Umum

John Riady : CEO Baru Lippo Karawaci yang Hidup Sederhana

Tahukau.comJohn Riady – Tahukah kalian jika saat ini Group Lippo memiliki CEO baru? Ya. CEO baru tersebut bernama John Riady yang saat ini resmi menjabat sebagai CEO dari anak perusahaan Lippo Group yaitu  Lippo Karawaci. Sosok John Riady mulai menjadi inspirasi banyak orang. Sebelum menjabat sebagai CEO, John Riady sudah beberapa kali menduduki posisi strategis di beberapa anak perusahaan Lippo Group lainnya. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini akan diulas mengenai biografi John Riady : CEO baru Lippo Karawaci yang hidup sederhana. Maka dari itu, simak baik-baik ya ulasannya di bawah ini!

Biografi John Riady

Biografi John Riady

John Riady merupakan anak pertama dari CEO Lippo Group yang bernama James Riady dan Aileen Hambali. John Riady adalah cucu dari Mochtar Riady yang merupakan pendiri serta pemilik Lippo Group. Dia merupakan generasi ketiga keluarga Riady yang telah menjadi salah satu pemain besar dalam dunia bisnis properti seperti perumahan Lippo Cikarang atau Lippo Karawaci, menyulap tanah sitaan menjadi kompleks elite di daerah gersang, dan juga berbagai usaha dibidang ritel seperti Matahari Mall dan juga media massa seperti Berita Satu, Jakarta Globe, dan Suara Pembaruan. Berikut ini biodata dari John Riady:

Nama               : John Riady

Tempat Lahir   : New York, Amerika Serikat

Pekerjaan         : Pengusaha, Dosen, Editor

Pasangan         : Chew Xuan Wei

Anak               : Joshua Riady, Caleb Riady, Claire Riady

Orang Tua       : James Riady (Ayah), Aileen Hambali (Ibu)

Baca juga : Sudono Salim

Kehidupan Pribadi John Riady

Kehidupan Pribadi John Riady

1. Pendidikan

Sebelum mengurus bisnis keluarganya, John Riady menempuh pendidikan S1 di Amerika Serikat tepatnya di Georgetown University dengan jurusan Politik, Filsafat, dan Ekonomi. Kemudian melanjutkan pendidikan S2 di Wharton School of Business, University of Pennsylvania dengan mengambil jurusan ilmu Administrasi Bisnis.

Di Wharton School of Business, dia berhasil lulus dengan predikat Palmer Scholar yang disematkan untuk mahasiswa dan mahasiswi yang lulus dalam peringkat 5% tertinggi di kelasnya dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,86 atau lebih.

Setelah lulus S2, dia mengikuti program Juris Doctor di Columbia University Law School dengan mengambil jurusan Ilmu Hukum yang ditempuh dalam kurun waktu 3-4 tahun dan lulus pada tahun 2011.

2. Istri dan Anak

John Riady telah menikah pada tahun 2015 dengan Chew Xuan Wei yang telah dikaruniai tiga orang anak yaitu Joshua Riady, Caleb Riady, dan Claire Riady. Melalui Instagram pribadinya, John sering membagikan moment-moment bersama dengan keluarganya.

Baca juga : Rudy Salim

Perjalanan Karier John Riady

Perjalanan Karier John Riady

1. Bekerja Sebagai Editor di Jakarta Globe

Ketika John Riady sedang menempuh pendidikan di Georgetown University, dia bekerja sebagai editor untuk majalah bahasa Inggris di Jakarta Globe yang dimulai pada tahun 2005.

Sebagai editor, John memiliki tanggung jawab atas artikel yang diterbitkan oleh majalah yang berbasis di Jakarta. Pada tahun 2008, penerbitan koran sebanyak 50 ribu eksemplar didanai oleh ayahnya.

Waktu itu, target pembaca Jakarta Globe kebanyakan berasal dari kalangan orang menengah atas yang memiliki pendidikan tinggi karena pada saat itu perkembangan bahasa Inggris di Indonesia belum merata. Namun, pada tahun 2015 media ini mengentikan edisi cetaknya dan mulai fokus menyajikan berita melalui situs website.

2. Menjadi Pemimpin Lippo Karawaci

Akibat dari skandal yang menimpa Meikarta yaitu kasus penyuapan uang dan perizinan yang cukup mempengaruhi image Lippo Group. Ditambah lagi, bisnis-bisnis lain dari Lippo Group yang sedang mengalami kesulitan finansial, maka pada pertengahan bulan Maret 2019, manajemen LPKR menunjuk John Riady untuk mengisi jabatan sebagai CEO. Jabatan tersebut semakin menambah tanggung jawab John Riady karena sebelum diberikan jabatan sebagai CEO, dia telah menjabat sebagai Director di Lippo Group pada tahun 2011.

Awalnya, John tidak memiliki ketertarikan untuk menduduki posisi sebagai CEO karena berbagai macam masalah yang sedang melanda Lippo Group. Namun setelag diyakinkan oleh salah satu anggota keluarganya, akhirnya John mau mengambil kepemimpinan LPKR. Pergantian jabatan yang menjadikan John Riady sebagai CEO dengan harapan dapat mengembalikan kejayaan Lippo pasca skandal dari Meikarta yang sampai masuk dalam radar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

3. Kebijakan John Riady untuk Menyelamatkan Lippo Karawaci

Ada beberapa rencana yang telah disusun John Riady untuk menyelamatkan Lippo Karawaci yang mana intinya agar mendapatkan dana sebesar US$1 miliar. Cara pertama yang dilakukan John Riady yaitu dengan menerbitkan saham baru yang dijual dengan harga US$ 930 juta atau senilai dengan Rp. 13 triliunan. Rencananya dana tersebut akan digunakan untuk menangani masalah likuiditas dan mengurangi utang yang dimiliki Lippo Karawaci sekitar US$ 900 juta.

PT Lippo Karawaci Tbk  (LPKR) dan PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) akan dilibatkan ke dalam penerbitan saham baru tersebut. Saham baru LPKR senilai US$ 730 juta atau sekitar Rp. 10,3 triliun, sedangkan saham baru LPCK senilai US$ 200 juta atau senilai Rp. 2,8 triliun.

Cara lain yang digunakan oleh John adalah Lippo Karawaci akan difokuskan hanya pada tiga bisnis utama yaitu rumah sakit, pusat perbelanjaan, dan perumahan. Alasannya karena ketiga bisnis tersebut dapat mendatangan revenue yang besar dan juga cashflow yang kuat.

Selain cara diatas, ada cara lain yang ditempuh oleh John Riady untuk memperkuat manajemen perusahaan agar dapat berjalan dengan kooperatif demi memperbaiki kinerja dari Lippo Karawaci yaitu dengan mempertahankan kepercayaan dari para pemegang saham dengan memberikan transparasi tentang apapun permasalahan yang sedang menimpa perusahaan.

Baca juga : Irwan Mussry

Fakta-fakta Menarik John Riady

Fakta-fakta Menarik John Riady

1. Pernah Magang di Restoran Cepat Saji

Sejak masih kecil, keluarga John Riady sudah menanamkan sikap bekerja keras dan pantang menyerah. Dia menghabiskan masa liburan sekolahnya dengan menjadi intern di beberapa perusahaan. Bahkan pada tahun 1999, dia pernah bekerja di salah satu cabang McDonald’s di Jakarta.

Dari pengalaman-pengalaman yang dia dapat ketika magang dan bekerja, dia memahami bagaimana rasanya mencari uang dengan bekerja keras. Bukan hanya itu, dari bekerja itulah dia juga bisa bertemu dengan orang-orang diberbagai kalangan.

2. Memiliki Lisensi Pengacara dan Menjadi Dosen di Universitas Pelita Harapan (UPH)

John Riady tercatat memiliki resume pendidikan yang dapat dikatakan bagus. Dia mengambil S1 Di bidang Politik, Filsafat, dan Ekonomi. Kemudian untuk S2, dia mengambil jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, dan untuk program Juris Doctor, dia mengambil jurusan Ilmu Hukum.

Ketika dia mengambil program Juris Doctor, dia mendapatkan lisensi pengacara yang dapat dia gunakan di New York, Amerika Serikat. Karena pencapaiannya di Pendidikan terbilang bagus, John Riady diangkat menjadi salah satu dosen di Universitas Pelita Harapan (UPH).

3. Gaya Hidup yang Sangat Sederhana

Banyak asumsi yang menyatakan jika tumbuh di keluaga kaya akan hidup dengan foya-foya, mengeluarkan uang dengan sesuka hati, dan sebagainya. Namun hal itu tidak berlaku pada John Riady.

Meskipun dia tumbuh di keluarga kaya, dia lebih menyukai menggunakan transportasi ojek online karena harganya murah dan juga cepat sampai ke tujuan. Selain itu, dia lebih menyukai masakan Padang yang harganya lebih murah daripada restoran mahal.

Selain gaya hidup yang sederhana, ternyata John Riady juga mendorong keluarganya untuk ikut dalam gerakan hemat energi. Ketika tidak di rumah, dia dan istrinya menonaktifkan barang-barang yang berhubungan dengan listrik seperti AC, lampu, televisi, dan sebagainya.

Baca juga : Rosano Barack

Nah itulah informasi mengenai biografi John Riady : CEO baru Lippo Karawaci yang hidup sederhana. Semoga apa yang disampaikan di dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda dan menjadikan John Riady sebagai sosok yang dapat menginspirasi Anda.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close