Umum

Menteri Keuangan Sri Mulyani Siap Berikan Handphone Beserta Pulsa Bagi Pelajar, Berikut Syaratnya!

Tahukau, – Menteri Keuangan Sri Mulyani siap memberikan handphone beserta pulsa untuk pelajar, dengan beberapa persyaratan tentunya.

Seperti yang diberitakan, kegiatan belajar mengajar selama era Covid-19 hanya bisa dilakukan di rumah.

Masa belajar di rumah ini yang akhirnya memaksa orang tua, untuk ikut memutar otak dalam banyak hal.

Tidak sedikit persoalan yang terjadi dalam sistem belajar di rumah ini saat ini.

Tidak tersedianya alat belajar seperti handphone atau laptop dan juga jaringan internet.

Banyak orangtua murid yang merasa terbebani akan hal tersebut.

Baca juga: Gaji PNS Ke 13 Akan Segera Cair Bulan Agustus Ini!

Orangtua juga harus mengeluarkan lebih dalam hal untuk biaya penggunaan internet bagi anak dalam menunjang kegiatan belajar.

Namun, kali ini ada kabar baik dari Kementrian Keuangan, Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengumumkan akan ada bantuan handphone dan juga pulsa bagi pelajar.

Mengutip dari media Menteri Keuangan, Sri Mulyani, akan memberikan bantuan sosial atau bansos bagi para pelajar di Indonesia dengan bentuk handphone atau telepon seluler dan pulsa.

Bantuan tersebut diberikan pemerintah untuk mendukung kelancaran kegiatan belajar mengajar (KBM) para pelajar yang saat ini masih dilakukan dengan cara daring atau online dari rumah.

Seperti sebelumnya, masih merebaknya wabah virus corona atau Covid-19 sampai kini mengharuskan adanya kebiasaan baru dalam menjaga jarak agar terhindar dari penularan virus ini.

Sri Mulyani mengatakan, aturan dalam pemberian bantuan sosial berupa handphone dan pulsa ini sedang digodok pemerintah pusat.

Namun demikian, ia memastikan, tidak semua pelajar dari berbagai kalangan dan tingkatan akan bisa mendapat stimulus bantuan tersebut dari pemerintah.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia juga menuturkan, pemberian bantuan handphone dan pulsa akan diberikan kepada para pelajar, khususnya mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Menurutnya, adanya bantuan handphone dan pulsa sangat dibutuhkan pada saat sekarang karena banyak pelajar yang berasal dari keluarga yang kurang mampu.

Baca juga: Ngaku Temukan Obat Covid 19, Sosok Hadi Pranoto Dicemooh!

Mereka yang selama ini kesulitan untuk mengakses pelajaran secara online karena keterbatasan dalam hal tidak memiliki handphone.

Kalau yang memiliki telepon pintar, tidak sedikit masyarakat yang tidak memiliki uang untuk membeli pulsa dan kuota internet.

“Apakah karena tidak memiliki handphone atau tidak bisa membeli pulsa jadi tidak bisa belajar? ini menjadi sebuah tantangan yang harus kita pecahkan,” ungkap Sri Mulyani pada Selasa (11/8/2020).

Karena itu, pihaknya saat ini tengah membicarakan hal ini dengan instansi terkait yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pembahasan yang menyangkut rancangan stimulus pemberian bantuan untuk para pelajar, khususnya yang berasal dari keluarga kurang mampu.

“Kami sedang pecahkan bersama, bagaimana caranya agar kami bisa membantu,” jelas Sri Mulyani.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, sebelumnya juga mempersilakan kepada pihak sekolah untuk memanfaatkan dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk keperluan lain dalam hal KBM.

Seperti, untuk membiayai pembelian pulsa atau kuota internet bagi para guru dan murid demi kelangsungan kegiatan belajar secara daring.

Dengan kebijakan yang diputuskan oleh Nadiem Makarim terkait dana bos tersebut sifatnya fleksibel karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Jadi, dana BOS itu 100 persen fleksibel. Bisa digunakan untuk membayar kuota, data, atau pulsa para guru dan murid,” jelas Nadiem.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close