Teknologi

Kelebihan Dan Kekurangan Mata Uang Bitcoin

Bagi anda saat ini tentu saja sudah tidak asing dengan yang namanya Bitcoin. Untuk anda yang belum mengerti tentang Bitcoin, akan saya berikan sedikit penjelasan. Bitcoin sendiri merupakan mata uang digital yang sudah dikembangkan sejak tahun 2009 oleh orang yang bernama Satoshi Nakamoto. Bitcoin ini dianggap sebagai mata uang digital karena memang hanya tersedia di dunia digital. Nah lalu apa sih kelebihan dan kekurangan dari mata uang bitcoin ini? Silahkan anda simak ulasan saya mengenai kelebihan dan kekurangan bitcoin.

BACA JUGA: 6 Teknologi Yang Bakal Asing & Kuno di Masa Depan

Kelebihan Bitcoin

Berbeda dengan mata uang asli atau fisik, bitcoin memiliki beberapa kelebihan atau keunggulan dibandingkan mata uang fisik. Berikut dibawah ini adalah beberapa kelebihan bitcoin.

BACA JUGA: Motor Listrik Terbaru Di Indonesia Tahun 2020

1. Tidak Memiliki Batas Wilayah

Kelebihan bitcoin yang pertama adalah Bitcoin tidak memiliki batas wilayah. Artinya disini bitcoin bisa digunakan kapan saja dan dimana termasuk antar negara. Berbeda dengan mata uang tertentu yang hanya berlaku di negara tertentu pula, Bitcoin ini berlaku dimana saja dalam transaksi digital.

2. Bitcoin Aman Dan Juga Efisien

Keuntungan bitcoin adalah aman digunakan sebab menggunakan sistem enkripsi berlipat-lipat yang bisa mengamankan data kita dari orang lain. Berbeda dengan kita menggunakan kartu kredit atau kartu debit yang pastinya saat ingin melakukan transaksi nama kita akan diketahui oleh pengirim, nah dengan bitcoin identitas kita tidak akan terbongkar.

3. Informasi Bitcoin Transparan

Yang terpenting adalah nilai bitcoin ini transparan sebab bisa dilihat oleh semua pengguna bisa mengetahui perkembangan dan juga nilai tukar bitcoin dengan mudah di beberapa situs internet. Anda hanya tinggal cari saja informasi kenaikan dan juga penurunan nilai harga bitcoin di Internet, semua informasi yang anda cari akan anda dapatkan.

4. Bitcoin Tidak Terpengaruh Inflasi

Berbeda dengan mata uang asli yang bisa terpengaruh oleh inflasi, nah Bitcoin ini tidak bisa terpengaruh oleh inflasi sebab bitcoin sendiri merupakan mata uang digital.

Kekurangan Bitcoin

Selain memiliki kelebihan tentu saja bitcoin juga memiliki kelemahan atau kekurangan. Namanya juga buatan manusia pasti tidak ada yang sempurna. Berikut dibawah ini adalah kekurangan bitcoin.

1. Pembayaran Dengan Bitcoin Masih Minim

Kekurangan bitcoin yang pertama adalah sisi penerimaan bitcoin sebagai media pembayaran masih sangat minim. Bahkan kita juga susah untuk menemukan suatu layanan yang menerima pembayaran dengan bitcoin. Sehingga kita harus menukarkan dulu bitcoin dengan mata uang yang berlaku.

2. Nilai Tukar Bitcoin Naik Turun

Kekurangan berikutnya dari bitcoin adalah nilai tukar dari Bitcoin yang naik turun setiap saat. Hal ini karena ada berbagai faktor seperti jumlah pengguna yang sedikit, jumlah penambang yang sedikit dan masih banyak faktor lainnya yang mempengaruhi nilai tukar bitcoin.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close