Teknologi

√ Panduan Memilih Spesifikasi Komputer Server yang Tepat

Server adalah komputer, perangkat, atau program yang digunakan untuk mengelola sumber daya jaringan. Server bisa diatur untuk melaksanakan tugas yang berbeda-beda dan terdiri dari beberapa jenis. Jenis server yang melakukan tugas sebagai server biasa disebut dengan dedicated server. Lalu apa saja jenis server lainnya? Bagaimana spesifikasi komputer server tersebut?Simak baik-baik penjelasan berikut ini.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, server memiliki beberapa jenis, antara lain:

√ Panduan Memilih Spesifikasi Komputer Server yang Tepat
√ Panduan Memilih Spesifikasi Komputer Server yang Tepat
  • Server Web adalah server yang menunjukkan halaman dan menjalankan aplikasi dari browser web. Jenis server yang terhubung ke browser Anda merupakan server web yang mengirimkan halaman seperti yang Anda lihat. Program klien dari sebuah browser seperti Internet Explorer, Chrome, Firefox, Opera, atau Safari. Selain itu, kegunaan server bisa digunakan untuk mengirimkan teks dan gambar sederhana, seperti download dan backup file online dari layanan cloud storage.
  • Server Email adalah server yang melakukan pengiriman dan penerimaan email. Apabila Anda mempunyai klien email di komputer, perangkat lunak terhubung ke server email IMAP atau POP untuk mengunduh pesan ke komputer. Kemudian, server SMTP mengirim kembali pesan melalui server email.
  • Server FTP mendukung berpindahnya file melalui alat protokol transfer file. Server FTP mudah diakses dari program klien FTP meskipun dari jarak jauh. Ratusan jenis tipe server khusus yang mendukung jaringan komputer memang sangat banyak. Apabila Anda ingin memiliki server sendiri, komputer jenis apa saja bisa Anda buat asalkan Anda mengetahui bagaimana spesifikasi yang dibutuhkan untuk membuat komputer menjadi sebuah server.

Baca juga : Dedicated Server Hosting

Spesifikasi Komputer Server

Spesifikasi Komputer Server
Spesifikasi Komputer Server

Memilih komputer apa yang cocok untuk dijadikan sebuah server, Anda harus tahu apa yang Anda butuhkan. Sistem operasi server terdiri dari berbagai macam, mulai dari Microsoft Windows (Win NT, Win 2000 Server, Win Server 2003), Linux (RedHat, Mandrake, Debian, SUSE, Caldera) UNIX, Free BSD, dan Solaris. Spesifikasi komputer untuk PC game berbeda dengan spesifikasi komputer server. Komputer server butuh kapasitas yang sangat signifikan sebab tugas menghosting sebuah website merupakan hal yang berbeda. Dalam memilih komputer server, Anda harus memperhatikan beberapa faktor utama, antara lain:

1. CPU

CPU
CPU

Seperti ketika berbelanja komputer pribadi, CPU adalah hal paling penting karena menjadi otak dari sebuah mesin.Dua produsen prosesor utama dari setiap mesin adalah Intel dan AMD. Perangkat yang lebih sederhana seperti netbook biasanya menggunakan prosesor ARM. Namun, belum diadopsi sebagai teknologi server karena dayanya yang masih rendah.Ada beberapa server yang pernah mencobanya, namun performanya kurang baik.Bagi Anda yang ingin memiliki server dengan kinerja tinggi dan harga terjangkau, brand-brand tersebut dirasa memiliki sisi positif dan negatif masing-masing.Kebanyakan orang memang memilih menggunakan Intel untuk server karena dilihat dari performance, Intel bekerja lebih cepat.Kecepatan baca dan tulis dari prosesor Intel bekerja lebih cepat dari memori basis per-inti.Tetapi, bagi sebagian besar orang yang ingin berbelanja hosting tidak perlu khawatir akan prosesor dan kekuatan CPU semacam itu. Sebab, mereka yang hanya ingin menghosting situs web akan lebih memilih VPS. Jika software yang Anda gunakan terbilang berat, maka Anda butuh CPU dengan core atau inti lebih tinggi.

2. RAM

RAM

Jika prosesor dianggap sebagai otak, maka RAM menentukan seberapa banyak proses yang dilakukan otak di waktu yang bersamaan. RAM bisa disebut sebagai memori. Untuk soal server, Anda akan butuh RAM 1GB atau lebih. Plan VPS standar biasanya memiliki RAM 1GB dan sudah mumpuni bagi traffic yang tidak terlalu rendah maupun terlalu tinggi.Yang akan gunakan nantinya adalah beberapa porsi mesin dan bukan seluruhnya. Dedicated server biasanya dimulai dari ukuran RAM sebesar 16GB. Sebelum memilih RAM yang tepat, Anda perlu mengetahui faktor-faktor berikut ini, yaitu:

  • Traffic: Semakin tinggi traffic website, Anda membutuhkan RAM lebih tinggi
  • Content Management System: CMS seperti WordPress dan Drupal memerlukan sedikitnya 1GB RAM, semakin besar maka akan semakin baik
  • Control Panel: Memori dari RAM akan digunakan oleh software seperti cPanel
  • Scripting Language dan Database: RAM tinggi juga diperlukan oleh PHP dan database SQL
  • Applications: Segala jenis aplikasi yang berjalan di device akan mempengaruhi penggunaan RAM. Semakin banyak aplikasi berjalan, maka semakin banyak RAM yang dibutuhkan

3. Storage

Storage

Untuk urusan storage, Anda bisa memilih antara hard drives dan SSD. Managed SSD VPS atau VPS SSD adalah salah satu pilihan popular karena bisa meningkatkan kecepatan yang signifikan.SSD memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan hard drive.Namun, bagi sebuah komputer server, peningkatan kecepatan adalah hal yang utama dan signifikan.Mengetahui berapa banyak penyimpanan yang Anda butuhkan mungkin akan mengejutkan Anda. Bisa jadi, storage pada smartphone Anda jauh memiliki ruang penyimpanan lebih dari itu.Apabila situs sederhana yang Anda hosting, maka kebanyakan storage yang Anda gunakan adalah memori file teks dan aset visual.Keduanya tidak banyak menghabiskan memori storage Anda. Apabila Anda menghosting email di server sama, maka Anda bisa kehabisan memori.

Tips Memilih Komputer Server untuk Kantor

Tips Memilih Komputer Server untuk Kantor
Tips Memilih Komputer Server untuk Kantor

Biasanya komputerkantor membutuhkan spesifikasi komputer server yang baik. Perusahaan-perusahaan bahkan sering menggunakan jasa teknologi informasi terpercaya untuk membantu administrasi kantor sehingga berdampak baik pada peningkatan produktivitas perusahaan. Selain menjadi otak utama komputer perusahaan atau kantor, komputer server dirasa aman dalam membuat sistem sehingga operasional perusahaan atau kantor berjalan lebih baik dan lebih sistematis. Selain memilih komputer server untuk kebutuhan kantor atau perusahaan secara hati-hati, pastikan jika komputer server dapat terhubung dengan komputer satu sama lain agar Anda mudah dalam berbagi data melalui komputer server dan workstation. Berikut adalah tips memilih komputer server untuk kantor atau perusahaan:

  • Kenali kebutuhan dasar perusahaan atau kantor dalam menggunakan komputer server
  • Siapkan jaringan komputer pada perusahaan untuk meminimalisir perubahan jaringan di masa depan. Sistem operasi jaringan atau sistem operasi komputer sebagai server dalam jaringan komputer hampir mirip dengan sistem operasi komputer PC. Salah satu komputer harus bertindak sebagai server bagi komputer lain. Sistem operasi dalam jaringan digunakan untuk mengelola sumber daya dirinya sendirinya dan sumber daya komputer lain yang tergabung dalam jaringan
  • Kumpulkan banyak informasi tentang spesifikasi komputer server untuk kebutuhan kantor atau perusahaan
  • Tanyakan kelebihan dan kekurangan dari berbagai merk komputer server yang tersedia
  • Pilihlah komputer server untuk kebutuhan kantor dan perusahaan yang memberikan pelayanan terbaiknya
  • Selain spesifikasi, pertimbangkan pula harganya. Pilih komputer server yang menyediakan harga terjangkau sesuai komputer server yang Anda butuhkan
  • Sesuaikan dengan sistem perusahaan Anda. Sebab, percuma jika server Anda memiliki kualitas bagus, canggih, performa tinggi, dan harga murah. Akan tetapi tidak kompatibel dengan sistem perusahaan atau kantor yang ada

Demikian ulasan lengkap mengenai jenis-jenis server dan spesifikasi komputer server.Semoga artikel ini bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close