Umum

√ 15 Kata-Kata Mutiara Kehidupan Beserta Maknanya

Setiap orang tidak pernah lepas dari suatu peristiwa, tantangan, rintangan, kesempatan maupun pengalaman yang terjadi di dalam kehidupan. setiap orang pasti pernah merasa berada di satu fase kehidupan yang berat dan menyakitkan. Kerapkali manusia pernah merasakan pahit manisnya kehidupan yang dijalani. Ketika seseorang berada di satu titik terburuk dalam kehidupannya, tentunya seseorang tersebut membutuhkan suatu dorongan yang akan membangkitkan semangat hidup yang bisa didapatkan dari siapa saja seperti keluarga, teman, sahabat, dan sebagainya.

Ketika kita berada di satu titik terburuk dalam kehidupan, adalakanya kita membutuhkan sesuatu sebagai sumber motivasi yang bisa digunakan untuk bahan renungan dan instropeksi diri. Salah satu sumber motivasi yang dapat kita jadikan sebagai pegangan hidup dan intropeksi diri yaitu kata-kata mutiara. Kata-kata mutiara memiliki pengertian yaitu kata-kata yang memiliki makna yang dalam, biasanya muncul dari hasil perenungan-perenungan tentang kehidupan yang dialami oleh seseorang. Nah untuk itu, berikut ini akan dipaparkan beberapa contoh kata-kata mutiara beserta makna yang terkandung untuk sumber motivasi dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Simak baik-baik ya!

Baca juga : Kata-Kata Bijak

√ 15 Kata-Kata Mutiara Kehidupan Beserta Maknanya
√ 15 Kata-Kata Mutiara Kehidupan Beserta Maknanya

1. Suatu hal yang paling penting dalam hidup ini adalah ketika kamu dapat menikmati hidupmu dengan selalu bahagia apapun yang sedang terjadi (Audres Hepburn)

Kata-kata mutiara tersebut bermakna bahwa apa yang terjadi dalam hidup seseorang tidak ditentukan oleh orang lain, melainkan oleh diri sendiri. kebahagiaan yang dirasakan di dalam kehidupan tergantung diri sendiri. seseorang bisa mendapatkan kebahagiaan dari diri sendiri, keluarga, sahabat, maupun lingkungan sekitar. Jadi, seseorang harus bisa membuat jalan hidupnya dengan baik dan juga berhak membuat suatu keputusan terkait apa yang terbaik untuk dilakukan yang akan memberikan kebahagiaan dalam hidupnya.

2. Apabila tanganmu tidak bisa menggapai bintang di langit. Ingat dan bersyukurlah bahwa masih ada kakimu yang menginjak di bumi (Harly Umboh)

Kata-kata mutiara tersebut bermakna bahwa meskipun kamu mengalami kegagalan dalam melakukan sesuatu, jangan lah bersedih hati. Tetap bersyukurlah atas apapun yang terjadi. Dan ingatlah bahwa kegagalan merupakan kunci awal dari kesuksesan dalam hidup.

3. Jika ingin merasakan kebahagiaan, maka jadilah diri sendiri (Restu Illahi)

Kata-kata mutiara tersebut bermakna bahwa apapun yang terjadi dalam kehidupanmu, renungkan dan lakukan intropeksi diri terkait apa ada sesuatu yang salah dalam dirimu. Mungkin saja kamu kurang bersyukur dalam menjalani kehidupan. Selalu ucapkan rasa syukur dan terimakasih atas apa yang telah kamu miliki hingga saat ini. Jangan berbuat hal-hal yang dapat merusak kebahagiaanmu di dalam kehidupan.

4. Jadikan rasa syukur sebagai pijakan dimana tempat kamu berdo’a di setiap malam. Biarkan iman menjadi jembatan yang kamu bangun untuk mencegah kejahatan dan mempersilahkan kebaikan menghampiri kehidupan kita (Maya Angelou)

Kata-kata mutiara tersebut bermakna bahwa ketika kamu mengucapkan syukur atas sesuatu yang dimiliki, jadikan itu sebagai jembatan untuk mendekatkan diri dengan Sang Pencipta, Tuhan Yang Maha Esa. Semakin dekat kamu pada-Nya, kamu akan dijauhkan dari suatu hal yang dapat merugikan hidupmu. Tetaplah berbuat baik agar hidupmu selalu merasakan kebahagiaan.

5. Hidup itu bukan hanya untuk menemukan jati diri sendiri melainkan bagaimana cara seseorang dalam menemukan jati dirinya (George Bernard Shaw)

Kata-kata mutiara tersebut bermakna bahwa kita terkadang terjebak pada persoalan menemukan jati diri. Jati diri seseorang tidak akan pernah hilang karena jati diri di bentuk oleh setiap orang. jati diri seseorang tergantung bagaimana seseorang dalam memilih hal-hal apa yang dapat mempengaruhi kehidupannya.

√ 15 Kata-Kata Mutiara Kehidupan Beserta Maknanya
√ 15 Kata-Kata Mutiara Kehidupan Beserta Maknanya

6. Hidup bagaikan suatu mimpi, suatu ajang permainan, suatu acara komedi, dan suatu tragedi (Sholom Aleichem)

Kata-kata mutiara tersebut bermakna bahwa kehidupan dapat menjadi sesuatu yang menyenangkan bahkan juga menyedihkan yang mana terjadi karena adanya perbedaan sudut  pandang yang dipengaruhi oleh latar belakang setiap orang. Jika seseorang menginginkan kebahagian dalam hidupnya, maka selalu pikirkan hal-hal positif yang mempengaruhi sudut pandangmu tentang kehidupan bahwa hidup itu harus selalu diisi dengan kebahagiaan. Di samping itu hidup harus patut disyukuri dan dinikmati, bukan hanya diisi oleh kesedihan dan duka yang berlarut-larut.

7. Bahagia adalah salah satu tujuan hidup seseorang (Dalai Lama)

Kata-kata mutiara tersebut bermakna bahwa salah satu yang membuat kehidupan menjadi berwarna adalah kebahagaiaan. Rasa bahagia dapat membuat hidup seseorang bertahan meskipun seringkali mengalami kegagalan. Siapapun, kapanpun, dan di manapun kamu berada, ingatlah bahwa kebahagiaan akan selalu menghampirimu.

8. Cinta dapat menjadi sumber inspirasi di kehidupan dengan dipandu oleh suatu ilmu pengetahuan ( Bertrand Russel)

Kata-kata mutiara tersebut bermakna bahwa seseorang yang mengatasnamakan cinta sebagai suatu imajinasi, nyatanya imajinasi tersebut membawa jalan kebaikan dalam kehidupan. Menjalani kehidupan dengan cinta dan diikuti oleh ilmu pengetahuan membuat kehidupan yang dijalani menjadi seimbang.

9. Berada di jalan kegelapan bersama dengan sahabat itu lebih baik daripada berada di jalan terang tetapi sendirian (Helen Keller)

Kata-kata mutiara tersebut bermakna bahwa kehadiran sahabat itu penting dalam kehidupan seseorang. Meskipun kita merasakan jika hidup kita baik-baik saja, namun pasti ada sesuatu yang kurang dalam kehidupan. kita membutuhkan seseorang yang dapat menjadi penyemaangat dalam kehidupan. Setiap kita memiliki berbagai macam permasalahan, ingatlah bahwa di samping kita ada sahabat yang selalu mendampingi dan menjadi penyemangat dalam hidup untuk bersama-sama menghadapi dunia.

10. Jika kehidupan adalah sebuah bunga, maka cinta dan kasih sayang adalah madunya (Victor Hugo)

Kata-kata mutiara tersebut bermakna bahwa jika kita ingin menemukan letak keindahan dalam kehidupan, maka kita harus bisa memaknai suatu kehidupan yang kita jalani termasuk suatu kehidupan yang dipenuhi oleh cinta yang mana membuat kehidupan menjadi semakin berwarna. Kehidupan dan cinta menggambarkan suatu perpaduan yang sempurna dan satu kesatuan yang sulit untuk dipisahkan.

√ 15 Kata-Kata Mutiara Kehidupan Beserta Maknanya
√ 15 Kata-Kata Mutiara Kehidupan Beserta Maknanya

11. Selalu bersyukurlah dalam kehidupan dan jangan terlalu mengejar materi karena nantinya kita akan lupa hakikat dalam kehidupan sendiri (Tere Liye)

Kata-kata mutiara tersebut bermakna bahwa jangan terlalu sibuk dalam mengejar suatu materi karena akan membuat kita lupa cara untuk bersyukur atas apa yang telah kita miliki. Dengan bersyukur dapat menjauhkan hal-hal yang buruk dan dapat menilai sesuatu dengan positif tanpa adanya pikiran negatif sehingga kehidupan kita menjadi bermakna dan kita juga tahu cara untuk bersyukur.

12. Sumber kekuatan yang luar biasa dalam kehidupan adalah diam (Lao Tzu)

Kata-kata mutiara tersebut bermakna bahwa kadang seseorang memilih untuk diam daripada marah-marah yang tidak jelas alasannya yang bertujuan untuk menghindari semakin rumitnya permasalahan. Diam adalah emas. Diam dapat menjadi alat pengendali emosis seseorang. Dengan begitu, mungkin saja akan merasa tenang dalam menghadapi suatu permasalahan dan cepat dalam mencari jalan keluar dari masalah yang tengah di hadapi.

13. Faktor yang dapat mengubah seseorang bukan karena waktu melainkan apa yang menjadi pilihan seseorang (Pen For a Thought)

Kata-kata mutiara tersebut bermakna bahwa sebenarnya dalam kehidupan ini yang dapat mengubah seseorang adalah apa yang dipilih seseorang yang menurutnya terbaik. Waktu memang bisa mengubah seseorang, akan tetapi hanya dapat mengubah fisiknya saja. Jika ingi berubah menjadi lebih baik lagi, jangan hanya menunggu. Lakukan apa yang menjadi pilihanmu dan menurutmu itu terbaik bagi kehidupanmu agar kamu dapat menemukan arti kebahagiaan.

 14. Berdirilah dengan tegak. Angkat kepalamu. Tunjukkan apa yang kamu dapatkan kepada dunia ( Joe Mari Fadrigalan)

Kata-kata mutiara tersebut bermakna bahwa jangan memprioritaskan sesuatu yang sebenarnya tidak harus ada dalam dirimu terutama rasa takut ataupun minder karena yang harus kamu tahu bahwa rasa takut atau minder dapat menjadi boomerang untuk menghancurkan masa depanmu. Tunjukkan rasa percaya dirimu kepada dunia dan tunjukkan bahwa kamu memiliki suatu kelebihan yang tidak dimiliki orang lain.

15. Dalam kehidupan hanya beberapa orang yang ditakdirkan untuk saling jatuh cinta, tetapi tidak dapat hidup bersama (500 Days of Summer)

Kata-kata mutiara tersebut bermakna bahwa banyak pasangan yang menjalin sebuah hubungan asmara dalam waktu yang lama tapi akhirnya berpisah. Memang sda pasangan yang ditakdirkan untuk saling jatuh cinta, tapi mereka tidak bisa hidup bersama. Jika hal ini terjadi dalam kehidupanmu, jangan terlalu larut dalam rasa sedih. Mungkin orang yang menjadi mantan pasanganmu bukan orang yang tepat dalam kehidupannmu. Percayalah bahwa suatu hari nanti kamu akan bertemu dengan seseorang yang akan membuatmu selalu merasakan kebahagiaan karena Tuhan sudah mempersiapkan seseorang yang tepat untuk menjadi jodohmu di masa depan.

Baca juga : Kumpulan Motto Hidup

Nah itulah 15 contoh kata-kata mutiara beserta maknanya yang dapat kamu jadikan sumber motivasi dalam kehidupanmu agar menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian!

Daftar List

 

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close