Umum

Kumpulan Gambar Poster Dengan Berbagai Tema Menarik

Semakin berkembangnya teknologi, saat ini media untuk menyampaikan pesan kepada publik pun semakin canggih salah satunya dengan menggunakan poster. Mungkin kalian sudah familiar dengan yang namanya “poster”. Poster banyak dijumpai di tempat-tempat umum dan pastinya kalian sering menjumpainya. Biasanya keberadaan poster di tempat-tempat umum tidak lain dan tidak bukan untuk mengajak orang-orang agar melakukan hal-hal yang bersifat positif yang mana sesuai dengan permintaan dari pembuat poster. Dapat disimpulkan bahwa poster menjadi sebuah sarana publikasi untuk menyampaikan pesan perihal topik tertentu sesuai keinginan pembuat poster.

Poster sangat familiar digunakan karena pembuatan poster mudah dan biaya yang dikeluarkan cukup murah. Hal itulah yang menyebabkan kenapa di tempat-tempat umum banyak sekali dijumpai poster dengan desain berbeda-beda. Bagi kalian yang ingin membuat sebuah poster tetapi masih bingung desainnya harus seperti apa, maka kalian harus sering-sering mencari referensi mengenai contoh desain poster. Dengan begitu, kalian akan mudah dalam pembuatannya.  Kalian tidak perlu khawatir lagi karena kali ini akan dipaparkan beberapa kumpulan contoh gambar poster dengan berbagai tema menarik. Namun sebelum itu, alangkah baiknya akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai hal-hal yang berkaitan dengan poster. Simak baik-baik ya!

Baca juga : Kumpulan Pantun Lucu

Pengertian Poster

Pengertian Poster

Poster merupakan sebuah karya seni yang berbentuk desain grafis dimana poster menggabungkan antara gambar ilustrasi dan huruf berbentuk kalimat yang sifatnya mengajak, mengingatkan bahkan bisa juga kalimat larangan. Poster seringkali disebut dengan plakat karena memiliki sifat yang pekat. Biasanya poster berfungsi sebagai sarana pendidikan, kegiatan, pengumuman, nasihat, iklan, dan sebagainya.

Pembuatan poster pastinya memiliki maksud dan tujuan yang ingin disampaikan kepada orang lain dengan maksud agar masyarakat dapat membaca dan mengerti atas informasi yang ingin disampaikan pembuat poster kepada masyarakat. Biasanya maksud dan tujuan pembuatan poster tergantung dari pembuat poster. Pembuatan poster dapat digunakan dengan tujuan media informasi seperti pengumumanm media mencari sensasi publik, bahkan media promosi suatu produk.

Poster biasanya ditempatkan di beberapa lokasi yang strategis dimana lokasi tersebut termasuk lokasi yang ramai pengunjung atau tempat orang berkumpul seperti mall, alun-alun, sekolah, dan sebagainya.

Untuk pembuatan isi poster harus mengikuti aturan dalam pembuatan poster karena membuat poster tidak boleh dilakukan untuk hal-hal yang bersifat negatif dan merugikan masyarakat. oleh karena itu, sebelum membuat poster harus mengetahui terlebih dahulu aturan dalam pembuatannya, diantaranya sebagai berikut:

Baca juga : Kumpulan Pantun Cinta

  • Penggunaan gambar harus sesuai dengan tema
  • Pilih gambar yang bersifat mencolok yang dapat dikombinasikan dengan kontras warna dan ide gambar yang akan dibuat. 
  • Kata-kata yang digunakan pada poster harus efektif, mudah diingat, dan mudah dipahami oleh masyarakat yang membacanya
  • Gunakanlah font yang enak dibaca dan gunakan ukuran font yang sesuai agar kata-katanya mudah dibaca oleh masyarakat.
  • Gunakan media untuk membuat poster dari bahan yang awet dan tidak mudah rusak agar poster lebih tahan lama dalam pemasangannya
  • Ukuran pster harus disesuaikan dengan jumlah kata, ukuran gambar agar ketika pemasangan dapat sesuai dengan apa yang ditargetkan

Baca juga : Kumpulan Puisi Ibu

Ciri-ciri Poster

Ciri-ciri Poster

Poster memiliki ciri-ciri yang membedakannya dari yang lain, diantaranya sebagai berikut:

  • Bentuk poster setidaknya memuat inti pesan yang terdiri dari beberapa karakter seperti huruf, gambar, dan media kertas yang digunakan berukuran besar
  • Cara mengaplikasikan poster yaitu dengan cara menempelkannya di bagian dinding tempat umum serta permukaan dinding yang datar.
  • Poster memiliki desain dengan warna yang kontras dan mencolok
  • Kata-kata yang digunakan di dalam poster dibuat dengan bahasa yang baku, singkat, jelas,  padat, dan mudah dimengerti  atas pesan yang telah disampaikan melalui poster
  • Dibuat untuk mengajak masyarakat untuk melakukan sesuatu yang bersifat positif
  • Poster biasanya dibuat disertai dengan gambar ilustrasi

Baca juga : Kumpulan Puisi Kemerdekaan

Langkah-langkah Pembuatan Poster Dengan Baik dan Benar

Langkah-langkah Pembuatan Poster Dengan Baik dan Benar

Pada bagian atas tadi sudah dijelaskan mengenai beberapa aturan yang harus diperhatikan dalam pembuatan poster. Nah untuk itu, dalam pembuatannya ada beberapa langkah untuk membuat poster dengan baik dan benar agar poster yang dihasilkan bagus dan menarik minat, diantaranya sebagai berikut:

1. Tentukan Tujuan dan Topik yang Akan Disampaikan

Sebelum membuat poster, tentukan terlebih dahulu tujuan dan topik yang akan dibahas pada poster tersebut. Misalnya Anda ingin menyampaikan informasi tertentu atau hanya sekedar sebagai media promosi produk sehingga pada awal pembuatan harus dilakukan riset serius terkait apa yang ingin dibahas di dalam poster. Pada saat pembuatan, desain gambar, kata-kata, tempat yang nantinya digunakan untuk meletakkan poster, semuanya harus diplanning terlebih dahulu agar nantinya tidak ada hambatan dalam proses pembuatannya.

2. Gunakan Kalimat Singkat dan Bersifat Mensugesti Pembaca

Biasanya poster hanya dibaca secara sekilas, jarang ada pembaca yang mau membaca sampai selesai meskipun hanya membaca poster. Maka dari itu, yang harus dilakukan adalah gunakan kalimat yang singkat pada poster yang akan kamu buat. Biasanya kalau kita menggunakan bahasa singkat dalam poster, maka bia jadi pesan yang ada dalam poster akan tersampaikan dengan baik.  Hindari penggunaan kalimat yang ambigu yang mana akan membuat pembaca merasa kebingungan karena tidak paham dengan apa yang disampaikan. Jangan lupa, kalimat yang dibuat setidaknya dapat mensugesti orang lain.

3. Gunakan Gambar yang Menarik Minat Banyak Orang

Gambar menjadi media penyampaian pesan yang terbilang efektif. Biasanya penggunaan gambar pada poster menggunakan gambar dengan proposi yang lebih besar dari pada tulisannya. Pilihlah gambar dengan warna mencolok karena hal tersebut akan semakin menarik minat pembaca untuk membaca poster yang telah dibuat.

4. Pilihlah Media Untuk Pembuatan Poster Dengan Cepat

Penggunaan media dari bahan yang awet dan tidak mudah rusak adalah salah satu langkah awal dalam pembuatan poster. Selain itu, pilih tempat yang ingin Anda gunakan sebagai tempat untuk menempel poster seperti dinding. Sebelum menggunakan dinding, perhatikan dengan baik struktur dinding dan suasana sekitar dinding tersebut. pastikan dinding yang dipilih memiliki permukaan datar dan tidak berlubang agar menempel dengan baik. Pilih tempat yang strategis agar poster Anda mudah dibaca oleh orang lain dan Anda tidak sia-sia dalam membuatnya.

Baca juga : Kumpulan Puisi Romantis

Kumpulan Contoh Gambar Poster Dengan Berbagai Tema Menarik

1. Contoh Gambar Poster Anti Korupsi

Contoh Gambar Poster Anti Korupsi
Contoh Gambar Poster Anti Korupsi
Contoh Gambar Poster Anti Korupsi
Contoh Gambar Poster Anti Korupsi

2. Contoh Gambar Poster Anti Narkoba

Contoh Gambar Poster Anti Narkoba
Contoh Gambar Poster Anti Narkoba
Contoh Gambar Poster Anti Narkoba
Contoh Gambar Poster Anti Narkoba
Contoh Gambar Poster Anti Narkoba

3. Contoh Gambar Poster Pendidikan

Contoh Gambar Poster Pendidikan
Contoh Gambar Poster Pendidikan
Contoh Gambar Poster Pendidikan
Contoh Gambar Poster Pendidikan
Contoh Gambar Poster Pendidikan
Contoh Gambar Poster Pendidikan

4. Contoh Gambar Poster Iklan Promosi Produk

Contoh Gambar Poster Iklan Promosi Produk
Contoh Gambar Poster Iklan Promosi Produk
Contoh Gambar Poster Iklan Promosi Produk
Contoh Gambar Poster Iklan Promosi Produk
Contoh Gambar Poster Iklan Promosi Produk

5. Contoh Gambar Poster Kesehatan dan Lingkunga

Contoh Gambar Poster Kesehatan dan Lingkunga
Contoh Gambar Poster Kesehatan dan Lingkunga
Contoh Gambar Poster Kesehatan dan Lingkunga
Contoh Gambar Poster Kesehatan dan Lingkunga

Nah itulah beberapa kumpulan contoh gambar poster dengan berbagai tema menarik yang dapat disampaikan. Semoga apa yang dipaparkan di dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda terutama bagi Anda yang sedang mencari contoh gambar poster untuk mengerjakan tugas sekolah maupun kuliah.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close