UncategorizedWisata

4 Wisata Bersejarah di Kota Lama Semarang 2020

Tahukau.com – Tak kalah dari Kota Tua Jakarta, Semarang pula memiliki aset sejarah yang dapat membuat kamu merasa kembali ke masa dulu sekali. Apa lagi jika bukan wisata Kota Lama Semarang.

Kawasan ini tadinya ialah pusat perdagangan serta pemerintahan Kota Atlas di abad 19 – 20. Di dalamnya, ada dekat 50 bangunan kuno yang mengusung style arsitektur Eropa tahun 1700 – an.

Tidak cuma dapat melihat-lihat serta mengagumi keindahannya, kalian pula dapat mencari gambar di mari. Tidak tidak sering terdapat kanak-kanak muda yang membuat gambar pre wedding, album kelulusan, sampai hanya selfie ria di mari.

Destinasi Terkenal di Kota Lama Semarang

Terdapat banyak destinasi menarik yang dapat kalian jumpai di kawasan wisata Kota Lama Semarang. Sebagian terdapat yang masih mempertahankan wujud aslinya. Tetapi terdapat pula yang telah menemukan sentuhan modern.

BACA JUGA: Wisata Bersejarah yang ada di Kota Tua, Jakarta

1. Gereja Blenduk

Wisata Kota Lama Semarang tidak hendak terasa lengkap jika belum mendatangi Gereja Blenduk. Dibentuk tahun 1753, Gereja Blenduk ialah gereja tertua yang terdapat di Jawa Tengah.

Namanya yang sesungguhnya merupakan Nederlandsche Indische Kerk ataupun Gereja Protestan Indonesia Barat Immanuel. Awal mulanya, wujud bangunannya menyamai rumah joglo. Baru di tahun 1787, Gereja Blenduk direnovasi. Tahun 1894, kubah berupa cembung (dalam bahasa Jawa diucap mblenduk) serta 2 tower ditambahkan. Dari situlah istilah Gereja Blenduk timbul.

Saat ini, gereja ini masih digunakan bagaikan tempat peribadatan umat Kristen Protestan. Tetapi, dikala lagi tidak terdapat ibadah, para turis pula diperbolehkan masuk dengan membayar duit pemeliharaan sebesar Rp10. 000.

BACA JUGA: Tempat Wisata Bersejarah Fort Rotterdam Makassar

2. Halaman Srigunting

Halaman Srigunting terletak pas di sebelah timur Gereja Blenduk. Halaman yang awal mulanya bernama Parade Plein ini tadinya kerap digunakan bagaikan tempat latihan baris – berbaris tentara Belanda.

Tidak hanya itu, Parade Plein pula difungsikan bagaikan zona terbuka buat buat berkumpul para masyarakat. Pertunjukan musik juga kerap diadakan di sore hari.

Pasca kemerdekaan, Halaman Srigunting pernah ditutup buat warga universal. Baru di tahun 2001, masyarakat boleh berkunjung secara bebas di mari. Apalagi semenjak tahun 2004, mulai dibentuk fasilitas tamasya yang buatnya terus menjadi aman didatangi.

3. Pasar Klitikan

Buat yang suka benda antik, di kawasan wisata Kota Lama Semarang pula terdapat pasar klitikan. Lokasinya pas di jalanan di antara Gereja Blenduk serta Pasar Srigunting.

Bermacam berbagai benda antik dijual di mari. Di antara lain terdapat duit kuno, lukisan, setrika arang, boneka, radio, setrika, tv, mesin tik, kamera polaroid, hingga motor jadul. Terus menjadi kuno serta sangat jarang benda tersebut, terus menjadi mahal biayanya. Keahlian menawarmu bakal diperlukan di mari. Jika hanya ingin lihat- lihat serta potret- potret juga boleh.

4. Semarang Contemporary Art Gallery

Berikutnya, terdapat tempat wisata Kota Lama Semarang yang mempunyai sentuhan modern. Tempat ini bernama Semarang Contemporary Art Gallery ataupun kerap diucap Galeri Semarang (Galsem) saja.

Lokasinya tidak jauh dari Halaman Srigunting serta Gereja Blenduk. Galsem menempati suatu bangunan yang dibentuk 1822 kemudian, tetapi diruntuhkan serta dibentuk kembali tahun 1918.

Walaupun menempati bangunan tua, kesan modern hendak kalian miliki begitu menginjakkan kaki ke dalamnya. Di lantai awal, kalian hendak disambut dengan sebagian lukisan serta arca berupa unik.

Di lantai 2, terdapat sebagian lukisan bernada satir karya seniman Indonesia. Disana terdapat sebuah halaman kecil berisikan arca unik serta menarik yang telah jadi ikon Galsem. Tak hanya itu, bahkan  lukisan tersebut kerap dijadikan spot gambar.

Itulah wisata kota lama semarang di Indonesia, bisa kamu kunjungi destinasi wisata didalamnya. Sekian dari pembahasan tahukau.com semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close