Umum

Contoh Cara Membuat Kata Pengantar Yang Baik Dan Contoh

Sebuah karya tulis berupa buku, baik itu biografi, buku pelajaran, novel, makalah, atau skripsi, Anda pasti menemukan kata pengantar di dalamnya. Kata pengantar adalah salah satu elemen yang tidak kalah pentingnya dari daftar isi, daftar pustaka, dan lainnya. Kata pengantar dibuat dan ditambahkan sebagai bentuk rasa hormat penulis atas karya tulis terhadap pembacanya. Dalam membuat kata pengantar, Anda harus menggunakan bahasa yang baku dengan kalimat efektif. Bagaimana struktur penulisannya dan apa saja contohnya? Simak artikel ini baik-baik ya!

Contoh Cara Membuat Kata Pengantar Yang Baik Dan Contoh

Contoh Cara Membuat Kata Pengantar Yang Baik Dan Contoh
Contoh Cara Membuat Kata Pengantar Yang Baik Dan Contoh

Kata pengantar yang baik harus memuat tentang tata cara penulisannya dengan benar. Hal-hal yang harus dicantumkan dalam kata pengantar adalah:

Baca juga : Pengertian Abstrak

  • Diawali dengan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT sebab diberikan kelancaran selama mengerjakan
  • Jelaskan mengenai adanya tugas, makalah, laporan, skripsi, atau proposal tersebut
  • Tuliskan penuturan bahwa terdapat bantuan, bimbingan, dan arahan dari keluarga, orang-orang atau kelompok masyarakat tertentu demi suksesnya penulisan tersebut
  • Berikan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu menyelesaikan penulisan
  • Cantumkan pula nama, alamat, tempat/tanggal lahir, dan keterangan lain tentang penulis (optional)
  • Singgung sedikit tentang gambaran umum tulisan tersebut
  • Rangkai harapan penulis perihal karya yang sudah ditulis
  • Sertakan alasan pentingnya membaca tulisan tersebut serta kelapangan hati penulis untuk menerima kritik dan saran dari pembaca nantinya

Berbicara tentang kata pengantar, biasanya penulis memasukkan hal-hal yang tidak perlu sehingga terkadang kata pengantar menjadi tidak berfungsi. Seharusnya kata pengantar harus membantu pembaca mengetahui konten tulisan sebelum ia membacanya lebih dalam. Ada beberapa hal yang tidak perlu dituliskan pada kata pengantar, antara lain:

Baca juga : Doa Qunut

  • Hindari menulis kata pengantar terlalu panjang, yakni usahakan tidak lebih dari dua halaman. Kata pengantar hanya pintu pembuka sebelum pembaca memahami tulisan Anda
  • Ucapkan terima kasih hanya kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan tulisan tersebut
  • Tulis kata pengantar dalam bahasa formal, sebab pembaca bisa saja berasal dari berbagai kalangan dan bukan hanya guru, dosen, atau teman-teman Anda

Struktur Penulisan Kata Pengantar

Struktur Penulisan Kata Pengantar
Struktur Penulisan Kata Pengantar

Struktur penulisan kata pengantar harus sesuai dengan aturan yang telah ditentukan. Berikut adalah penulisan kata pengantar sesuai dengan struktur yang benar:

Baca juga : Pengertian Artikel Ilmiah

1. Pembukaan

Pembukaan pada paragraf pertama dan kedua harus memuat ucapan terima kasih dan syukur penulis atau tim penyusun mengenai tulisan yang telah diselesaikan. Ucapkan rasa syukur kepada Tuhan sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Setelah itu, dilanjutkan dengan ucapan terima kasih kepada orang-orang yang telah mendukung penulis atau tim penyusun sehingga dapat menyelesaikan tulisan sesuai dengan yang diinginkan.

2. Isi

Anda dapat menuliskan gambaran isi karya tulis yang dibuat. Jelaskan sedikit tentang pembahasan serta bagaimana penulis menuliskan tulisan tersebut secara singkat, padat, dan jelas.

3. Penutup

Pada bagian penutup berisikan kalimat permintaan maaf apabila ada beberapa kesalahan dalam menuliskan gelar, nama, atau isi tulisan yang telah Anda buat. Tuliskan pula harapan Anda tentang pandangan ke depan mengenai topik yang Anda bahas dalam tulisan tersebut sehingga orang lain yang akan mengambil topik itu kembali bisa menuliskan dalam sudut pandang yang berbeda.

Baca juga : Bacaan 99 Lafal Asmaul Husna

Setelah Anda mengetahui penjelasan lengkap mengenai struktur penulisan kata pengantar, berikut ini adalah beberapa contoh kata pengantar yang bisa Anda jadikan referensi:

Contoh kata pengantar

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Contoh Kata Pengantar Skripsi
Contoh Kata Pengantar Skripsi

Assalamu’alaikum wr.wb

Segala puji bagi Allah SWT atas limpahan nikmat sehatNya berupa sehat fisik, akal, dan pikiran tanpa ada kekurangan suatu apapun, sehingga penulis dapat menyelesaikan pembuatan makalah sebagai tugas akhir mata kuliah dengan judul “Pengaruh Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Siswa”. Skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat kelulusan di Jurusan Pendikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Bangun Bangsa Malang. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis mendapatkan bantuan dan dukungan dari berbagi pihak sehingga dalam kesempatan ini, penulis menyampaikan terima kasih kepada:

1. Ibu Dr. Retno, M.Pd selaku ketua Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Bangun Bangsa Malang

2. Ibu Suciati, M.Pd selaku ketua Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Bangun Bangsa Malang yang telah memudahkan segala perizinan penelitian serta motivasi agar penulis segera selesai dalam penulisan skripsi

3. Bapak Drs. Mahmud Warsito, M.Pd selaku Pembimbing I, yang memberikan masukan dan koreksi serta waktunya untuk membimbing penulis

4. Ibu Ajeng, M.Pd selaku Pembimbing II, yang memberikan banyak perhatian dan masukan untuk membimbing penulis

5. Serta pihak-pihak yang tidak mungkin penulis sebutkan satu-persatu

Semoga Allah SWT memberikan balasan yang setimpal kepada semuanya. Penulis berharap skripsi yang disusun ini bisa memberikan sumbangsih guna menambah pengetahuan pembaca. Dalam rangkai perbaikan penulisan selanjutnya, penulis sangat terbuka dengan saran dan masukan dari semua pihak atau pembaca karena penulis sangat menyadari jika skripsi ini memiliki banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan.

Malang, 4 April 2019

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL
Contoh Kata Pengantar Laporan PKL

Assalamu’alaikum wr.wb

Penulis ucapkan syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmayNya berupa kesehatan, kesempatan serta pengetahuan kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Praktik Kerja Lapangan yang berjudul “Analisis Distribusi Kerajinan Tangan di Kecamatan Pakisaji-Kabupaten Malang”. Dalam kesempatan ini, penulis berterima kasih kepada:

1. Bapak Dr.Aldo, M.Pd selaku ketua Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Budaya Malang

2. Ibu Tirtawati, M.Pd selaku ketua Jurusan Pendikan Geografi Universitas Budaya Malang

3. Bapak Munir, M.Pd selaku Pembimbing I

4. Ibu Susi Anggraini, M.Pd selaku Pembimbing II

5. Ibu Dra. Azizah Hasanah, SE selaku kepala Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Malang atas ijin yang telah diberikan untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan

6. Teman-teman yang turut serta dalam penelitian

7. Serta pihak-pihak yang belum bisa penulis sebutkan satu-persatu

Penulis menyadari bahwa Laporan Praktik Kerja Lapangan masih banyak sekali kekurangan di dalamnya sehingga penulis bermaksud meminta saran dan masukan dari semua pihak agar tercipta Laporan Praktik Kerja Lapangan yang lebih baik lagi. Semoga Laporan Praktik Kerja Lapangan ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan mahasiswa dan seluruh pembaca.

Malang, 2 Januari 2019

Penulis

Contoh Kata Pengantar Prakerin

Contoh Kata Pengantar Prakerin
Contoh Kata Pengantar Prakerin

Assalamu’alaikum wr.wb

Kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena telah memberikan rahmatNya sehingga kami bisa menyelesaikan Praktek Kerja Instansi (PRAKERIN) dan telah menyusun laporannya dengan baik. Penyusunan Laporan Praktek Kerja Instansi (PRAKERIN) tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak sehingga dalam kesempatan ini, kami bermaksud menyampaikan beribu terima kasih kepada:

1. Drs. Hamdan Sakir selaku kepala sekolah SMK Negeri 2 Surabaya

2. Pokja Prakerin serta Tim Penjajakan yang telah menyiapkan administrasi, tempat, dan pembekalan kepada peserta prakerin

3. Drs. Hadi Purnomo selaku guru pembimbing peserta prakerin

4. Berbagai pihak yang telah membantu yang tidak bisa penulis sebutkan semuanya

Kami menyadari akan adanya kekurangan serta kekeliruan di dalam laporan ini sehingga kami sangat terbuka dengan kritik, saran, dan masukan dari berbagai pihak. Akhir kata, kami berharap Laporan Praktek Kerja Instansi (PRAKERIN) bisa bermanfaat bagi pembaca.

Surabaya, 2 Maret 2019

Penulis

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close