AplikasiTeknologiTutorialUmum

Mengenal Bot Di Telegram Dan Cara Menggunakannya Bagi Pemula

Tahukau.com – Mengenal Bot Di Telegram Dan Cara Menggunakannya Bagi Pemula – Telegram saat ini sedang booming sebagai aplikasi chat yang bisa dibilang sangat secure, bahkan karena saking secure nya, pemerintah Indonesia sempat melakukan blocking terhadap akses ke Telegram karena adanya content-content yang mengandung kejahatan, sara dll yang susah untuk di lacak.

Memasuki awal tahun 2016, Telegram sendiri kian serius untuk memperbaiki layanan chatting miliknya itu. Alhasil, Telegram telah berhasil menyediakan berbagai fitur-fitur menarik, yang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggunanya. Salah satu fitur yang paling diminati dari aplikasi Telegram adalah fitur Bot.

Kata bot adalah bentuk singkat dari robot. Bot Telegram berarti robot dalam layanan perpesanan Telegram. Bukan, robot di sini bukan seperti robot dalam sebuah tayangan di TV, melainkan lebih mirip robot dalam pabrik yang merakit mobil atau perangkat elektronik. Masih bingung? Sederhananya, anggap saja bot Telegram itu serupa dengan robot-robot di pabrik yang berfungsi sebagai alat untuk membantu mengotomasi tugas-tugas manusia.

Baca Juga : Cara mudah Main RolePlay (RP) Di Telegram Buat Para pemula

Bot sendiri merupakan software yang secara otomatis akan merespon setiap pesan atau pun perintah yang kalian berikan. Ada banyak Bot yang tersedia di Telegram ini. Contohnya saja, beberapa Bot Telegram yang terkenal seperti @jaconda dan @bangjonibot bisa bertindak sebagai asisten pribadimu. Sejak fitur Bot ini diperkenalkan, banyak bermunculan game-game seru yang bisa dimainkan langsung dari chat Telegram dengan ringan. Semuanya gratis, tanpa iklan.

Namun sayang, tak semua pengguna Telegram mengetahui fitur ini. Banyak dari mereka tidak tau apa itu Telegram bot, apa fungsinya, bagaimana cara kerja bot tersebut, dan bagaimana keamanan bot tersebut bila digunakan. Karena itulah, disini Mimin akan menjelaskan mengenai hal ini. Bagi kamu yang belum tahu mengenai Telegram bot terkhusus nya bagi pemula, silahkan simak sampai selesai ulasannya dibawah ini.

Penjelasan Apa Itu Bot Di Telegram

Adalah sebuah program komputer berbasis AI (Artificial Intelligence), alias robot virtual yang dapat mensimulasikan percakapan layaknya manusia. Teknologi ini juga dikenal sebagai asisten digital yang dapat memahami serta memproses permintaan pengguna, dan memberikan jawaban yang relevan dengan cepat.

Baca Juga : Mau Buat Template Bingo di Instagram? Begini Caranya

Bot Telegram dapat melakukan apa saja sesuai perintah (yang sudah tersedia). Bot telegram bisa digunakan untuk melakukan pencarian, sebagai penghubung, pengingat, pengajar, pengintegrasi, dan lainnya.

Cara Kerja Bot Di Telegram

Pada dasarnya bot telegram merupakan akun telegram spesial yang dalam proses pembuatan nya tidak memerlukan nomer telefon untuk aktivasi dan verifikasi, pengguna dapat berinteraksi dengan bot telegram dengan 2 cara :

  • Mengirimkan pesan dan command ke bot secara langsung dari jendela chat (direct message/DM) atau dengan mengundang nya masuk ke grup lalu mengetikan command di group.
  • Inline bot – tanpa mengirim pesan apapun ke bot secara langsug kamu bisa berinteraksi dengan bot cukup dengan mengetikan @namabot diikuti dengan query (inline queries).Dengna cara ini kamu bisa request content dari bot dari jendela chatting manapun,group ataupun channel tanpa harus mengirim pesan apapun ke bot.

Membuat Bot Telegram dengan BotFather

Seperti namanya, BotFather adalah bapaknya para bot telegram. Bot ini digunakan untuk mengatur semua bot yang ada di telegram, dengan kata lain BotFather adalah bot yang menyediakan menu untuk mengatur bot yang telah dibuat oleh user. Langsung saja, berikut ini langkah-langkah membuat Bot Telegram dengan mudah menggunakan BotFather.

  1. Pada kotak pencarian ketik botfather
  2. Klik pada BotFather
  3. Klik start untuk mulai berinteraksi dengan BotFather
  4. ketik /newbot untuk membuat bot baru
  5. ketik nama utnuk bot mu
  6. buat username untuk bot mu,username bot harus diakhiri dengan `bot` misalnya : asistenBot atau asisten_bot
  7. Setelah bot berhasil dibuat maka kamu mendapat API token yang bisa kamu gunakan untuk mengakses API bot yang disediakan oleh telegram.
  8. Proses ini sebenarnya belum selesai, terakhir kita harus verifikasi terhadap token Bot tersebut. Salin token yang tercantum kemudian kalian masuk kembali ke Manybot, kemudian klik I’ve copied the API token. Pastikan Manybot telah menjawab dengan tulisan “Good. Send the API token in the next message.”
  9. Selanjutnya paste token yang telah disalin sebelumnya pada kolom chat Manybot lalu klik sendSilakan tunggu hingga mendapat balasan bahwa Token untuk bot telegram kalian telah diterima. Seperti pada gambar dibawah ini.
  10. Silakan kalian ketikkan beberapa kata, misal Hello World, dan nanti Manybot akan menginformasikan bahwa Bot Telegram kalian sudah siap untuk digunakan.
  11. Tahap terakhir, silakan kalian masuk ke Bot Telegram kalian, dan klik START, pastikan Bot kalian menjawab.
  12. Jika bot sudah bisa menjawab, menandakan bot telegram sudah bisa digunakan dengan token yang didapat tadi

Catatan

Silakan catat token yang tercantum untuk akses HTTP API nya, ini digunakan apabila kita ingin set misal notifikasi otomatis via channel/group Telegram.

Baca Juga : Kirim VN Di Telegram, Begini Caranya

Akhir Kata

Mungkin cukup itu saja yang dapat Mimin bagikan tentang Mengenal Bot Di Telegram Dan Cara Menggunakannya Bagi Pemula, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kalian pengguna Telegram terutama buat pemula. Terimakasih telah berkunjung dan ikuti terus informasih terbaru hanya di Tahukau.com.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close