Bisnis

Mengenal Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank [Lengkap]

Lembaga atau perusahaan keuangan adalah badan yang memberikan fasilitas dan produk bidang keuangan. Kegiatan operasionalnya adalah mengumpulkan dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali ke masyarakat yang membutuhkan dana. Kegiatan mengumpulkan dan menyalurkan dana yang cukup familiar adalah fasilitas penyimpanan dana (tabungan) dan pemberian pinjaman (kredit). Selain menjadi perantara pemilik modal dalam menyalurkan dananya di pasar modal atau menjadi penyalur investasi, lembaga keuangan juga memberikan jaminan hukum dan keamanan terhadap fasilitas keuangan yang diberikan. Sehingga, masyarakat lebih terjamin dalam mempercayakan uang mereka disimpan dan dikelola oleh lembaga keuangan. Di negara Indonesia sendiri, lembaga keuangan terbagi menjadi dua jenis, yakni lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan non bank. Apa pengertian mengenai kedua lembaga tersebut? Simak baik-baik ya.

Baca juga : Daftar Kode Bank Indonesia

Mengenal Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank [Lengkap]
Mengenal Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank [Lengkap]

Berikut ini adalah penjelasan lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan non bank di Indonesia:

Lembaga Keuangan Bank

Lembaga Keuangan Bank
Lembaga Keuangan Bank

Lembaga keuangan bank menawarkan fasilitas dan jasa perbankan mulai dari penyimpanan, pembayaran, dan pemberian dana. Proses penghimpunan dana dilakukan langsung dari masyarakat dalam bentuk simpanan (deposit) yakni tabungan reguler, tabungan khusus, giro, deposito, dan sebagainya. Lembaga keuangan bank juga menjadi perantara masyarakat untuk membayar berbagai tagihan sehari-hari seperti listrik, air, biaya pendidikan maupun kesehatan. Selain itu, pemberian dana dalam bentuk pinjaman atau kredit bagi masyarakat yang membutuhkan juga tersedia di lembaga keuangan bank. Adapun yang termasuk dalam lembaga keuangan bank, antara lain:

Baca juga : Perusahaan Keuangan Terbaik

  • Bank Sentral merupakan bank yang berwenang dan bertanggung jawab mengatur keuangan dalam bidang moneter dan perbankan suatu negara. Bank tersebut berperan penting untuk mengawasi seluruh bank-bank yang beroperasi di masing-masing negara. Bank Indonesia adalah bank Sentral di Indonesia yang menjaga stabilitas nilai rupiah baik nilai barang ataupun jasa.
  • Bank Umum lebih berurusan dengan masyarakat untuk menawarkan berbagai produk yang dimilikinya. Kegiatan bank Umum adalah menghimpun dana dalam bentuk simpanan, memberi pinjaman, menerbitkan surat pengakuan utang, tempat penyimpanan aset dan surat berharga, menerima pembayaran tagihan, penyertaan modal, mengurusi valuta asing, mengurus dana pensiun dan lainnya.
  • Bank Pengreditan Rakyat (BPR) merupakan bank yang tugasnya lebih sempit dalam mengatur keuangan. BPR hanya melayani simpanan dalam bentuk tabungan, deposito serta pinjaman. BPR tidak menghimpun dana melalui simpanan giro, tidak melayani valuta asing, kegiatan asuransi, dan penyertaan modal. 

Lembaga Keuangan Non Bank

Lembaga Keuangan Non Bank
Lembaga Keuangan Non Bank

Lembaga keuangan non bank (LKBB) tidak menghimpun dana secara langsung kepada masyarakat serta tidak menerima simpanan dalam bentuk tabungan dan deposito, melainkan dari surat-surat berharga. LKBB dapat memberikan pinjaman atau kredit kepada masyarakat, perusahaan swasta, atau perusahaan pemerintah dalam bentuk modal guna meningkatkan kehidupan masyarakat yang lebih baik. Kegiatan lain yang dilakukan LKBB adalah penjualan saham, penyertaan modal, dan lainnya. Beberapa perusahaan yang termasuk dalam lembaga keuangan non bank, antara lain:

Baca juga : Sistem Kredit Online Kredivo

  • Perusahaan Asuransi merupakan lembaga keuangan bukan bank yang menghimpun dana dari nasabah untuk melindungi nasabahnya dari risiko kerugian. Asuransi memiliki beberapa jenis, seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi mobil, asuransi pendidikan, dan asuransi lainnya. Daba-dana yang dikumpulkan disebut dengan uang premi, sementara perlindungannya didapatkan dari uang pertanggungan yang bisa diklaim saat nasabah mengalami hal-hal yang merugikan.
  • Perusahaan Pembiayaan disebut juga dengan perusahaan leasing atau perusahaan finance yang masuk dalam lembaga keuangan bukan bank. Perusahaan pembiayaan melakukan kegiatan usaha seperti sewa guna usaha, piutang, usaha kartu kredit maupun pembiayaan konsumen. Beberapa perusahaan pembiayaan yang akrab di telinga masyarakat Indonesia, antara lain Sinarmas Multifinance, Adira Finance, BCA Finance, Astra Credit Companies, BFI Finance, CS Finance.
  • Perusahaan Dana Pensiun menghimpun dana dari gaji dengan presentase tertentu, dana yang dihimpun tersebut dipakai sebagai jaminan pensiun di masa tua nanti. Di Indonesia, program dana pensiun ditawarkan dalam beberapa bentuk, seperti jaminan hari tua (JHT), dana pensiun lembaga keuangan (DPLK), dana pensiun pemberi kerja (DPPK), tabungan, dan asuransi pensiun.
  • Koperasi Simpan Pinjam menjadi salah satu lembaga keuangan non bank yang paling diminati banyak orang. Berbeda dengan lembaga keuangan bank, koperasi simpan pinjam hadir atas kehendak beberapa orang yang bersedia menjadi anggotanya. Orang-orang yang bersedia menjadi anggota koperasi akan dihimpun dananya dan digunakan oleh sesama anggota koperasi tersebut. Bunga yang digunakan pada koperasi simpan pinjam adalah sebesar 7% per tahunnya. Selain syarat peminjaman yang sangat mudah, Anda juga akan mendapatkan sisa hasil usaha (SHU) setiap tahunnya selama menjadi anggota koperasi. Koperasi simpan pinjam juga sangat aman karena terdapat pengurus dan pengawas yang dipilih di setiap rapat anggota koperasi.
  • Perusahaan Gadai adalah lembaga keuangan bukan bank yang memberikan pinjaman dengan jaminan. Selain menawarkan pinjaman seperti Pusat Gadai, Gadai Top atau HBD Gadai, Anda juga bisa menabung emas. Banyak masyarakat yang tertarik untuk mengajukan pinjaman di Pegadaian karena beberapa syarat dan prosedurnya sangat mudah dan cepat. Anda hanya perlu menyediakan barang-barang jaminan seperti emas atau BPKB kendaraan bermotor. Bunga yang ditawarkan pun relatif rendah hanya sekitar 0,78% saja.
  • Perusahaan Efek merupakan perusahaan sekuritas bukan bank namun termasuk dalam lembaga keuangan. Bagi Anda yang ingin berinvestasi saham, Anda pasti mengetahui apa itu perusahaan efek sebagai perusahaan sekuritas atau manajer investasi. Setiap calon investor yang ingin berinvestasi saham harus membuka rekening efek di perusahaan efek. Di dalam rekening efek tersebut, dana yang ingin diinvestasikan akan didepositkan. Baru setelah itu, deposit tersebut dijadikan sebagai investasi. Sebagai penyedia jasa keuangan, perusahaan efek masuk dalam kategori lembaga keuangan bukan bank. Atau lebih singkatnya, perusahaan efek melalukan kegiatan jual beli efek, membantu perusahaan dalam menawarkan saham serta melakukan pengelolaan portofolio efek.
  • Fintech adalah perusahaan bukan bank yang memiliki layanan mirip bank. kegiatan yang dilakukan oleh Fintech adalah memberikan pinjaman online seperti bagian dari tugas jasa keuangan bank atau lembaga keuangan non bank lainnya. Keunggulannya dibandingkan dengan lembaga-lembaga keuangan lain adalah platform financial technology atau Fintech memberikan kemudahan yang belum dimiliki oleh bank. Seperti halnya proses pemberian pinjaman yang Anda lakukan melalui aplikasi Fintech dijamin lebih cepat dari lembaga keuangan lainnya. Akan tetapi, dari segi bunga, Fintech jelas menentukan bunga yang lebih tinggi dibandingkan lembaga keuangan bank. Jika pinjaman di Bank, Anda hanya mendapat bunga 0,8% saja per bulannya, namun di Fintech bisa memberikan Anda bunga sebesar 1% per harinya. Sangat tinggi bukan?

Baca juga : Platform Trading Forex Terbaik

Demikian ulasan lengkap mengenai lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan non bank di Indonesia beserta jenis-jenisnya. Baik lembaga keuangan bank maupun non bank memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close