Umum
Trending

Manfaat, Syarat dan cara registrasi kartu prakerja

Tahukau.com – Program terbaru dari presiden NKRI Bapak Joko Widodo yaitu Kartu Prakerja. Apa sih kartu prakerja? Kartu Prakerja adalah salah satu program pemerintah dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan ekonomi Indonesia. Presiden memutuskan dalam proses realisasi program pembagian dan pengadaan Kartu Prakerja Nasional yang lebih cepat dari rencana awal.

Dengan adanya Kartu Prakerja, bisa mengatasi banyaknya kasus putusnya hubungan kerja atau PHK yang terjadi dimana – mana. Apalagi sekarang lagi wabah virus corona atau COVID – 19. Karena wabah tersebut membuat beberapa perusahaan mengalami kerugian dan berakhir pada pemutusan kerja.

Kartu Prakerja sebenarnya sudah rilis pada bulan April lalu. Namun seiringnya waktu dan jumlah gelombang yang selalu terpenuhi. Pada pembahasan kali ini, ada beberapa manfaat dan cara registrasi kartu prakerja. Sehingga anda bisa memahami bagaimana manfaat dari Kartu Prakerja ini. Daripada penasaran langsung saja simak dibawah ini.

Manfaat dari Kartu Prakerja

Kartu Prakerja memang dikhususkan kepada orang yang butuh pekerjaan dan orang yang baru kehilangan pekerjaannya. Manfaat dari Kartu Prakerja adalah

  • Membantu meringankan beban biaya pelatihan yang ditanggung oleh pihak perusahaan.
  • Dapat mengurangi biaya untuk mencari informasi mengenai pelatihan.
  • Menunjang pekerjaan seseorang lewat pengurangan jumlah mismatch.
  • Mewujudkan komplemen dari Pendidikan formal.

Syarat Mengikuti Program Karju Prakerja

Berikut ada beberapa syarat dan keuntungan dari program kartu prakerja :

  • Program Kartu Prakerja ini merupakan program pelatihan yang dibiayai oleh pemerintah.
  • Minimal umur harus mencapai 18 tahun ke atas. Dengan catatan tidak sedang bersekolah, kuliah ataupun Pendidikan lainnya.
  • Kartu Prakerja ini dikhususkan untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dengan membuktikan Kartu Tanda Penduduk yang berlaku (KTP).
  • Keuntungan yang anda dapatkan dalam mendaftar kartu ini adalah biaya total sebesar 3.550.00 dengan bentuk biaya pelatihan sebesar 1 Juta, Uang insentif pasca pelatihan sebesar 600 ribu rupiah per-bulannya. Tak hanya itu ada biaya insentif survey keberkerjaan total 150 ribu rupiah. Itu semua bisa didapatkan dengan catatan anda telah menyelesaikan pelatihan prakerja.
  • Agar lebih jelas faktualnya bisa kunjungi situs resmi Kartu Prakerja yaitu www.prakerja.go.id/syarat-ketentuan/

Cara Registrasi Kartu Prakerja

  • Tahap awal yang pasti anda harus mengunjungi website resmi kartu prakerja
  • Masukkan data berupa email atau nomer ponsel dengan benar.
  • Klik Mendaftar.
  • Selanjutnya pilih motode verifikasi
  • Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan melalui email atau sms.
  • Setelah verifikasi, pendaftaran juga berhasil.
  • Akun Kartu Prakerja sudah aktif

Setelah permohonan berhasil membuat akun, tahap selanjutnya adalah mendaftarkan diri guna mengikuti program – program yang telah ditentukan dari Kartu Prakerja. Dengan melakukan dan mengikuti test kemampuan dasar. Setelah menyelesaikan pendaftaran dan mengisi formulir dan melengkapi test dasar. Permohonan akan diproses oleh pihak pengelola, setelah sudah nantinya akan terdapat notifikasi berikutnya di akun anda masing – masing.

Registrasi Kartu Prakerja ini cuma bisa dicoba lewat web formal prakerja.go.id yang didampingi oleh petugas pengantar dari Disnaker masing – masing wilayah di Indonesia. Tiap calon pendaftar tadinya terlebih dulu dimohon buat mengisi serta memenuhi data – informasi cocok dengan data yang valid serta sesungguhnya.

Langkah terakhir yang wajib ditempuh merupakan tiap calon pendaftar yang sudah lolos bisa memilah serta memastikan tipe pelatihan yang mereka mau ataupun butuhkan di halaman website prakerja.go.id. Berikutnya, bila penerima Kartu Prakerja sudah memastikan program yang mau mereka simak, partisipan hendak memperoleh duit saku lewat rekening bank ataupun dalam wujud e-wallet dan sertifikasi bagaikan wujud formal bagaikan modal mencari kerja.

Sekian pembahasan kali ini semoga bermanfaat

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close