Umum

Kartu Prakerja Gelombang 6 Bakal Dibuka

Tahukau, – Kartu prakerja gelombang 6 yang akan dibuka dalam waktu dekat memberikan kesempatan bagi masyarakat yang tidak bekerja karena phk atau dampak pandemi covid 19.

Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja menjelaskan akan kembali membuka pendaftaran tahap keenam untuk program pelatihan Prakerja dalam waktu dekat.

Hal ini melihat dari banyaknya peminat program pelatihan Kartu Prakerja dalam setiap gelombangnya.

Head of Communications Prakerja, Louisa Tuhatu menyatakan, di gelombang kelima saja, sudah ada sebanyak 1,7 orang yang mendaftar, namun hanya 800.000 orang saja yang diterima. Pendaftaran tahap kelima sudah ditutup pada hari ini, Minggu, 23 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB.

Baca juga: Heboh! Patung Jenderal Sudirman Dipakaikan Masker

“Pendaftaran gelombang 6 akan segera kami buka, begitu juga dengan pengumuman mengenai mereka yang lolos seleksi. Namun saya belum bisa memberikan tanggal berapa akan diumumkan,” ungkap Louisa kepada CNBC Indonesia, Minggu (23/8/2020).

Seperti yang diketahui, pemerintah akan memutuskan besaran kuota penerimaan peserta program Kartu Prakerja sebanyak 800.000 peserta per tiap gelombang, yang diharapkan akan bisa terselesaikan pada akhir Oktober 2020 ini.

Dimana setiap gelombang penerimaan peserta program kartu prakerja, pemerintah akan memprioritaskan 80% yang berasal akibat korban PHK yang dimiliki oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker). Sementara 20% lain berasal dari peserta umum yang dipilih secara acak.

Baca juga: Hoax ‘Baju Adat China’ di Uang Rp 75 Ribu

Dibawah ini cara mendaftar program Kartu Prakerja:

1. Membuat akun dengan mengakses situs www.prakerja.go.id, dan memilih opsi mendaftar

2. Lalu isi formulir pendaftaran seperti nama lengkap, e-mail yang masih aktif dan kata sandi baru

3. Secara otomatis akan masuk di kotak masuk (Inbox) e-mail calon pendaftar berupa link untuk mengkonfirmasi e-mail.

4. Setelah klik konfirmasi e-mail, lalu e-mail sudah terdaftar dan akan kembali ke situs www.prakerja.go.id untuk melanjutkan pendaftaran.

5. Isi formulir pendaftaran (nama, e-mail, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP dan foto selfie dengan KTP)

6. Masukkan nomor telepon yang masih aktif dan kode OTP akan dikirim melalui SMS

7. Calon peserta akan melakukan tes motivasi dan juga kemampuan dasar kurang lebih selama 15 menit

8. Jika lolos maka akan ada pemberitahuan dari Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja melalui e-mail. Peserta akan diminta untuk mengisi nomer rekening atau e-wallet untuk lalu diproses agar bisa mengikuti pelatihan dan mendapatkan insentif.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close