Wisata

5 Makanan Khas Lebaran Cocok untuk Di Hidangkan

Tahukau.com – Hari Raya idul Fitri merupakan momentum sebagai hari kemenangan seluruh umat islam. Lebaran merupakan tradisi islam yang wajib dilakukan oleh orang yang beriman atau beragama islam. Pada dasarnya, Hari raya idul fitri ini biasa dilakukan bertujuan untuk saling meminta maaf kepada orang yang lebih tua. Tak hanya itu biasanya terdapat suguhan seperti makanan lebaran, minuman lebaran, bahkan sampai angpaonya versi orang islam.

Membahas mengenai lebaran tentunya tak jauh dari makanan. Sebagai menu utama dalam menjamu tamu, pastinya kita harus menyediakan hidangan yang lezat serta menarik untuk dimakan. Ada banyak makanan khas lebaran yang cocok untuk kamu hidangkan. Maka dari itu tahukau.com kali ini membagikan sedikit refrensi menu makanan lebaran yang cocok untuk dihidangkan.

BACA JUGA: Santapan Khas Bali Populer, Daya Tarik Warga Asing

1. Ketupat

Kuliner khas lebaran awal yang banyak ditemukan ialah ketupat. Ketupat memanglah jadi bagian dari tradisi lebaran di tanah Jawa. Santapan seragam lontong ini dipopulerkan oleh salah satu dari Walisongo, ialah Sunan Kalijaga. Semacam unsur- unsur tradisi Jawa – Islam lain yang diperkenalkan si wali, ketupat pula mempunyai arti tertentu.

Ketupat berasal dari kata kupat yang mempunyai arti ganda, ialah ngaku lepat( mengakui kesalahan) serta laku papat (4 aksi). Laku papat alias 4 aksi yang diartikan merupakan luberan, leburan, lebaran, serta laburan.

Keempatnya bermakna berakhirnya puasa, berbagi rezeki berlimpah dalam artian zakat fitrah, peleburan dosa, serta memutihkan kembali hati. Apalagi pemakaian janur serta wujud ketupat yang khas juga mempunyai makna tertentu.

2. Opor

Kuliner khas lebaran selanjutnya merupakan opor, penyajian opor bagaikan aksesoris makan ketupat dikala lebaran pula bukan tanpa alibi. Opor terbuat dengan kuah santan.

Sedangkan santan mempunyai bunyi yang mirip dengan pangapunten yang bermakna permintaan maaf. Jadi penyuguhan opor bagaikan pasangan ketupat mempunyai arti simbolis mengakui kesalahan dengan tulus serta diiringi memohon maaf.

3. Lepet

Tidak hanya ketupat, masyarakat di sebagian wilayah di Jawa pula menyajikan lepet buat menyongsong lebaran. Santapan berbahan dasar ketan yang pula dibungkus daun kelapa ini banyak ditemukan di pasar tradisional menjelang lebaran. Lepet ialah kependekan dari frasa silep kang rapet yang berarti dikubur rapat – rapat.

Arti di balik frasa ini merupakan kesalahan yang telah diakui tadi wajib dimaafkan serta dipendam, tidak boleh diungkit lagi supaya persaudaraan terus menjadi rapat semacam lepet yang lengket.

4. Telur Pindang

Lauk yang satu ini aslinya berasal dari kuliner Tionghoa bernama telur teh. Berbentuk telur yang direbus dengan teh gelap serta bermacam tipe rempah. Santapan ini sering disajikan bersama panganan perayaan, sebab dikira bagaikan simbol kesuburan serta kemakmuran.

Kala hingga di Indonesia, telur teh dimasak tanpa memakai daun teh. Umumnya lebih kerap memakai daun jambu, kulit bawang merah, ataupun kecap buat menghitamkan telur. Sebab telur yang direbus dengan metode ini lebih tahan lama, lalu berkembanglah metode mengawetkan santapan pindang.

5. Kastengel

Kue berupa balok ini tercantum kue klasik yang senantiasa disajikan dikala lebaran. Berasal dari kue aset penjajah Belanda yang bernama kaasstengels. Di kota Krabbedijke, kue ini pernah jadi pengganti mata duit.

Masyarakat di situ melaksanakan barter dengan kaasstengels, sebab kue tersebut terbuat dari keju yang tercantum bahan santapan berharga. Kaas berarti keju, sebaliknya stengels berarti stik ataupun batang. Kaastengels pula dapat dimaksud bagaikan cheese fingers yang berasal dari kata kaas (keju) serta tengels (jari). Kue yang terakhir diucap ini wujudnya lebih mirip lumpia ataupun pastry.

Nah itulah 5 Jajanan atau makanan Khas Lebaran yang cocok sebagai menu hidangan dalam menjamu tamu. Semoga bermanfaat

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close