BisnisTeknologi

Manfaat Fintech Sistem Keuangan Berbasis Teknologi

Tahukau.com – Indonesia mulai dibanjiri dengan Fintech ataupun Financial Technology. Teknologi finansial yang muncul di Indonesia pula beragam, mulai dari produk dalam negara, sampai produk luar yang masuk ke dalam negara. Fintech merupakan salah satu tipe industri baru yang mulai digandrungi Indonesia.

Apa itu Financial Technology ataupun Fintech?

Penafsiran dari fintech ataupun financial technology merupakan sesuatu hasil gabungan antara jasa keuangan serta teknologi yang membuat pergantian pada bisnis model dari yang tadinya konvensional jadi moderat. Terdapat banyak ranah teknologi finansial yang dipunyai Indonesia. Mulai dari payment gateway sampai E – Wallet. Pada dasarnya financial technology mengganti metode manusia biasa bertransaksi. Dari yang tadinya silih bertatap muka satu sama lain jadi transaksi yang tidak butuh bertatap muka serta dapat dicoba dari jarak jauh.

Definisi financial technology ditegaskan pula oleh Bank Indonesia, lewat web resminya, financial technology merupakan hasil gabungan antara teknologi serta jasa keuangan dimana model bisnis

berganti dari yang konvensional jadi lebih moderat. Dimana, saat ini Kamu tidak butuh lagi menghadiri layanan tatap muka ataupun sentuhan raga buat melaksanakan transaksi. Tetapi bisa dicoba secara jarak jauh di mana juga.

BACA JUGA: Teknologi Baru dapat mempengaruhi pasar keuangan?

Manfaat Menggunakan Fintech

Pemakaian financial technology membagikan akibat positif serta kemudahan pada aspek kehidupan. Dengan terdapatnya teknologi keuangan, bukan cuma keamanan, tetapi pula kemudahan dalam bertransaksi serta pula layanan keuangan yang lain. Lalu apa aja khasiat pemakaian teknologi keuangan?

Kemudahan layanan finansial

pemakaian teknologi finansial membolehkan Kamu melaksanakan bermacam- macam kemudahan layanan finansial semacam membayar tagihan semacam BPJS, listrik, serta internet pula dapat dicoba dalam genggaman. Tidak hanya itu berbelanja sampai transaksi yang lain saat ini pula bisa dicoba tanpa wajib ke mesin ATM ataupun tell serta dapat dicoba cuma memakai smartphone.

Dengan terdapatnya financial technology, konektivitas serta alternatif pembayaran pula dapat dicoba dengan gampang serta bisa membangkitkan bisnis kolaboratif. Contohnya, di sebagian gerai mitra kerjasama semacam minimarket. Tidak hanya itu, teknologi finansial membolehkan Kamu berbelanja ke mana juga tanpa wajib bawa dompet dimana perihal ini tidak hendak dapat dicoba bila fintech tidak terbentuk.

Menolong UKM ataupun startup memperoleh modal

Memanglah sepanjang ini UKM ataupun startup dapat memperoleh modal dengan melaksanakan pinjaman kepada bank. Tetapi, pinjaman ke bank umumnya mempunyai bunga yang lumayan besar serta acapkali memberatkan pelakon usaha.

Dengan terdapatnya teknologi finansial, semacam tipe peer- to- peer lending, pelakon UMKM dengan gampang memperoleh pinjaman dari investor. Bunga yang dibebankan pula lebih rendah dibandingkan dengan pinjaman bank. Tidak hanya itu, kemudahan akses yang diberikan serta pula regulasi yang diawasi langsung oleh pemerintah pada teknologi finansial membuat pinjaman yang dicoba gampang serta bisa dipertanggungjawabkan.

BACA JUGA: Bisnis Penghasilan Sampingan dengan Lahan Kosong

Merangsang perkembangan inklusi keuangan

Inklusi keuangan pada dasarnya mengacu pada jumlah orang yang jadi nasabah ataupun pengguna jasa keuangan. Sebagian contoh jasa keungan yang diartikan meliputi seluruh tipe layanan perbankan serta pula asuransi. Pada

tahun 2019, Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DKNI) menargetkan 75% inklusi keuangan. Tetapi, sampai dikala ini sasaran yang baru tercapai cuma memegang angka 49%. Seperti itu mengapa pemerintah Indonesia menyusun kebijakan inklusi keuangan demi menyasar warga yang terletak di piramida ekonomi terbawah.

Financial technology merupakan alternatif pemecahan buat menolong menggapai sasaran inklusi keuangan tersebut. Biasanya, layanan fintech berbasis online serta bisa diakses di mana juga sepanjang penggunanya mempunyai jaringan internet. Perihal ini sejalan dengan pilar ketiga dari pengembangan inklusi keuangan di Indonesia, ialah Layanan Keuangan Digital Inovatif.

Sekian mengenai manfaat teknologi fintech semoga dapat membantu kamu.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close