Ketahui Penyebab HP Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp

Tahukau.com – Ketahui Penyebab HP Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya – Banyak dari pengguna ponsel cerdas sebenarnya tidak terlalu memahami kondisi ponselnya dan banyak sebenarnya pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan para penggunanya mengenai ponsel yang dimilikinya. Salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan oleh para pemilik ponsel cerdas adalah “Mengapa HP saya cepat panas?”

Sebagaimana diketahui, saat ini smartphone merupakan kebutuhan utama. Pasalnya, semua bisa diakses dengan sangat mudah menggunakan gadget canggih satu ini. Penyebab HP cepat panas merupakan permasalahan yang sering dihadapi pengguna ponsel. Akibatnya akan memperpendek usia HP, bahkan bisa cepat rusak.

Nah, untuk mencegah permasalahan smartphone di atas yang mungin sedang menimpa kamu saat ini, Mimin punya nih beberapa cara Mengatasi HP yang cepat panas. Silakan disimak dan dipelajari baik-baik!

Baca Juga : 5 Aplikasi Kencan Terbaik Di Android

Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Saat ini smartphone merupakan kebutuhan utama. Pasalnya, semua bisa diakses dengan sangat mudah menggunakan gadget canggih satu ini. Panas dalam perangkat-perangkat elektronik apapun sebenarnya adalah hal yang sangat wajar.

Karena panas merupakan salah satu bentuk energi yang “dilepas” sebagai konsekuensi dari energi yang disalurkan oleh baterai untuk menghidupi perangkat Anda, begitu pula ponsel cerdas Anda.

Penyebab HP Cepat Panas

1. Sinyal tidak stabil

Sinyal yang tidak stabil bisa menjadi penyebab hp panas dan baterai cepat habis. Pasalnya pada saat sinyal tidak stabil, akan memungkinkan hp untuk mencari sinyal secara terus menerus. Untuk mengatasi hp panas karena tidak sinyal stabil, maka gunakanlah Wi-Fi untuk mendapatkan akses internet. Anda juga bisa menggunakan Airplane mode atau mematikan data internet pada hp jika tidak diperlukan.

2. Digunakan pada suhu udara yang panas

Cuaca dan suhu udara juga berpengaruh pada hp. Jika digunakan pada suhu udara yang panas maka bisa menjadi penyebab hp panas dan baterai cepat habis. Saat sedang menggunakan hp sebaiknya, hindari kontak langsung dengan matahari. Selain membuat hp panas dan baterai cepat habis, paparan sinar matahari secara langsung dapat merusak layar sentuh pada hp Anda.

Baca Juga : Cara Pakai Aplikasi TrackView Di Android, Bisa Mengintai Orang Terdekat

3. Banyak aplikasi yang dibuka

Salah satu alasan penyebab hp panas dan baterai cepat habis adalah banyak aplikasi yang digunakan. Seringkali orang-orang membuka aplikasi dengan jumlah yang banyak secara bersamaan, kemudian menutup aplikasi hanya dengan menggunakan tombol home. Tanpa disadari, sebenarnya Anda belum menutup aplikasi akan tetapi hanya menyembunyikan sehingga aplikasi masih tetap berjalan.

4. Bug pada aplikasi

Bagi Anda pengguna smartphone, bug yang ada di dalam aplikasi dan software akan menjadi penyebab hp panas dan baterai cepat habis karena prosesor tidak akan bekerja dengan optimal. Itu mengapa selalu ada pembaruan atau update. Maka, Anda harus rajin melakukan update pada software dan aplikasi di hp. Dengan melakukan update atau pembaruan, akan banyak bug yang akan diperbaiki ulang, sehingga prosesor dapat bekerja secara optimal.

5. Menggunakan Hp ketika di-charge

Penggunaan hp yang disertai pengisian daya sangat tidak dianjurkan, karena dapat menimbulkan bahaya. Ketika di-charge baterai akan mencapai suhu di atas normal. Hal ini dapat menjadi penyebab hp panas dan baterai cepat habis serta sangat memungkinkan bisa meledak. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, jangan menggunakan hp Anda ketika sedang di-charge.

Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas

1. Gunakan normal, jangan berlebihan

Panas terjadi karena RAM, CPU, GPU dan baterai bekerja sangat keras. Biasanya karena digunakan untuk main game atau aplikasi lain yang memerlukan grafis baik. Coba batasi penggunaan untuk main game dan aplikasi dengan grafis tinggi. Biasakan untuk gunakan 2-3 jam lalu istirahatkan 15-30 menit.

2. Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi tidak digunakan namun tetap berjalan di latar belakang dapat menyebabkan ponsel Anda bekerja lebih keras, dan akhirnya menyebabkannya panas. Dengan mematikan aplikasi ini, Anda tidak hanya meredakan hp yang panas, namun meningkatkan masa pakai baterai ponsel.

3. Lepaskan Casing HP

Jika ponsel Anda terlalu panas, casing tidak akan membantu. Melepas casing hp akan memungkinkan ventilasi pada ponsel melakukan tugasnya tanpa terhalang, sehingga panas ponsel Anda dapat mereda lebih cepat.

4. Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Meningkatkan tingkat kecerahan pada layar ponsel akan memaksa baterai bekerja lebih keras dan menimbulkan panas. Solusinya sederhana, cukup turunkan tingkat kecerahan layar di ponsel Anda.

5. Back up data

merupakan pendukung agar hp anda tetap awet, hal ini dapat dilakukan secara berkala. Jika dilakukan cara ini akan sangat membantu penggunanya ketika hp mengalami kerusakan, sehingga data-data yang ada akan tetap tersimpan, tidak hilang dan dapat dikembalikan. Cara ini dapat dilakukan pada perangkat lain seperti flashdisk, hardisk, dan PC.

Baca Juga : 5 Aplikasi Baca Berita Terbaik Di Android

Akhir Kata

Mungkin hanya itu saja yang dapat Mimin bagikan informasi Mengenai Ketahui Penyebab HP Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi anda semua yang sedang mengalami hal yang sama seperti apa yang diulas kali ini. Terima kasih telah berkunjung dan terus ikuti web Tahukkau.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *