Umum

Menteri Perdagangan : Agus Suparmanto

Sosok Agus Suparmanto yang digadang menjadi menteri Perdagangan, merupakan sosok yang belum begitu familiar di dengar. Begitu juga dengan sepak terjangnya di dunia politik. Begitu juga dengan biografi beliau, sampai sejauh ini hanya beberapa profil yang dikupas pada beberapa halaman berita. Untuk mengetahui singkat profil menteri perdagangan Agus Suparmanto, berikut simak ringkasannya di bawah ini:

Setelah jabatan menteri perdagangan sebelumnya dipegang politikus Partai Nasdem Enggartiasto Lukita, maka posisi Menteri Perdagangan (Mendag) yang baru  akan dipindahkan ke tangan politikus asal PKB yaitu Agus Suparmanto. Presiden Jokowi resmi mengumumkan jika sosok Agus Suparmanto menjabat sebagai Mendag pada Kabinet Indonesia Maju di teras Istana Negara.

Sosok Agus Suparmanto memang belum begitu dikenal publik. Selain tercatat sebagai politikus PKB, Agus juga pernah menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI) periode 2018-2022. Dan Agus dikenal sebagai pengusaha galangan kapal di Belitung Timur, Bangka Belitung.

Baca juga : Menteri Agama

Menteri Perdagangan : Agus Suparmanto
Menteri Perdagangan : Agus Suparmanto

Agus Suparmanto menjadi Menteri Perdagangan ke 36 pada Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 menggantikan Enggartiasto Lukita dari nasdem. Agus telah dilantik oleh Presiden Jokowi tanggal 23 Oktober 2019. Politikus Partai Kebangkitan Bangsa ini mengaku sudah berdiskusi sejumlah isu dengan Jokowi di bidang perdagangan. Baik perdagangan luar negeri dan juga dalam negeri. Hal yang terpenting baginya yaitu untuk membantu Presiden Jokowi untuk menggenjot ekspor dan neraca perdagangan Indonesia terhadap negara lain meningkat di masa mendatang.

Sebelumnya, ketika bertemu Presiden Jokowi bertemu Jokowi, Agus mengaku ditugasi mengurus sektor perdagangan. Setelah pengarahan dari presiden Joko Widodo ia ditugaskan dalam hal pengurusan unsur bidang ekonomi. Diskusi berkaitan dengan komoditas dalam negeri, luar negeri, dan juga internasional.

Baca juga : Menteri Luar Negeri

Selain sebagai tokoh dan merupakan Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar (PB) Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI), ia juga merupakan menjadi pejabat di lingkungan PKB sampai terakhir sebelum menjabat menjadi Menteri Perdagangan.

Dari informasi yang didapat, sosok Agus juga merupakan Direktur Utama PT Galangan Manggar Biliton (GMB). Di mana pada perusahaan tersebut,  salah satu pakar hukum tata negara yaitu Yusril Ihza Mahendra juga berada di dalam jajaran pimpinan.

Baca juga : Menko Polhukam

Menteri Perdagangan : Agus Suparmanto
Menteri Perdagangan : Agus Suparmanto

Berdasarkan pemberitaan pada tahun 2016, GMB yang pernah menggarap proyek pembangunan dok kapal di daerah Manggar, tepatnya di pinggir aliran sungai Manggar, Belitung Timur. Dalam proyek tersebut, GMB yang menggandeng anak usaha PT Timah Tbk dalam bekerja sama membuat pembangunan proyek.

Salah satu program yang akan diemban dirinya menjabat sebagai menteri yaitu, program untuk memajukan komoditas dalam negeri sehingga ekspor akan naik dan lebih baik.

Dimana Pagu Anggaran Kementerian Perdagangan pada 2020 mendatang sebesar Anggaran Kemendag 2020 sebesar Rp 3,57 triliun. Anggaran tersebut akan dialokasikan untuk 10 kegiatan dalam Kemendag, mulai dari pengembangan perdagangan dalam negeri, perdagangan berjangka komoditi, perlindungan konsumen dan tertib niaga, peningkatan perdagangan luar negeri, pengembangan ekspor nasional, perundingan perdagangan internasional, dan pengkajian dan pengembangan perdagangan.

Baca juga : Menko Perekonomian

Dan tugas ia serta merta akan menjadikan anggaran tersebut bisa digunakan untuk kegiatan pengawasan dan peningkatan akuntabilitas aparatur Kementerian Perdagangan, dukungan Manajemen dan pelaksanaan tugas lainnya Kementerian Perdagangan, dan juga peningkatan sarana dan prasarana aparatur Kementerian Perdagangan. Dimana tugas tersebut tidak mudah untuk diemban, namun karena Presiden sudah mempercayakan tampuk jabatan tersebut, maka sosok Agus Suparmanto diharap mampu untuk menjalankan dan mencapai target kerja Indonesia maju 2019 sampai 2024.

Demikianlah profil singkat mengenai sosok Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, semoga bisa dijadikan sebagai pengetahuan dan wawasan pembaca.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close