akrab dipanggil dengan Bintang, menggantikan Menteri PPPA sebelumnya yaitu, Yohana Yembise. Bintang merupakan seorang istri dari mantan Menteri Koperasi dan UMKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. Saat Puspayoga masih menjabat sebagai menteri, Bintang duduk sebagai Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementrian Koperasi dan UKM. Dan aktif dalam beberapa organisasi.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju. Bintang Puspayoga pernah menjuarai Kejuaraan Tenis Meja PB Perwosi Oktober 2010 di GOR Sumantri Brojonegoro, Jakarta dan ia diangkat menjadi Ketua Umum Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Provinsi Bali periode 2010-2014. Ia juga pernah merintis kejuaraan tenis meja antar PKK banjar se-kota Denpasar pada tahun 2002.

Baca juga : Menteri Koperasi dan UKM

Menteri PPPA : Gusti Ayu Bintang Darmavati
Menteri PPPA : Gusti Ayu Bintang Darmavati

Perempuan kelahiran Bali, 24 November 1968 itu aktif dalam Dewan Kerajinan Nasional (Dekarnas), dan menjabat sebagai Ketua Bidang Manajemen Usaha. Ia juga dipercaya sebagai Ketua Bidang II Penggerak PKK, serta Ketua Bidang Peningkatan Kualitas Keluarga Besar Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja.

Pada Mei 2019, melalui lelang, ia berhasil menjadi satu dari delapan pejabat Eselon II Pemkot Denpasar. Ia dilantik sebagai Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Denpasar. Tidak hanya aktif dalam pemerintahan, Bintang juga memiliki kegemaran di bidang olahraga, khususnya tenis meja. Kecintaannya pada tenis meja membawa Bintang dalam berbagai pertandingan. Ia bahkan menjabat sebagai Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMS) Bali pada 2015-2019.

Baca juga : Menteri Sosial

Tentu saja tidak semua orang yang mengenal sosok Bintang. Masalahnya, sosok Gusti Ayu baru saja didaulat oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Sebelumnya sosok ini hanya menjabat dalam organisasi parta saja. Dan Gusti Ayu mulai menjabat pada 23 Oktober lalu. Dimana pada posisi sebelumnya sosok Gusti Ayu tahu betul dia kurang pengalaman di bidang perempuan dan anak. Namun ia menegaskan di dalam hidupnya tidak ada istilah tidak mungkin dan tidak ada istilah tidak bisa. Gusti Ayu berasal dari politikus PDIP, partai pemenang Pileg 2019 yang mendapat kursi terbanyak di Kabinet Indonesia Maju. Sekretaris DPD PDIP Bali I Gusti Ngurah Jayanegara mengatakan Gusti Ayu direkomendasikan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri. Megawati ingin ada perwakilan orang Bali dalam kabinet Jokowi dan akhirnya terpilihlah sosok Bintang.

Suaminya, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, juga menjadi politikus PDIP. Ia bukan sembarang kader. Gede Ngurah Puspayoga adalah Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah era Kabinet Kerja 2014-2019, juga pernah menjabat Wali Kota Denpasar. Karier Gusti Ayu memang banyak dihabiskan dalam dunia ekonomi. Saat suaminya menjabat menteri, Gusti Ayu menjabat Ketua Bidang Manajemen Usaha di Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Sebelum dilantik menjadi menteri, ia sudah berstatus ASN di Sekretariat Daerah Kota Denpasar, asisten II, yang membidangi ekonomi dan pembangunan. Dengan bekal pengalaman itulah Gusti Ayu mengatakan akan fokus mengembangkan kemampuan wirausaha perempuan selama menjabat Menteri PPPA.

Baca juga : Menteri Keuangan

Menteri PPPA : Gusti Ayu Bintang Darmavati
Menteri PPPA : Gusti Ayu Bintang Darmavati

Selain di bidang ekonomi, Gusti Ayu sebenarnya memiliki pengalaman sebagai penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Koperasi dan UKM. Karena, Dharma Wanita belum bisa melepaskan diri dari citra domestifikasi dan depolitisasi wanita. Maka isu-isu yang sensitif dan aktual seperti kekerasan terhadap perempuan tidak pernah mereka advokasi secara serius.

Komisioner Komnas Perempuan Mariana Amiruddin menilai dipilihnya Gusti Ayu karena Jokowi melihat isu perempuan masih sebatas masalah ekonomi. Namun diharapkan kinerja beliau ke depan akan membawa prestasi gemilang seperti sebelum ia menjabat sebagai menteri.

Baca juga : Menteri Kesehatan

Biodata

Menteri PPPA : Gusti Ayu Bintang Darmavati
  • Nama lengkap : I Gusti Ayu Bintang Darmavati
  • Tempat/Tanggal Lahir : Bali, 24 November 1968
  • Suami : Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga Riwayat

Pendidikan

  • Universitas Udayana

Riwayat Pekerjaan

  • Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan
  • Setda Kota Denpasar

Riwayat Organisasi

Menteri PPPA : Gusti Ayu Bintang Darmavati
Menteri PPPA : Gusti Ayu Bintang Darmavati
  1. Ketua Bidang Organisasi Dewan Kerajinan Nasional (Dekarnas).
  2. Ketua Bidang II Penggerak PPK.
  3. Ketua Bidang Peningkatan Kualitas Keluarga Besar Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMS) Bali Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Baca juga : Mendikbud

Demikian penjelasan singkat mengenai sosok Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Gusti Ayu Bintang Darmavati. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close