Umum

Menteri Koperasi dan UKM : Teten Masduki

Sosok Teten Masduki memang hanya dikenal karena dulu pernah disandingkan dengan Dian Pitaloka untuk menjadi kepada daerah di Jawa Barat. Teten MasdukiĀ  dikenal sebagai seorang aktivis anti korupsi di Indonesia. Ia mempunyai latar belakang pendidikan Jurusan Matematika dan Ilmu Kimia, IKIP Bandung (1987) dan Kursus selama tiga bulan tentang kepemimpinan LSM di El Taller, Tunisa(1989). Untuk mengenal bagaimana sepak terjang dan juga profil singkatnya sebagai Menteri Koperasi dan UKM: Teten Masduki periode 2019 – 2024, berikut penjelasannya:

Biografi

Menteri Koperasi dan UKM : Teten Masduki
Menteri Koperasi dan UKM : Teten Masduki

Nama Teten dikenal ketika Indonesia Corruption Watch (ICW), yang dipimpinnya, membongkar kasus suap yang melibatkan Jaksa Agung yaitu Andi M. Ghalib pada masa pemerintahan B.J. Habibie. Inilah pertama kalinya dalam sejarah ada sebuah lembaga seperti ICW bisa memaksa seorang pejabat tinggi negara turun dari jabatannya.

Sebagai aktivis yang kerap berhadapan dengan orang-orang yang diduga terlibat kasus korupsi, tidak jarang Teten mendapat tekanan. Bahkan, pernah diancam akan diburu sampai ke liang kubur. Saat berhadapan dengan Andi M. Ghalib, ia mendapat tuduhan mencemarkan nama baik.

Contoh lain ada pengusaha, yang datanya masuk dalam daftar ICW, menawarkan fasilitas kendaraan dan lain sebagainya, asalkan datanya tidak diumumkan. Tentu saja saat itu ICW menolak. Berkat kegigihannya mengungkap kasus tersebut, maka Teten dianugerahi Suardi Tasrif Award 1999.

Baca juga : Menteri Sosial

Menteri Koperasi dan UKM : Teten Masduki
Menteri Koperasi dan UKM : Teten Masduki

Selain menjadi Koordinator Indonesia Corruption Watch ia juga mendapat penghargaan Ramon Magsaysay 2005 dari Yayasan Magsaysay, Filipina, atas perjuangannya dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Penyerahan penghargaan dilakukan di Manila 29 Agustus 2005.

Sosok Teten yang terlahir dari keluarga petani, masa kecil pria kelahiran pada tanggal 6 Mei 1963 yang dihabiskan di Kecamatan Limbangan, Garut, Jawa Barat. Tidak pernah terbayang ia akan menjadi aktivis antikorupsi, bahkan jenis profesi ini tidak dikenalnya. Walau kurang memperhatikan pendidikan anak-anaknya, Masduki, ayah Teten, berpesan supaya ia jangan sampai jadi pegawai negeri atau tentara. Teten sendiri ingin menjadi insinyur pertanian sebelumnya.

Baca juga : Menteri Keuangan

Lalu setamat dari SMA, dia kuliah di IKIP Bandung, mengambil jurusan kimia. Kesadaran terhadap masalah-masalah sosial sudah tumbuh mulai ia duduk di bangku SMA. Saat kuliah Teten sering ikut kelompok diskusi, mempelajari teori-teori dari yang kiri sampai yang kanan. Tahun 1985, Teten ikut aksi demonstrasi membela petani di Garut, yang tanahnya dirampas. Mulai saat itu ia terjun di dunia aktivis dan setelah lulus direkrut LSM informasi dan studi hak asasi manusia.

Menteri Koperasi dan UKM : Teten Masduki
Menteri Koperasi dan UKM : Teten Masduki

Beberapa waktu lalu Teten menjadi salah satu Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Periode 2013-2017. Ia mendampingi Rieke Diah Pitaloka pada pemilihan daerah Jawa Barat yang akan berlangsung pada bulan Februari 2013. Dengan perolehan suara sebanyak 28.42 persen saja. Dan ia gagal terpilih bersama pasangannya.

Pada tanggal 2 September 2015, saat itu ia terpilih untuk menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan menggantikan penerus sebelumnya yaitu Luhut Panjaitan yang telah lebih dulu ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Baca juga : Menteri Kesehatan

Menteri Koperasi dan UKM : Teten Masduki
Menteri Koperasi dan UKM : Teten Masduki

Bertepatan pada tanggal 23 Oktober 2019 lalu ia didaulat menjadi Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabinet Indonesia Maju pada pemerintahan presiden Joko Widodo periode 2019-2024. Dan memulai karir menteri sampai 5 tahun mendatang.

Baca juga : Mendikbud

Jenjang Pendidikan

  • Jurusan Matematika dan Ilmu Kimia, IKIP Bandung (1987)
  • Kursus selama tiga bulan tentang kepemimpinan LSM di El Taller, Tunisa(1989)

Jenjang Karier

  • Staf peneliti pada Institut Studi dan Informasi Hak Asasi Manusia (1978-1989).
  • Kepala Litbang Serikat Buruh Merdeka Setia kawan (1989-1990).
  • Kepala Divisi Perburuhan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI; 1990-2000).
  • Koordinator Forum Solidaritas Buruh (1992-1993).
  • Koordinator Konsorsium Pembaruan Hukum Perburuhan (1996-1998).
  • Ketua Badan Pekerja Indonesia Corruption Watch (1998-2008).
  • Anggota Ombudsman Nasional (2000 ).
  • Sekretaris Jenderal Transparency International chapter Indonesia (2009).

Penghargaan

  • Suardi Tasrif Award 1999
  • Alumni Berprestasi IKIP Bandung 2000
  • Penghargaan Ramon Magsaysay, 2005

Baca juga : Menteri Perindustrian

Demikian pemaparan mengenai sosok Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close