Pendidikan

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM): Pengertian, & Fungsi

Setiap perusahaan, baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar, pastinya memiliki orang di dalamnya yang berpengaruh di perusahaan tersebut. perlu diketahui bahwa kesuksesan sebuh perusahaan tidak dilihat dari besar kecilnya perusahaan, akan tetapi dilihat dari orang yang mengelola perusahaan tersebu dalam mencapai keberhasilan. Nah, orang yang berada di balik keberhasilan dalam perusahaan yaitu Sumber Daya Manusia (SDM).

Pertama kali, Istilah Sumber Daya Manusia (SDM) ada pada tahun 1960-an. Biasanya istilah SDM digunakan untuk menggambarkan proses ketika orang-orang bekerja dalam suatu perusahaan yang memiliki tanggung jawab dalam mengelola Sumber Daya Manusia terutama yang berhubungan dengan karyawan perusahaan.  

Setiap perusahaan pasti memiliki divisi Human Resource (HR)  yang memiliki tanggung jawab dalam mengelola dan mengurus semua keperluan perusahaan terutama terkait dengan Sumber Daya Manusia (SDM). Divisi HR dalam pengelolaan dan kepengurusannya memerlukan suatu manajemen untuk memudahkannya dalam bekerja. Manajemen tersebut biasanya disebut Manajemen Sumber Daya Manusia atau Human Resources Management (HRM), sedangkan departemen yang membawahi Sumber Daya Manusia (SDM) disebut dengan HRD (Human Resources Departement). Nah untu itu, artikel berikut ini akan mengulas sedikit terkait Manajemen Sumber Daya Manusia. Simak baik-baik ya!

Baca juga : Pengertian Organisasi

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia  (MSDM)

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM): Pengertian, & Fungsi
Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

Biasanya istilah Manajemen Sumber Daya Manusia dalam sebuah perusahaan sama halnya dengan Manajemen Personalia yang mengawasi semua hal yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia perusahaan tersebut. Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) merupakan salah satu fungsi dalam sebuah perusahaan  yang berhubungan dengan proses dan upaya dalam rekrutment, pengembangan, pengelolaan, perencanaan, dan pengarahan secara menyeluruh khususnya pada orang-orang yang bekerja dalam perusahaan tersebut guna mecapai tujuan yang hendak dicapai oleh perusahaan.  

Manajemen Sumber Daya Manusia berada di bawah naungan divisi HR yang menyediakan pengetahuan, peralatan, pelatihan, pelayanan administrasi, pembinaan, dan pengawasan yang ada di lingkungan perusahaan. Manajemen Sumber Daya Manusia tentunya melibatkan kebijakan maupun keputusan yang akan berpengaruh terhadap tenaga kerja yang direkrut. Perlu diketahui, Manajemen Sumber Daya Manusia berfokus pada upaya dalam desain dan implementasi perencanaan, merekrut karyawan, pengelolaan dan pengembangan karir karyawan, kompensansi dan keuntungan, evaluasi kinerja, pelatihan karyawan, dan hubungan ketenagakerjaan antara buruh dan karyawan.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Berdasarkan Para Ahli

1. Menurut Sulistiyani dan Rosidah (2009:11) menyatakan bahwa Manajemen Sumber daya Manusia merupakan suatu potensi yang berfungsi sebagai modal dalam perwujudan potensi nyata yang dimiliki baik secara fisik maupun nonfisik terkait dalam menunjukkan eksistensi suatu perusahaan

2. Menurut  Melayu Hasibuan menyatakan bahwa Manajemen Sumber Daya Manusia adalah suatu bisang ilmu dan seni yang mempelajari peran dalam hubungan kerja agar dapat berjalan secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan utama perusahaan tersebut.

3. Menurut Anwar Prabu Mangkunegara menjelaskan bahwa Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan suatu pengorganisasia, pengarahan, pelaksanaan, perencanaan, dan pengawasan terhada hal-hal yang berkaitan dengan karyawan perusahaan untuk mencapai keberhasilan dari tujuan yang diinginkan.

Ruang Lingkup Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

Ruang Lingkup Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)
Ruang Lingkup Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

Dari beberapa pengertian di atas mengenai pengertian dari Manajemen Sumber Daya Manusia, maka berikut ini akan dipaparkan ruang lingkup dari Manajemen Sumber Daya Manusia yang harus diketahui:

  1. Menganalisa jabatan dan pekerjaan terkait upaya dalam menganalisa dan menjelaskan secara rinci mengenai masing-masing jobdesk karyawan dalam suatu perusahaan.
  2. Merencanakan Sumber Daya Manusia yang dibutuhkan suatu perusahaan.
  3. Memperkenalkan pengetahuan terkait latar belakang perusahaan terutama pada karyawan baru diterima di suatu perusahaan
  4. Memiliki tanggung jawab dalam perekrutan dan penyeleksian karyawan yang dibutuhkan suatu perusahaan berdasarkan kualifikasi yang telah ditentukan.
  5. Pelatihan dan pengembangan karyawan dalam suatu perusahaan
  6. Pengevaluasian kinerja dan prestasi untuk melakukan promosi, transfer, serta pemberhentian karyawan.
  7. Memotivasi karyawan suatu perusahaan
  8. Pemberian kompensasi atau bonus untuk karyawan suatu perusahaan.

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia
Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Berikut ini akan dipaparkan fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia menurut Cherrington (1995:11) :

1. Staffing Atau Employment

Fungsi ini terdiri dari tiga aktivitas penting seperti penarikan, perencanaan, dan seleksi karyawan atau sumber daya manusia.  Yang bertugas dalam perencanaan terkait seleksi tenaga kerja yang sesuai dengan ketentuan yang dibutuhkan dalam suatu perusahaan adalah Manajer di bawah naungan Departemen Sumber Daya Manusia. Manajer bertanggung jawab untuk menyaring tenaga kerja agar tidak terjadi yang namanya kelebihan maupun kekurangan tenaga kerja dalam proses penseleksian. Penyaringan tenaga kerja tersebut dilakukan dengan cara wawancara, tes, dan menyelidiki latar belakang calon karyawan seperti pengalaman kerja, biodata, dan sebagainya.

2. Performance Evaluation

Melakukan evaluasi kinerja sangat penting untuk dilakukan. Hal itu dilakukan oleh departemen Sumber daya manusia dan manajer perusahaan. Dengan adanya manajemen Sumber Daya Manusia, memudahkan manajer dalam melakukan evaluasi kinerja karyawan dan memastikan masing-masing karyawan melakukan tugas dan tanggung jawabnya. Sedangkan tugas Departement Sumber Daya Manusia sendiri adalah mengembangkan evaluasi kinerja,  memastikan bahwa evaluasi tersebut sudah dilakukan di seluruh bagian suatu perusahaan dan memberikan pelatihan pada manajer terkait cara membuat standar penilaian yang baik dan akurat.

3. Compensation

Manajemen Sumber Daya Manusia juga berhubungan dengan pemberian kompensasi pada karyawan yang diambil alih oleh manajer. Kompensasi dapat berupa upah, bonus, maupun reward. Para manajer memiliki tanggung jawab dalam mengembangkan struktur pemberian gaji yang baik seperti dalam hal kenaikan gaji atupun pemberian bonus.

4. Training and Development

Manajemen Sumber Daya Manusia memiliki tanggung jawab dalam memberikan pelatihan dan pengarahan pada setiap karyawan yang lolos seleksi maupun yang sudah menjadi karyawan tetap dalam perusahaan tersebut. Dalam Departement Manajemen Sumber Daya Manusia memiliki tanggung jawab dalam membantu para manajer untuk menjadi seorang pelatih dan penasehat yang baik, merencanakan program pelatihan yang menarik bagi karyawan baru, serta mengevaluasi tingkat keefektivitas program pelatihan dan pengembangan. Selain itu, Departement Manajemen Sumber Daya Manusia memiliki andil dalam pemutusan hubungan kerja dengan para karyawan yang terlibat permasalah di perusahaan.

5. Personnel Research

Para manajer memiliki tanggung jawab yang besar dalam perusahaan. Manajer akan berusaha untuk meningkatkan tingkat keefektivitas perusahaan dengan cara melakukan analisis pada masing-masing individu atau karyawan seperti perilaku karyawan saat bekerja. Biasanya analisis yang dilakukan berhubungan dengan absensi karyawan, keterlambatan karyawan, dan permasalahan yang lain. Tujuan melakukan analisa tersebut guna menghindari pengunduran diri secara mendadak.

6. Employe Relation

Setiap perusahaan yang menerapkan Manajemen Sumber Daya Manusia pasti menginginkan tidak adanya permasalaha terutama yang berkaitan dengan perserikatan kerja. Oleh karena itu, Departement Sumber Daya Manusia selaku yang bertanggung jawab terhadap manajemen Sumber daya Manusia di dalam suatu perusahaan berupaya dengan sekuat tenaga dalam melakukan negoisasi serta mengurus permasalahan yang berkaitan dengan persetujuan dengan para serikat pekerja. Upaya tersebut dilakukan untuk menghindari timbulnya aksi-aksi yang dapat merugikan perusahaan. Selain itu, Departement Sumber Daya Manusia juga berperan dalam menciptakan hubungan yang baik di lingkungan perusahaan seperti hubungan pemimpin dengan para anggota atau karyawan perusahaan.  

7. Safety and Health

Setiap perusahaan wajib memperhatikan dan memprioritaskan keselamatan para karyawannya. Hal itu dikarenakan keselamatan kerja karyawan memiliki pengaruh pada kredibilitas perusahaan. Oleh karena itu, ketika membuat suatu perencanaan mengenai standar operasional prosedur kerja, para manajer harus membuat dan merencanakan dengan sebaik mungkin.

8. Personnel Research

Jika suatu perusahaan menginginkan adanya suatu peningkatan, maka yang andil dalam hal ini adalah Departemen Sumber Daya Manusia. Cara yang dilakukan adalah melakukan analisis setiap masalah yang dialami individu atau perusahaan dengan membuat suatu perubahan yang menguntungkan perusahaan tersebut. Biasanya permasalahan yang dianalisa berhubungan dengan proses dalam merekrut dan menyeleksi yang baik, penyebab tidak puasnya karyawan perusahaan, serta absensi karyawan seperti penyebab tketidakhadiran dan keterlambatan.

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)
Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

Menurut Cushway, tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)  terdiri dari lima tujuan. Berikut ini akan dipaparkan 5 tujuan tersebut:

1. Membantu perusahaan dalam mencapai tujuan
2. Merencanakan kebijakan dan pertimbangan
3. Memberikan dukungan terhadap perusahaan
4. Menyelesaikan permasalahan perusahaan
5. Media komunikasi untuk menjalin hubungan

Demikian penjelasan singkat terkait manajemen sumber daya manusia yang harus kamu ketahui mulai dari pengertian, ruang lingkup, fungsi dan tujuan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close