PendidikanTutorialUmum

Menghapus Kelas Di Google Classroom, Begini Caranya

Tahukau.com – Menghapus Kelas Di Google Classroom, Begini Caranya – Virus COVID-19 tidak hanya berdampak pada bidang pariwisata dan bisang ekonomi saja, tetapi berdampak pula bagi bidang pendidikan. Memasuki tahun ajaran baru, banyak daerah di Indonesia yang masih menggunakan sistem pembelajaran daring akibat pandemi COVID-19.

Salah satu aplikasi yang sering dan banyak digunakan oleh guru dan siswa adalah Google Classroom, aplikasi milik perusahaan asal Amerika Serikat, Google.

Seperti yang kita ketahui ada beberapa fitur khusus di Google Classroom yang hanya bisa diakses oleh pengajar. Salah satunya adalah menghapus kelas.

Baca Juga : Cara Mudah Mengganti Background Zoom Dari Hp dan Pc

Nah, penasaran dengan cara menghapus kelas di Google Classroom ? simak terus artikel ini sampai selesai.

Sekilas Tentang Google Classroom

Google Classroom merupakan alternatif penyedia interaksi proses belajar-mengajar antara guru dengan murid. Seiring bergesernya cara pengajaran konvensional menuju pengajaran digital, baik guru maupun murid harus beradaptasi dengan fitur dari perusahaan software raksasa di Amerika Serikat itu.

Google Classroom memungkinkan Guru untuk membuat kelas, mendistribusikan tugas, berdiskusi terkait materi, hingga pemberian skor atau nilai secara online.

Para murid juga memiliki akses untuk mengerjakan tugas dan menjawab pertanyaan oleh Guru melalui perangkat atau gawai masing-masing di rumah.

Pola kerja Google Classroom untuk guru sangat cocok diterapkan di tengah masa pandemi virus corona (covid-19) yang menyebabkan kegiatan belajar mengajar tatap muka, terpaksa beralih menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Cara Menghapus Kelas di Google Classroom

Guru bisa mengarsipkan kelas tersebut, sehingga kelas yang sudah pernah dibuat tidak akan hilang dan bisa dibuka kembali jika suatu saat diperlukan. Akan tetapi, jika guru berniat untuk menghapus kelas di google classroom secara permanen.

Baca Juga : Nomor WhatsApp Roboguru, Solusi Jawab Semua Soal Dengan Benar

Sebelum itu, sebagai informasi tambahan, menghapus kelas di google classroom hanya bisa dilakukan oleh pengajar utama yang membuat kelas tersebut, sedangkan pengajar lain tidak bisa melakukannya.

Baiklah, berikut ini langkah-langkah cara menghapus kelas di google classroom.

1. Buka aplikasi browser melalui google chrome dengan menggunakan akun google yang kamu miliki.

2. Setelah berada di halaman homepage, pergi ke bilah kiri atas dan klik ikon tiga baris segitiga. Selanjutnya klik menu ‘Classes’ atau ‘Kelas’.

3. Maka tampilan akan berubah menuju ke halaman daftar kelas yang pernah dibuat.

4. Lalu pilih kelas yang akan dihapus, pergi ke bilah kanan paling atas dari kelas dan klik ikon tiga baris segitiga.

5. Ada tiga pilihan menu yakni: copy, edit, dan archive.

6. Klik menu ‘archive’ atau ‘arsip’, tetap pilih arsip ketika pop up muncul.

7. Kemudian pergi ke bilah kiri atas dan klik ikon tiga baris segitiga. Selanjutnya klik menu ‘Archived Classes’ atau ‘Arsip Kelas’.

8. Pergi ke bilah kanan paling atas dari kelas dan klik ikon tiga baris segitiga. Akan ada tiga pilihan menu yakni; copy, restore dan delete.

9. Klik menu ‘delete’ atau ‘hapus’, tetap pilih hapus ketika pop up muncul.

Nah, itulah langkah-langkah cara menghapus kelas di google classroom, sangat mudah bukan?. Jika kamu mengikuti langkah-langkah di atas maka kelas yang sudah tidak digunakan lagi akan benar-benar terhapus secara permanen, sehingga file tersebut tidak memenuhi ruang penyimpanan google drive kamu.

Baca Juga : Berikut Cara Mengubah Walpaper Chat pada setiap Kontak WhatsApp

Mungkin hanya itu saja yang dapat Mimin bagikan mengenai Menghapus Kelas di Google Classroom, Begini Caranya. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung. Terus ikuti Tahukau.com untuk mengetahui informasi terbaru yang akan Mimin bagikan.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close