Pendidikan

Masa Orde Baru | Kebijakan, Kelebihan & Faktor Penyebab

Tahukau.comMasa Orde Baru – Orde baru merupakan istilah masa pemerintahan presiden Soeharto yang berkuasa lebih dari 30 tahun sejak tahun 1966 sebagai pengganti orde lama. Orde baru mengembalikan kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Penyebabnya adalah peristiwa Gerakan 30 September (G30S/PKI). Bagaiman sebenarnya sejarah orde baru tersebut? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda!

Masa Orde Baru

Masa Orde Baru

Masa orde baru berawal saat Partai Komunis Indonesia (PKI) mulai menyebarkan paham komunisme dan mengancam ideologi Pancasila. Presiden Soekarno melalui Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) menyerahkan mandat kepada Jenderal Suharto. Tepatnya tanggal 30 Semptember 1965, beberapa jendeal TNI, diculik, disiksa, dan dibunuh anggota PKI yang sangat menimbulkan kekacauan di Indonesia. Dari kejadian tersebut, sebagaian masyarakat membendi Partai Komunis Indonesia (PKI) sehingga TNI bersama masyarakat kemudian menangkap dan membantai para anggota PKI. Di beberapa lokasi terjadi banyak kerusuhan yang mengancam keamanan negara. Selain adanya kerusuhan, masyarakat juga sering melakukan demonstrasi di berbagai tempat yang menuntut Pemerintah untuk membubarkan PKI serta organisasi-organisais pendukungnya (Gerwani, Lekra, BTI, Pemuda Rakyat, dan sebagainya.

Baca juga : Sejarah Bahasa Indonesia

Membersihkan Kabinet Dwikora dari Berbagai Unsur PKI

Membersihkan Kabinet Dwikora dari Berbagai Unsur PKI

Tuntutan rakyat kemudian ditindaklanjuti oleh Presiden Soekarno untuk melaksanakan reshuffle Kabinet Dwikora. Sayangnya, upaya tersebut mengecewakan karena unsur komunis dianggap masih ada di dalam kabinet baru. Situasi genting tersebut membuat presiden Soekarno memutuskan untuk mengundurkan diri dengan menandatangai Supersemar tanggal 11 Maret 1966. Seluruh mandat Presiden Soekarno diserahkan kepada Soeharto sebagai Presiden Republik Indonesia. Tanggal 22 Februari 1976, Soeharto diangkat menjadi Presiden RI ke-2 melalui Ketetapan MPRS No. XVMPRS/1966 dan sidang istimewa MPRS tanggal 7 hingga 12 Maret 1967.

Baca juga : Sejarah Terbentuknya Peta Dunia

Kebijakan-Kebijakan Masa Orde Baru

Kebijakan-Kebijakan Masa Orde Baru

Masa orde baru mencipatkan berbagai kebijakan baik di bidang politik, ekonomi, dan sosial demi mewujudkan stabilitas negara dalam berbagai bidang. Adapaun tujua-tujuan kebijakan masa orde baru, antara lain:

1. Kebijakan Ekonomi

Tahun 1969, pemerintah ORBA membuat program Rencana Pembangunan Lima Tahun (REPELITA) yang bertujuan meningkatkan ekonomi sosial. Tahun 1984, Indonesia menjadi negara swasembada terbesar. Kebijakan lainnya adalah menciptakan program trilogy pembangunan yang mewujudkan ekonomi masyarakat bisa merata hingga ke seluruh Indonesia.

2. Kebijakan Politik

Tak hanya pada kebijakan ekonomi, beberapa kebijakan politik yang diwujudkan di masa orde baru pun sangat beragam. Pertama adalah membubarkan partai komunis dengan organisasi pendukungnya baik yang ada di masyarakat maupun dalam kabinet pemerintahan. Kedua, menyederhanakan partai politik dari 10 partai menjadi 3 partai politik saja, yakni Golkar, PDI, dan PPP. Adanya peran militer dalam pemerintahan atau disebut dengan dwifungsi ABRI. Munculnya kewajiban pendidikan penataan P4 (Pedoman, Penghayata, dan Pengalaman Pancasil) oleh seluruh lapisan masyarakat. Masuknya Irian Barat dan Timor Timur ke wilayah NKRI, pengakuan negara Singapura, memperbaiki hubungan dengan Malaysia, dan kembali amsuknya Indonesia menjadi anggota PBB juga merupakan kebijakan politik masa ORBA.

3. Kebijakan Sosial

Kebijakan sosial juga diatur pemerintahan masa ORBA untuk memperbaiki kesejahteraan masyarakat, yakni mencanangkan program Keluarga Berencana (KB), transmigrasi, gerakan wajib belajar, dan gerakan orang tua asuh.

Baca juga : Sejarah Uang

Kelebihan dan Kekurangan Masa Orde Baru

Kelebihan dan Kekurangan Masa Orde Baru

Kelebihan Masa Orde Baru

Seperti kita ketahui, masa orde baru dipimpin oleh Soeharto selama 32 tahun. Adapaun kelebihan masa orde baru adalah:

  • Adanya peningkatan Gros Domestic produk perkapita Indoneisa $70 menjadi $100
  • Membuat Program Keluarga Berencana (KB)
  • Meningkatkan minat masyarakat untuk membaca dan menulis
  • Meminimalisir angka penggangguran
  • Kebuthan pangan, sandang, dan bisa tercukupi dengan baik
  • Stabilitas dan keamanan negara Indonesia meningkat
  • Membuat program Wajib Belajar dan gerakan nasional orang tua asuh
  • Menyukseskan Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita)
  • Kerja sama dengan pihak asing perihal ekonomi bahkan menerima suntikan dana dari luar negeri

Kekurangan Masa Orde Baru

Adapun kekurangan masa order baru, yaitu:

  • Korupsi terjadi besar-besaran di seluruh lapisan masyarakat
  • Terjadi kesenjangan antara masyarakat kota dan desa sebab pembangunan hanya di pusat kota
  • Kekuasaan berkelanjutan tanpa ada tanda-tanda mundur
  • Masyarakat khususnya di Papua dan Aceh tidak puas dengan kinerja pemerintah
  • Terjadi banyak pelanggaran HAM karena pemerintah selalu menyelesaikan masalah dengan kekerasan
  • Terjadi pengekangan kebebasan pers dan berpendapat yang berujung pada penutupan paksa perusahaan koran dan majalah yang tidak sepaham dengan pemerintah
  • Orang kaya mendapatkan hak lebih dibandingkan orang tak mampu

Baca juga : Pangkat Polisi Indonesia

Faktor Penyebab Runtuhnya Orde Baru

Faktor Penyebab Runtuhnya Orde Baru

Ada banyak hal yang membuat rezim pemerintahan orde baru mengalami keruntuhan. Banyak masalah kompleks yang terjadi di masyarakat. Puncaknya adalah terjadinya berbagai macam usaha untuk melengserkan pemerintahan. Tepat tanggal 21 Mei 1998 menjadi momentum penting rakyat Indonesia dimana Soeharto resmi mengundurkan diri dari jabatannya. Berikut ini adalah faktor penyebab runtuhnya masa orde baru, antara lain:

1. Krisis Moneter

Krisis keuangan adalah faktor penting terjadinya keruntuhan masa orde baru dimana krisis ini pertama kali terjadi di wilayah Asia Timur sekitar tahun 1997. Krisis tersebut menimbulkan pelemahan di berbagai sektor keuangan termasuk di Indonesia. Sekitar bulan Juli 1997, nilai tukar rupiah turun dari angka Rp 2.575 per USD menjadi Rp 2.603 per USD. Hingga merosot tajam sebesar Rp 5.000 per USD dan pada Maret 1998 mencapai harga Rp 10.000 per USD. Hal tersebut membuat stabilitas nasional Indonesia sangat kacau.

2. Hutang Luar Negeri

Di tengah sulitnya perekonomian, hutang luar negeri semakin memperparah keuangan negara. Hingga 6 Februari 1998 saja, Indonesia memiliki hutang sebesar USD 63, 462 miliar, sedangkan USD 73, 962 miliar dimiliki oleh pihak swasta. Fakta ini membuat Indonesia terjebak dalam hutang yang tidak ada habisnya.

3. Penyimpangan UUD

Dalam oasal 33 UUD 1945, ekonomi dilaksanakan atas asas demokrasi ekonomi. Namun yang terjadi perekonomian dikuasai oleh bangsa konglomerat hingga terjadi monopoli ekonomi.

4. Pola Pemerintahan Terpusat

Sistem pemerintahan terpusat yang terjadi hanya di satu tempat, yakni Jakarta membuat pemerintah pusat bebas mengatur masyarakat secara keseluruhan. Dampaknya menyebabkan pembangunan tidak merata yang mengakibatkan kesenjangan.

5. Masalah Politik

Sistem politik di Indonesia pada masa order baru sarat akan KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme). Banyak aspirasi masyarakat yang seolah terbungkam dan wajib mengikuti kehendak penguasa. Siapapun yang mengkritik kebijakan pemerintah pada masa itu harus mendapatkan hukuman penjara karena pemerintah menganggap hal tersebut menganggu stabilitas negara.

6. Kepercayaan

Kurangnya kepercayaan dan simpati masyarakat akibat praktek-praktek KKN membuat para investor menarik seluruh modal yang ditanamkan di Indonesia. Aksi-aksi unjuk rasa oleh kalangan mahasiswa berubah menjadi ajang kekerasan. Hingga pada akhirnya memicu demonstrasi yang lebih luar biasa untuk menuntut lengsernya Presiden Soeharto.

7. Tragedi Trisakti

Puncak runtuhnya masa orde baru adalah tragedi Trisakti yang diikuti oleh 10.000 mahasiswa pada tanggal 12 Mei 1998. Tujuan demonstrasi tersebut adalah meminta pemerintah melakukanj reformasi di bidang pemerintahan, ekonomi, dan politik melalui sidang istimewa MPR.

Baca juga : Urutan Pangkat TNI

Demikian ulasan lengkap mengenai orde baru dan semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close