Wisata

Kenali Tips Wisata Desa Baduy, Wajib Diketahui!

Tahukau.comTips wisata desa baduy yang jarang diketahui para pengunjung saat ini menjadi perhatian khusus. Dikarenakan beberapa aku lalu pihak suku Baduy yang berada di Lebak, Banten meminta kepada pemerintah khususnya Presiden Indonesia untuk menghentikan wisata alam ke desa ini. Hal ini karena masyarakat Baduy sendiri yang menginginkannya, dan berharap desa mereka menjadi cagar budaya.

Masyarakat Baduy meminta supaya nama Wisata Baduy diubah menjadi Saba Budaya Baduy. Yang artinya wisatawan boleh berkunjung dengan tujuan hanya untuk silaturahmi, bertemu, dan berinteraksi. Desa Baduy memang memiliki suasana pedesaan yang asli, asri dan unik. Desa Baduy sendiri dibagi menjadi 2 desa, yaitu desa Baduy luar dan desa Baduy dalam. Mereka memiliki kehidupan layaknya masyarakat pedalaman seperti hidup tanpa listrik, dan masih mengandalkan alam sebagai bahan utamanya.

Namun, untuk kamu yang akan berwisata ke desa ini, ada beberapa fakta menarik yang harus kamu ketahui. Berikut ini tips wisata desa Baduy yang menarik dan unik.

Fakta Wisata Desa Baduy

Simak panduan dan fakta menarik desa Baduy yang bisa kamu ketahui berikut ini:

1. Aturan yang Harus Dipatuhi

Tips wisata desa Baduy yaitu mematuhi aturan yang berlaku di sana. Masyarakat Baduy yang dikenal selalu memegang teguh akan adat istiadat juga aturannya. Karena itu, ada beberapa peraturan yang wajib dipatuhi saat berkunjung ke Desa Adat Baduy ini.

Contoh jika kamu berada di Baduy Dalam, maka kamu dilarang untuk mengambil foto atau video melalui perangkat apa pun. Dan jika mandi di sungai tidak boleh menggunakan sabun, sampoo, pasta gigi dan perlengkapan lain yang berhubungan dengan kimia.

Selain itu, masyarakat Baduy juga dikenal begitu ketat memelihara alam dengan baik. Karena itu, kamu dilarang keras jika membuang sampah sembarangan. Dan wisatawan yang berkunjung diwajibkan membawa sampah mereka sampai ke luar desa.

Baca juga: 5 Wisata Indah Di Danau Toba, Patut Dikunjungi

2. Menuju Desa Baduy

Desa Adat masyarakat Baduy yang berada di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten. Desa yang berada di sekitar 160 kilometer dari pusat Kota Jakarta.

Waktu yang ditempuh untuk menuju Desa Kanekes ini yaitu sekitar lima jam perjalanan dari kota. Dari Jakarta, kamu bisa naik KRL dari Stasiun Tanah Abang menuju Rangkasbitung, ibu kota Kabupaten Lebak.

Setibanya di Rangkasbitung, kamu bisa lanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan umum yaitu elf lokal untuk menuju desa Ciboleger, yang merupakan pintu gerbang untuk masuk ke Kampung Baduy.

Dari sinilah perjalanan jalan kaki pun dimulai. Dimana, ada dua jalur yang bisa kamu pilih, yaitu jalur Ciboleger dan Cijahe.

Jalur Ciboleger lebih ramah oleh wisatawan dengan fasilitas lengkap dan suasana yang ramai. Namun melewati lewat jalur ini, dibutuhkan trekking sekitar 4-5 jam lamanya. Sedangkan jalur Cijahe memiliki jalan yang cukup rusak dan berlubang, namun durasi trekking kurang dari satu jam saja. Jadi lebih cepat bukan?.

3. Tips Berwisata ke Desa Baduy

Lalu tips wisata desa Baduy kamu disarankan menyiapkan kondisi fisik dan stamina jika ingin berkunjung ke Desa Adat Baduy. Karena, untuk bisa sampai ke kampung di Baduy Dalam, kamu harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki melewati jalur setapak yang cukup jauh.

Kamu bisa menyiapkan peralatan yang akan digunakan menuju Desa Adat Baduy, seperti sepatu trekking, jaket, ransel, jas hujan, juga senter, obat, air dan sebagainya. Karena yang perlu kamu ketahui, tidak akan ada warung makan di Baduy Dalam. Sehingga disarankan membawa perbekalan sendiri yang cukup.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Malam Di Jogya Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Jika kamu memutuskan untuk menginap di rumah penduduk, maka kamu bisa membawa beras, sayuran, lauk pauk, juga air minum yang banyak mengingat air bersih di Baduy hanya dari air sungai saja. Kamu juga bisa membawa makanan ringan, seperti kopi, teh, gula dan sebagainya.

Setibanya di rumah penduduk, kamu bisa meminta yang punya rumah untuk masak makan malam juga sarapan untuk dihidangkan. Dan kamu diminta untuk mengisi buku tamu dan menyisipkan uang Rp50 ribu di buku yang sudah disediakan.

Nah, itu dia beberapa tips wisata desa Baduy yang harus kamu ketahui dan mulai biasakan setibanya disana ya.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close