Pendidikan

Kemenhan Usul Mahasiswa Ikut Pendidikan Militer Dalam 1 Semester

Tahukau, – Kemenhan usul mahasiswa ikut pendidikan militer dalam 1 semester, hal ini tentu masih menjadi wacana.

Kementerian Pertahanan akan menggandeng Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menerapkan pendidikan militer melalui Program Bela Negara kepada para mahasiswa.

Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono menjelaskan jika program bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap bangsa dan negara bagi generasi milenial saat ini.

Baca juga: Berikut Skema Pencairan Dana Bantuan Karyawan Rp.600,000

“Kelak, dalam satu semester mereka bisa ikut pendidikan militer, nilainya dimasukkan ke dalam SKS yang diambil. Ini salah satu yang sedang kami diskusikan dengan Kemendikbud untuk dijalankan,” ungkapnya, Senin (17/8).

Lebih lanjutnya, Trenggono mengatakan jika Program Bela Negara dilakukan pihaknya untuk menumbuhkan rasa bangga milenial menjadi warga negara Indonesia dengan nasionalis tinggi.

Ia juga menyinggung Korea Selatan yang menggunakan K-Pop sebagai modal pertahanan dalam industri kreatif untuk menguasai dunia. Ia ingin RI juga bisa melakukan hal serupa. Karena, seni budaya Indonesia berlimpah jumlahnya.

“Indonesia harusnya bisa seperti itu karena kita memiliki seni dan budaya yang banyak,” ucapnya.

Tidak hanya itu, ia juga berharap milenial bisa menunjukkan rasa kecintaan kepada negara dengan bergabung dalam Komponen Cadangan (Komcad).

Trenggono menyebutkan jika program Komcad telah sesuai dengan amanat Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara.

Baca juga: Efek Samping Calon Vaksin Covid-19

Komcad bukanlah program wajib militer yang harus dilakukan oleh seluruh warga negara. Namun upaya negara untuk memfasilitasi pelatihan kepada masyarakat yang ingin membela negara jika terjadi perang.

Pelatihan ini dilaksanakan selama beberapa bulan dan peserta akan dikembalikan ke masyarakat selesai pelatihan. Jika negara membutuhkan, mereka siap bisa membantu militer.

Pendapatnya, generasi milenial yang akan mengisi bonus demografi ini perlu disiapkan untuk menggerakkan perekonomian bangsa.

“Kepada para milenial, selalu belajar dan berkompetisi. Jangan kalah dengan milenial di luar negeri. Buat inovasi dan lain sebagainya yang bisa membawa harum nama bangsa dan juga bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close