PendidikanUmum

Kisi-Kisi Soal CPNS 2019 Langsung Dari BKN

Pendaftaran CPNS akan dibuka mulai akhir 11 November 2019. Usai mendaftar pelamar akan melalui ujian seleksi CPNS untuk tahap selanjutnya. Dalam tes ini, para pelamar akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Untuk tahu apa saja kisi – kisi materi tes CPNS 2019, berikut ini contohnya dan penjelasannya.

Kemungkinan 80 % tes akan sama modelnya seperti tahun sebelumnya. Mulai dari Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan juga Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Kisi-Kisi Soal CPNS 2019 Langsung Dari BKN

Pendaftaran Cpns 2019
Pendaftaran Cpns 2019

Dan kemungkinan nanti ada soal radikalisme masuk dalam tes, karena, tahun kemarin memang belum diadakan untuk tes tersebut. Sebagai informasi, Tes Intelegensia Umum (TIU) diujikan untuk mengukur seberapa mampu CPNS dalam logika, verbal, figural dan analisis, memecahkan masalah dengan inovasi baru.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Kemudian, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dalam SKD akan menguji pemahaman akan Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, nasionalisme, hingga bahasa Indonesia.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Selanjutnya, untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) berisi tentang sosial budaya, pelayanan publik, kreativitas dan inovasi, profesionalisme, jejaring kerja. Menurut jadwal, pengumuman rekruitmen CPNS 2019 sendiri akan dibuka pada tanggal 25 Oktober 2019. Selanjutnya pelamar dipersilakan untuk mendaftar secara online melalui laman SSCASN di situs resmi BKN.

Baca juga : Syarat Pendaftaran CPNS 11 November 2019

Usai mendaftar, maka akan dilaksanakan seleksi administrasi, dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi administrasi. Karena itu sebaiknya Anda menyicil dari sekarang dokumen yang diperlukan untuk mendaftar CPNS 2019.

Tata cara pendaftarannya
Tata cara pendaftarannya

Jika lolos seleksi administrasi, selanjutnya peserta tinggal menunggu seleksi salah satunya dengan menjawab sejumlah soal tes CPNS 2019. Tes CPNS 2019 pada dasarnya sama seperti rekrutmen CPNS 2018 kemarin.

Seleksi Kompetisi Dasar (SKD)

Pertama, para pelamar akan dites lewat Seleksi Kompetisi Dasar (SKD). Tak main-main soal tes CPNS 2019 SKD ini harus dilewati peserta lewat system Computer Assisted Tes (CAT). Dikutip dari berbagai sumber, tes SKD CPNS 2019 tidak akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Link Cpns 2019 : https://sscasn.bkn.go.id

Hanya saja untuk tahun ini, akan ada tambahan terkait mengenai soal pencegahan radikalisme. Karena soal tes CPNS 2019 ini pada tes CPNS tahun sebelumnya belum muncul.

Sejumlah pelamar CPNS 2019 pada tahun 2018 mengakui ada kesulitas saat mengisi soal tes CPNS 2018 khususnya pada saat menjawab soal TKP (Tes Karakteristik Pribadi). Karena itu, peserta harus bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi soal-soal tersebut.

TKP yang bertujuan untuk menguji rasa empati terhadap permasalahan sosial budaya, pelayanan publik, termasuk juga kreativitas dan inovasi. Selain itu, TKP juga untuk melihat sejauh mana pelamar CPNS 2019 ini bisa secara profesional saat bekerja kelak. Lewat TKP ini juga dapat dilihat jejaring kerja dari calon Pegawai Negeri ini.

Baca juga : Formasi CPNS 2019

Yang perlu ingat pada TKP tidak ada ‘salah’ atau ‘benar’ pada soal-soalnya. Hanya saja, jawaban peserta akan menentukan kepribadian pada dirinya. Inilah yang kemudian yang dijadikan penilaian diterima atau tidaknya peserta layak menjadi PNS.

Pengumuman Resmi CPNS 2019 Portal BKN
Pengumuman Resmi CPNS 2019 Portal BKN

Rentang nilai untuk TKP dari 1 sampai 5. Sekali lagi tidak ada nilai salah. Hanya diminta menjawab, ‘benar’ dan ‘lebih benar’, serta terakhir ‘paling benar’.

Humas BKN membocorkan, untuk mengisi soal tes CPNS 2019 TKP ini, peserta diwajibkan berpikir seolah-olah sudah menjadi PNS, sehingga dalam menjawab soal-soal TKP, mindset peserta  adalah seorang PNS.

BKN Menyediakan Kisi-kisi Soal Tes CPNS 2019

Dalam situs resminya, BKN juga menyediakan kisi-kisi soal latihan SKD. Simulasi pertanyaan SKD tersebut disediakan bagi 1500 pendaftar setiap harinya. Walaupun terdapat kuota pendaftar setiap harinya, namun tidak dibatasi akses peserta yang telah mendaftar untuk mengikuti simulasi tes SKD. Artinya, siapa saja bisa dimana saja dan kapan saja mengikuti simulasi tes SKD.

Baca juga : Alur Pendaftaran Cpns 2019

Pelaksanaan seleksi CPNS 2019 juga berdasarkan Computer Assisted Tes atau CAT. Baik SSCASN maupun CAT, merupakan tool utama dalam proses rekrutmen CPNS 2019-2020. Karena itu, dalam laman webnya, BKN menghimbau kepada masyarakat yang ingin mengikuti tes CPNS 2019 agar dalam mencari informasi langsung melihat ke laman resmi BKN.

Jadwal Pendaftaran CPNS 2019
Jadwal Pendaftaran CPNS 2019

Hal ini agar masyarakat senantiasa berhati-hati pada usaha sejenis penipuan yang biasa dilancarkan para oknum atau calo menjelang tes CPNS 2019. Lantaran, tes CPNS 2019 yang banyak diburu oleh masyarakat, seringkali dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Selain lewat laman resmi BKN, peserta juga bisa juga mencari informasi seputar tes CPNS 2019 lewat media sosial akun-akun pemerintah yang telah diverifikasi. Bukan itu saja, BKN bahkan telah menyiapkan helpdesk lengkap dengan petugas yang akan menjawab semua pertanyaan para peserta tes CPNS 2019.

Petugas Helpdesk bertugas membantu para admin instansi termasuk juga para pelamar yang mendaftar lewan SSCASN. Selain itu, soal tes CPNS 2019, peminat CPNS juga diimbau untuk menyiapkan dokumen CPNS 2019 yang diperlukan sebagai syarat daftar CPNS tahun ini.

Khususnya, foto pribadi dan transkrip nilai terakhir yang sudah discan. Untuk foto diri, latar belakangnya berwarna merah. Jangan lupa scan juga KTP dan KK (Kartu Keluarga), termasuk scan ijazah terakhir.

Selain Soal Tes CPNS 2019, Permasalahan yang Sering Timbul saat Pendaftaran CPNS

Beberapa permasalahan yang pernah timbul saat rekrutmen CPNS 2018 tahun lalu. Seperti masalah pemberkasan dimana banyak NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan Nomor KK yang tidak terdaftar di Ditjen Dukcapil Kemendagri. Padahal Nomor NIK dan KK ini dibutuhkan sebagai syarat utama ketika mendaftar di portal SSCASN.

Solusinya, maka para pendaftar bisa datang ke Dukcapil di daerah masing-masing untuk memvalidasi NIK dan KK. Selain datang langsung, bisa juga cek lewat situs Kemendagri, ada jalur lapor yang bisa dimanfaatkan oleh para pendaftar.

Jadi, sebelum mendaftar CPNS, pastikan segala sesuatunya telah disiapkan, baik dokumen yang diperlukan, dan juga kesiapan untuk menjawab soal tes CPNS 2019. Peserta tentu bisa berlatih di situs resmi BKN yang tersedia.

Dengan demikian para peserta bisa mempersiapkan segala sesuatu dengan lengkap dan segala informasi bisa diterima dan dilaksanakan dengan baik. Semoga penjelasan artikel mengenai kisi – kisi materi tes CPNS 2019 menjadi manfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close