Umum

Menkumham : Yasonna Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D.

Mengenal sosok Yasonna Laoly yang sudah tidak asing dalam kabinet pemerintahan Joko Widodo pada periode pertama. Membuat sosok ini kembali dipercaya untuk menjabat posisi menteri kembali. Ia didaulat sebagai menteri hukum dan ham. Untuk mengetahui biografi singkat Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, berikut penjelasannya:

Biografi Yasonna Laoly

Menkumham : Yasonna Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D.
Biografi Yasonna Laoly

Pria kelahiran Tapanuli Tengah yang memulai kariernya sebagai pengacara. Kecintaannya pada ilmu hukum, membuat Yasonna Hamonangan Laoly kembali ke dunia kampus. Terjun ke dunia politik lewat PDIP, ia menjadi putra Nias pertama yang menduduki jabatan menteri.

  • Nama lengkap:  Yasonna Hamonangan Laoly
  • Lahir:  Tapanuli, Sumatera Utara, 27 Mei 1953
  • Profesi: Politikus

Yasonna Hamonangan Laoly lebih dikenal dengan sebutan Yasonna Laoly. Yasonna lahir di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, 27 Mei 1953. Masa kecilnya dihabiskan di Kota Sibolga, Sumatera Utara. Ia termasuk anak yang rajin. Setelah menamatkan sekolah tingkat atas, Yosanna pindah ke Medan untuk kuliah di Universitas Sumatera Utara (USU). Di sini, ia mengambil pendidikan jurusan hukum.

Pada tahun 1978, Yosanna lulus dengan gelar sarjana hukum pada usia 25 tahun. Sejak kuliah, Yossana muda aktif dalam berbagai kegiatan. Dia aktif dalam organisasi Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) dan KNPI Medan serta menjadi ketua umum Kesatuan Mahasiswa Nias.

Baca juga : Menteri Perdagangan

Dalam organisasi intra kampus ia juga menjadi Sekretaris Umum Senat Mahasiswa Fakultas Hukum, USU, Medan. Selesai kuliah, Yasonna aktif kembali tanpa meninggalkan keilmuannya dalam bidang hukum.

Ia mulai bekerja sebagai pengacara dan penasehat hukum. Setelah tujuh tahun terjun di dunia pengacara, ia kembali fokus ke dunia akademik. Ia menjadi pembantu dekan FH Universitas Nomensen Medan pada kurun tahun 1980-1983.

Mulai tahun 1983 sampai 1984, ia mengikuti Internship in Higher Education Administration Roanoke College, Salem Virginia, Amerika Serikat.

Semangatnya belajar mendorong Yasonna untuk kuliah S2. Ia pun berangkat ke Amerika, untuk meraih gelar master of science dari Virginia Commonwealth University, Amerika Serikat. 

Pada usia 33 tahun, ia resmi mendapatkan gelar master. Ia juga merampungkan program doktor di negeri yang sama, yaitu Amerika. Yosanna meraih Doctor (Ph.D) dari North Carolina State University, Amerika Serikat, pada usia 41 tahun.

Baca juga : Menteri Agama

Biografi Yasonna Laoly
Biografi Yasonna Laoly

Yosanna terbilang istimewa dalam belajar, ia selalu mendapat banyak penghargaan, seperti mendapatkan penghargaan Outstanding Graduate Student Award Virgina Commwealth University, Alpha Kappa Delta International Sosiology Honor Society, dan Sigma Iota International Honor Society.

Sepulang dari Amerika, karier Yosanna semakin terbuka. Ia menjadi Ketua Jurusan Hukum Perdata Universitas HKBP Nommensen, Medan, dan puncak karier akademik menjadi Dekan Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen, Medan, pada usia 45 tahun.

Setelah berkiprah selama 19 tahun di dunia pendidikan, dia mulai merintis karier di dunia politik. Yosanna mulai terlibat aktif di PDI Perjuangan. Ia  berhasil menjadi anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara periode 1999-2004.

Baca juga : Menteri Luar Negeri

Lewat daerah pemilihan Sumatera Utara 2, Yasonna H. Laoly, SH, M.Sc bisa terpilih kembali sebagai anggota DPR RI periode 2009-2014. Ia bertugas di Komisi II yang membidangi Pemerintahan Dalam Negeri, Aparatur Negara, Otonomi Daerah, dan Agraria. Selain itu Wakil Sekretaris Fraksi PDIP ini juga menjabat sebagai Anggota Badan Anggaran.

Yasonna memenangkan 70.073 suara dari  Kabupaten Labuhan Ratu, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kota Padang Sidempuan, Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Selatan, Kota Sibolga, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Samosir, Kabupaten Padang Lawas Utara, dan Kabupaten Padang Lawas.

Bernomorkan anggota A-321, kemenangan Yasonna tidak lepas dari dukungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Ia juga memenangkan kursi di DPR periode 2004-2009 lewat partai yang sama.

Kemudian Yasonna menikah dengan Elisye Widya dan sudah dikaruniai 4 anak. Ia meraih gelar Doktor (PhD) setelah menyelesaikan studi di North Carolina State University Raleight, Amerika, pada tahun 1994.

Sebelum bergabung dalam kabinet kerja, ia berkarir sebagai anggota DPR RI komisi II periode 2004-2009. Pada Pemilihan Umum 2019, Yasonna menjadi calon legislatif PDI-P dari dapil Sumatera Utara I. Ia merupakan politisi PDIP-P yang menjabat sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam Kabinet Kerja sejak 27 Oktober 2019. Yasonna terjun ke politik praktis dengan menjadi anggota DPRD Sumatera Utara periode 1999-2004 dari partai PDI-P.

Baca juga : Menko Polhukam

Yasona juga pernah ditunjuk sebagai Ketua DPP PDI-P Bidang Hukum, Hak Asasi Manusia, dan Perundang-undangan oleh Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarno Putri, pada kongres V PDI-P. Ayah dari empat anak itu juga pernah dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Kriminologi Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK). Jelang akhir Kabinet Kerja Jilid I, Yasonna sempat mengundurkan diri dari jabatannya sebagai kemenkumham karena akan dilantik sebagai anggota DPR 2019-2024 pada 1 Oktober mendatang. Namun saat ini, ia kembali menduduki jabatan yang sama dalam Kabinet Indonesia Maju.

Pada pemilu berikutnya, Yosanna terpilih kembali menjadi anggota DPR RI 2009-2014. Puncak kariernya yang semakin benderang saat Presiden Jokowi memintanya untuk menjadi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam Kabinet Kerja 2014-2019.

Keluarga

  • Istri     : Eliaye Widya Ketaren
  • Anak   : 4 orang

Riwayat Pendidikan

  • SR Katholik Sibolga (1965)
  • SMP Negeri I Sibolga (1968)
  • SMA Katholik Sibolga (1971)
  • Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU) (1978)
  • Master of Sience Virginia Commonwealth University, AS (1986)
  • Doctor (Ph.D) North Carolina State University, AS (1994)

Jenjang Karier

  1. Pengacara & Penasehat Hukum, 1978-1983
  2. Pembantu Dekan FH Universitas Nomensen,1980-1983
  3. Ketua Jurusan Hukum Perdata Universitas Nommensen, Medan, 1994 – 1998
  4. Dekan Fakultas Hukum Universitas Nommensen, Medan,1998 – 1999
  5. Pengurus PDIP Sumatera Utara, 2000-2008
  6. Anggota DPRD Sumut dari PDIP,1999 – 2004
  7. Anggota DPR dari PDIP, 2004 – 2009
  8. Anggota DPR dari PDIP, 2009 -2014
  9. Menteri Hukum dan HAM, 2014-2019

Penghargaan

Penghargaan
  1. Outstanding Graduate Student Award Virgina Commwealth University, 1986
  2. Alpha Kappa Delta International Sosiology Honor Society, 1987
  3. Sigma Iota International Honor Society, 1993

Baca juga : Menko Perekonomian

Sekian mengenai sejarah singkat profil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly. Semoga menjadi manfaat positif untuk pembaca sekalian.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close