PendidikanUmum

Kumpulan Gambar Mewarnai Anak-Anak Lengkap dan Terbaru

Mewarnai adalah suatu kegiatan yang paling disukai anak-anak. Kegiatan tersebut menjadi media paling baik bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Berbagai gambar mewarnai kini sudah banyak beredar di internet bahkan bisa mudah Anda unduh. Apa saja tujuan mewarnai dan seperti apa contoh gambar mewarnai tersebut? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda !

Kumpulan Gambar Mewarnai Anak-Anak Lengkap dan Terbaru

Kumpulan Gambar Mewarnai Anak-Anak Lengkap dan Terbaru
Kumpulan Gambar Mewarnai Anak-Anak Lengkap dan Terbaru

Secara harfiah, mewarnai adalah membubuhkan warna atau cat pada gambar tertentu. Kegiatan mewarnai adalah semua media untuk menumpahkan segala imajinasi dan inspirasi tentang sesuatu yang mungkin pernah mereka sentuh dan alami sendiri. Tidak mengherankan bila banyak orang tua yang memberikan rangsangan bagi buah hatinya untuk mewarnai sejak mereka kecil (Muhammad, 2009:11-12). Kegiatan menyenangkan saat mewarnai terdapat saat proses pemilihan warna yang digunakan untuk mewarnai bidang gambar kosong. Hal ini juga disampaikan oleh Sumanto (2005:65) bahwa kreativitas anak yang dikembangkan dari mewarnai adalah kemampuan memilih serta mengombinasikan unsur warna pada objek yang diwarnai.

Baca juga : Nama Bayi Perempuan

Tujuan mewarnai pada anak usia dini adalah melatih keterampilan, kerapian serta kesabaran (Pamadhi dan Sukardi, 2011:728). Keterampilan yang diasah adalah kemampuan anak mengolah tangan secara berulang-ulang sehingga semakin lama ia bisa mengarahkan sesuai yang ia kehendaki. Kerapian didapat dari bagaimana anak memberi warna pada tempat-tempat yang telah ditentukan sehingga semakin terampil dalam menggoreskan media pewarna. Sedangkan kesabaran diperoleh dari kegiatan memilih dan menentukan komposisi sesuai dengan seberapa banyak warna yang digunakan agar komposisinya seimbang.

Manfaat mewarnai untuk anak sangat banyak sekali, di antaranya adalah:

Ketahanan mental saat anak mewarnai benar-benar dilatih. Hal yang selalu diingat bahwa anak harus dibiarkan bebas dalam menentukan sendiri warna apa yang diinginkannya. Jangan sampai Anda mendikte sehingga ia merasa tertekan dan semangatnya menjadi hilang. Terkadang, anak menjadi mogok mewarnai karena respon negatif yang berasal dari orang tuanya. Apabila pemberian warna anak terlihat kurang rapi, berilah dukungan dengan memberikan semangat. Anda juga bisa memberikan contoh bagaimana cara memegang krayon atau pensil warna supaya warnanya lebih merata. Mewarnai bersama anak juga bisa dilakukan sehingga mereka merasa nyaman. Namun, bila ia tidak mau tetap jangan dipaksa.

Melatih ketahanan mental terhadap lingkungan

Sebagai media ekspresi

Sebagai Media Ekspresi
Sebagai Media Ekspresi

Salah satu cara mengungkapkan perasaan didapat dari kegiatan mewarnai pada suatu bidang. Anda bisa melihat apa yang sedang dipikirkan dan rasakan lewat gambar dan warna-warna yang mereka pilih. Bagi anak-anak yang sulit mengekspresikan perasaan mereka akan terpancing untuk lebih sering mengungkapkan perasaan mereka. Saat anak-anak merasa sedih, ia menjadi lebih mudah mengungkapkan bahwa ketika itu mereka sedih.

Baca juga : Kumpulan Puisi Guru

Mengembangkan kemampuan motorik

Mengembangkan Kemampuan Motorik
Mengembangkan Kemampuan Motorik

Kemampuan motorik harus dimiliki seorang anak agar pertumbuhan mereka berkembang dengan baik. Selain kinerja otot tangan mereka terlatih, anak-anak juga memiliki kemampuan koordinasi antara kaki dan tangan. Jadi, usahakan untuk melakukan kegiatan menggambar dan mewarnai secara bersama-sama.

Melatih menggenggam pensil warna

Melatih Menggenggam
Melatih Menggenggam

Anak-anak yang senang mewarnai dapat membantu mereka menggenggam pensil warna dengan baik. Kebiasaan mewarnai dapat membantu anak terbiasa menulis ketika sudah sekolah nanti.

Baca juga : Contoh Puisi Ibu

Mengenal perbedaan warna

Mengenal Perbedaan Warna
Mengenal Perbedaan Warna

Dengan mewarnai, anak-anak juga lebih mengenal warna. Hal ini berguna bagi mereka yang baru belajar pengetahuan. Anak-anak yang memadukan warna dapat berimajinasi sesuai dengan kemampuan otak. Jika sudah mengenal warna, mereka akan terbiasa mencampur dan memadukan warna. Bahkan anak-anak bisa berkreasi sesuai dengan pertumbuhan mereka. Dengan begitu, ketika memasuki masa sekolah, anak-anak sudah bisa beradaptasi dengan banyak pilihan warna.

Warna sebagai media terapi

Sebagai Media Terapi
Sebagai Media Terapi

Warna adalah bahasa global untuk membaca emosi seseorang. Anak yang mewarnai matahari dengan warna-warna gelap menandakan kemarahan mereka saat itu. Sedangkan, apabila anak-anak menorehkan garis teratur maka mereka cenderung memiliki gaya hidup teratur. Warna juga bisa menjadi alat terapi untuk meringankan stres pada anak-anak.

Melatih koordinasi

Melatih Koordinasi
Melatih Koordinasi

Pada kegiatan mewarnai, koordinasi antara mata dan tangan juga dilatih. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana cara menggenggam krayon, memilih warna yang sesuai, dan menajamkan krayon. Koordinasi yang bagus ini dapat mengembangkan kemampuan dasar anak-anak hingga mereka sudah besar nanti.

Meningkatkan konsentrasi anak

Konsentrasi anak-anak bisa ditingkatkan melalui kegiatan mewarnai. Anak-anak bisa tetap fokus pada pekerjaan yang dilakukan meskipun banyak aktivitas lain di sekelilingnya. Konsentrasi yang terlatih ini dapat berguna bagi anak-anak saat menyelesaikan soal matematika atau pelajaran lainnya.

Mengenalkan garis batas bidang

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, mereka akan berusaha untuk mewarnai gambar tanpa keluar garis. Anak-anak juga akan lebih peka terhadap batasan garis sejak mereka kecil. Kemampuan ini bisa diaplikasikan saat anak-anak mulai belajar menulis di buku tulis bergaris.

Melatih anak-anak membuat target

Satu target yang harus dicapai saat anak-anak mewarnai adalah bagaimana ia bisa mewarnai seluruh bidang gambar yang disediakan. Mereka akan belajar menyelesaikan tugas yang dihadapinya. Dari situlah akan timbul rasa tanggung jawab anak-anak terhadap pekerjaan yang diterima bahkan bisa memupuk kepercayaan diri sehingga tugasnya dapat terselesaikan dengan baik. Anak-anak juga bisa terlatih untuk tidak menyerah pada tantangan yang akan dihadapinya kelak ketika mereka sudah dewasa.

Baca juga : Pantun Cinta

Selain manfaat-manfaat yang perlu Anda ketahui dari kegiatan mewarnai, berikut adalah beberapa tips mewarnai yang bisa Anda tularkan kepada anak-anak, antara lain:

Tips Mewarnai

Gunakan warna cerah

Saat mewarnai apalagi mewarnai pemandangan, pilihlah warna-warna yang cerah. Warna cerah ini dapat membuat pemandangan tampak asri seperti pemandangan aslinya. Kecerahan warna ini juga membuat anak-anak lebih asyik dan mampu membangkitkan semangat saat mewarnai.

Gunakan teknik satu arah

Untuk mencapai hasil yang rapi ketika mewarnai, Anda bisa melatih anak-anak untuk menggunakan teknik mewarnai satu arah. Satu arah berarti menggunakan teknik sama ketika mulai memulas warna pada gambar. Jika dimulai dari atas ke bawah, maka lakukan teknik tersebut secara terus menerus pada seluruh bagian gambar.

Baca juga : 12 Nama Zodiak

Gunakan teknik gradasi

Teknik gradasi adalah teknik mengarsir dari warna paling terang ke warna yang paling gelap begitupun sebaliknya. Warna juga bisa sedikit Anda baurkan agar perubahan warnanya terlihat lebih jelas. Gradasi warna membuat gambar terlihat lebih nyata seperti tiga dimensi.

Mulai dari bagian yang mudah

Saat mulai mewarnai, Anda bisa memulai dari bagian-bagian gambar yang paling mudah. Misalnya saja mewarnai matahari terlebih dahulu atau mewarnai awan, kemudian dilanjutkan dengan mewarnai bagian-bagian yang lebih sulit.

Contoh gambar mewarnai rumah

Contoh mewarnai transportasi

Contoh mewarnai hewan

Contoh mewarnai buah

Contoh mewarnai pemandangan

Itulah tadi ulasan lengkap tentang manfaat, tips mewarnai, dan contoh gambar mewarnai tentang berbagai macam tema. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close