BisnisTeknologi

5 Jenis Model Mobil Volkswagen : Mobil Pilihan Banyak Orang

Tahukau.comJenis Model Mobil Volkswagen – Tahukah kalian mengenai mobil keluaran perusahaan otomotif Volkswagen? Perusahaan asal Jerman ini didirikan oleh Serikat Buruh Jerman (Deutsche Arbeitsfront) pada tahun 1937. Saat ini, perusahaan Volkswagen berkembang menjadi induk perusahaan bagi beberapa perusahaan otomotif besar yang terkenal di seluruh dunia. Pabrikan Audi, Bentley, Scania, Porsche, hingga Lamborghini dan Bugatti berada di bawah naungan perusahaan Volkswagen.

5 Jenis Model Mobil Volkswagen : Mobil Pilihan Banyak Orang

Perlu diketahui, nama Volkswagen diambil dari bahasa Jerman artinya “mobil rakyat”. Hal itulah yang menyebabkan harga mobil Volkswagen lebih murah dibandingkan harga mobil yang mencapai miliaran rupiah. Padahal keduanya sama-sama berada dalam naungan perusahaan yang sama. Dari harga tersebut tentunya menjadi cerminan bagi kualitas mobil Volkswagen yang selama ini dikenal sebagai mobil menengah ke atas. Nah jika kalian tertarik untuk membeli mobil keluaran Jerman ini, sebaiknya Anda harus mencari informasinya terlebih dahulu sebelum membeli. Nah berikut ini akan diulas mengenai 5 jenis model mobil Volkswagen : mobil murah pilihan banyak orang. penasaran? Simak baik-baik ya!

Baca juga : Jenis Model Mobil ESEMKA

1. Volkswagen Caravelle

Volkswagen Caravelle

Volkswagen Caravelle merupakan salah satu jenis Volkswagen yang masuk dalam kategori mobil Van ini mulai diproduksi pada tahun 1950 sampai dengan sekarang. Mobil yang juga dikenal sebagai Volkswagen Traveller ini memiliki desain boxy dan mewah dengan kabin yang luas dan nyaman serta sarat akan kemewahan dengan jok baris kedua bisa diputar ke semua arah. Kabin pada mobil Volkswagen Caravelle dapat difungsikan menjadi kantor berjalan dengan meja bundar bawah dengan kapasitas bagasi 6700 liter.  

Volkswagen Caravelle dikenal akan fleksibilitasnya termasuk konfigurasi tempat duduknya memiliki sistem handling dan driving terbaik dikelasnya. Mobil premium ini dapat direkomendasikan sebagai mobil keluarga karena dapat menampung banyak orang dengan kapasitas tujuh penumpang.

Di Indonesia, Volkswagen Caravelle tersedia dalam dua varian yaitu Volkswagen Caravelle Short Wheelbase dan Volkswagen Caravelle Long Wheelbase. Semua varian Volkswagen Caravelle menggunakan jenis mesin yang berbeda. Untuk varian Volkswagen Caravelle Short Wheelbase menggunakan mesin bensin 2.0 liter TSI berkapasitas 1984 cc, 4-silinder yang dilengkapi dengan sistem Intercooled Direct Injection yang mampu menghasilkan power maksimum mencapai 148 Hp pada putaran 3750 rpm dan torsi puncak mencapai 280 Nm pada putaran 1500 rpm.

Sedangkan untuk varian Volkswagen Caravelle Long Wheelbase menggunakan mesin 2.0 liter TSI berkapasitas 1984 cc, 4-silinder yang dilengkapi dengan sistem Intercooled Direct Injection yang mampu menghasilkan power maksimum mencapai 150 Hp pada putaran 3750-6000 rpm dan torsi puncak mencapai 280 Nm pada putaran 1500-3750 rpm. Semua varian Volkswagen menggunakan sistem transmisi yang sama yaitu transmisi manual 6-speed dengan sistem roda penggerak depan (FWD). Volkswagen Caravella tersedia dalam tiga pilihan mode pengendara yaitu Normal, Comfort, dan Sport.

Volkswagen Caravelle dibekali dengan beragam fitur yang cukup lengkap yang dapat meningkatkan kenyamanan para pengendara mobil ini. Beragam fitur tersebut meliputi Layar Touchscreen, spion lipat elektrik, Heated Seats, Mirror, Cruise Control, Slideing Door Electric, Sunroof depan elektrik, dan sound system premium.

Selain itu terdapat fitur keselamatan seperti Anti lock Braking System + Brake Assist untuk sistem pengereman, Traction Control, Hill Start, Multi-Collicion Braking, Drive Allert, Airbags di semua bagian, Dual SRS Airbags, dan masih banyak lagi. Volkswagen Caravella tersedia dalam beberapa pilihan warna meliputi White, Brown, dan Beige Metallic. Di pasaran, Volkswagen Caravelle dibandrol mulai dari harga Rp 1,29 miliar sampai dengan Rp 1,39 miliar tergantung variannya.

Baca juga : Jenis Model Mobil Audi

2. Volkswagen Scirocco

Volkswagen Scirocco

Volkswagen Scirocco merupakan salah satu jenis Volkswagen yang masuk dalam kategori mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) yang mulai diproduksi pada tahun 1974 sampai dengan sekarang. Volkswagen Scirocco termasuk mobil dengan mesin yang berperforma tinggi yang hadir dengan desain yang sporty dengan build quality yang berkualitas.

Di Indonesia, Volkswagen Scirocco tersedia dalam dua varian yaitu Volkswagen Scirocco 1.4 TSI AT dan Volkswagen Scirocco 2.0 R AT dengan pilihan mesin 1.4 liter dan mesin 2.0 liter.  Semua varian Volkswagen Scirocco menggunakan jenis mesin dengan kapasitas yang berbeda. Untuk varian 1.4 TSI AT menggunakan mesin 1.4 liter TSI 4-silinder DOHC yang mampu menghasilkan power maksimum mencapai 160 Hp pada putaran 5800 rpm dan torsi puncak mencapai 240 Nm pada putaran 1500 rpm dengan menggunakan sistem transmisi otomatis Dual Cluth 7-speed menggunakan sistem roda penggerak depan (FWD).

Sedangkan untuk varian 2.0 R AT  menggunakan mesin 2.0 liter TSI 4-silinder Turbo  yang mampu menghasilkan power maksimum mencapai 256 Hp pada putaran 6000 rpm dan torsi puncak mencapai 330 Nm pada putaran 2500 rpm dengan menggunakan sistem transmisi otomatis DSG 6-speed dengan sistem roda penggerak depan (FWD).  Tingkat akselerasi varian ini dari 0-100 km per jam dapat ditempuh hanya dalam waktu 5.5 detik.

Mobil yang berkapasitas lima orang penumpang ini memiliki desain di bagian interior dan eksteriornya terlihat menarik. Pada bagian interior Volkswagen Scirocco terlihat mewah meskipun ruang kabinya kurang luas. Interior mobil ini dibekali dengan beragam fitur canggih dengan material yang berkualitas seperti head unit audio touchscreen 7 inci dengan dukungan Dynaaudio Excite. Volkswagen Scirocco memiliki kontrol cuaca otomatis dan zona suhu. Pada bagian eksteriornya didesain dengan tampilan yang sporty, garang, dan terlihat elegan. Dimensinya yang tidak terlalu besar dengan ground clearance yang rendah namun tetap nyaman untuk digunakan di jalanan sempit. 

Volkswagen Scirocco dilengkapi dengan fitur keselamatan dan keamanan standar seperti seperti rem cakram depan belakang, pengereman Anti lock Braking System dan electronic Brake Force Distribution (EBD), electronic Stability Control (ESC), Side Beam Impact, Elecronic Differential Lock (EDL), Anti Slip Regulator (ASR), Dual SRS Airbags, Isofic, alarm system dan masih banyak lagi. Volkswagen Scirocco tersedia dalam tiga warna pilihan yaitu White, Red, dan Blue. Di pasaran, Volkswagen Scirocco dibandrol mulai dari harga Rp 590 juta sampai dengan Rp 880 juta tergantung variannya.

Baca juga : Jenis Model Mobil Mini Cooper

3. Volkswagen Golf

Volkswagen Golf

Volkswagen Golf merupakan salah satu Volkswagen yang masuk dalam kategori mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) yang mulai diproduksi pada tahun 1974 sampai dengan sekarang. Volkswagen Golf semakin populer berkat ekonomi bahan bakarnya mencapai 23/33 mpg.  Volkswagen Golf termasuk mobil compact atau mobil keluarga yang mungil yang populer di Amerika Serikat.

Di Indonesia, Volkswagen Golf tersedia dalam satu varian yaitu Volkswagen Golf 1.4 TSI AT yang menggunakan mesin petrol 1.4 liter berkapasitas 1395 cc, 4 silinder TSI yang mampu menghasilkan power maksimum mencapai 140 Hp pada putaran 4500-6000 rpm dan torsi puncak mencapai 250 Nm pada putaran 1500-3500 rpm dengan sistem transmisi otomatis 7-speed dengan roda penggerak depan (FWD).

Tingkat akselerasi dari jarak 0-100 km per jam dapat ditempuh dalam waktu 8.4 detik dan top speednya menyentuh 212 km per jam. Untuk menempuh jarak 100 km, Volkswagen Golf hanya membutuhkan bensin 5.0 liter. Volkswagen Golf menggunakan suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan suspensi Multilink di belakang.

Volkswagen Golf dilengkapi dengan fitur keselamatan dan keamanan yang menjadi prioritas utama Volkswagen Golf. Untuk fitur keselamatan seperti tujuh  buah Airbags, lima sabuk pengaman untuk penumpang, fitur Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD)  dan Brake Assist untuk mengoptimalkan pengereman. Terdapat pula front sensor dan side impact beam untuk menghindari benturan.

Sedangkan untuk fitur keamanan meliputi alarm mobil, panic alarm, remote-controlled central locking system, automatic door locking, dan immobilizer. Selain itu terdapat pula fitur hiburan seperti head unit 7 inci yang mendukung format hiburan seperti CD, radio, AUX, Bluetooth, dynamic speaker, dan masih banyak lagi

Volkswagen Golf hadir dengan desain yang sporty dan elegan. Bagian interiornya lapang dan nyaman dengan kapasitas empat penumpang. Interior mobil ini dipercantik dengan material bahan yang digunakan yaitu kulit dengan warna gelap dengan sentuhan chrome di panel pintu dan dashboard. Sedangkan pada bagian eksteriornya didesain yang cukup unik dan menarik karena bagian grille depan berkilat dengan bodi line horizontal tegas yang mengesankan nuansa kokoh mobil ini.

Selain itu, eksterior mobil ini terlihat sporty dan elegan karena di bagian depan dilengkapi dengan fitur Daytime Running Light (DRL) dengan bumper bawah terdapat air flow dan berongga yang terlihat gagah. Pada bagian samping mobil terlihat aerodinamid dengan lekukan bodi halus.

Volkswagen Golf tersedia dalam beberapa pilihan warna seperti Blue, Deep Black, Indium Grey, Turmeric Yellow Metallic, dan Tungsten Silver Metallic. Di pasaran, Volkswagen Golf dibandrol dengan harga sekitar Rp 765 juta.

Baca juga : Jenis Model Mobil Nissan

4. Volkswagen Tiguan

Volkswagen Tiguan

Volkswagen Tiguan merupakan salah satu jenis Volkswagen yang masuk dalam kategori mobil Sport Utility Vehicle (SUV) yang mulai diproduksi pada tahun 2007 sampai dengan sekarang.  Volkswagen Tiguan termasuk generasi terbaru yang dapat memuat hingga tujuh penumpang karena dimensinya yang panjang. Volkswagen Tiguan juga memiliki interior yang didesain dengan kalem dan nyaman. Pada kursi baris kedua dan ketiga dapat dilipat untuk menambah ruang bagasi yang berkapasitas 615 liter. Bagian eksteriornya terlihat lebih tajam dan maskulin.

Di Indonesia, Volkswagen Tiguan tersedia dalam satu varian yaitu Volkswagen Tiguan VRS yang mesin 1.4 liter TSI berkapasitas 1395 cc, 4 silinder yang mampu menghasilkan power maksimum mencapai 125 Hp pada putaran 5000-6000 rpm  dan torsi puncak mencapai 200 Nm pada putaran 1400-4000 rpm dengan sistem transmisi manual 6-speed menggunakan sistem roda penggerak depan (FWD). Tingkat akselerasi dari 0-100 km per jam dapat ditempuh dalam waktu 9,5 detik dan top speed mencapai 202 km per jam. Volkswagen Tiguan memiliki tingkat ekonomi bahan bakar mencapai 21 mpg untuk di kota dan 26 mpg untuk di jalan tol.

Volkswagen Tiguan menggunakan Volkswagen Tiguan dilengkapi dengan fitur keselamatan dan kenyamanan seperti 3-Zone Climatronic AC, Cruise Control, kamera 360 Area View, Autonomous Driving, Park Assist System, dan Tire Pressure Brake System. Selain itu, terdapat pula fitur Electronic Parking Brake dengan Autohold, enam buah Airbags, dan isofix untuk keamanan tempat duduk penumpang anak-anak.

Selain itu, dilengkapi juga dengan fitur Volkswagen Active Info berupa display multi fungsi yang tersaji di layar 12.3 inci sehingga pengemudi dapat mengetahui berbagai informasi dari kendaraan, speedometer, dan odometer. Volkswagen Tiguan tersedia dalam beberapa pilihan warna seperti Candy White, Deep Black, Indium Grey, Reflex Silver, dan Silk Blue. Di pasaran, Volkswagen Tiguan dibandrol dengan harga sekitar Rp 630 juta.

Baca juga : Jenis Model Mobil Ferrari

5. Volkswagen Polo

Volkswagen Polo

Volkswagen Polo merupakan salah satu jenis Volkswagen yang masuk dalam kategori mobil Wagon atau Hatchback yang mulai diproduksi pada tahun 1975 sampai dengan sekarang. Volkswagen Polo termasuk mobil Volkswagen yang terlaris di dunia yang memiliki desain sporty dan dinamis sehingga sangat cocok untuk digunakan oleh generasi muda. Mobil ini hadir dengan grille bagian depan yang baru dan kaca insulasi panas pada bagian eksteriornya. Dengan roda berbahan logam, campuran 15 inci dan desain yang cantik, model ini terlihat menarik di jalanan.

Di Indonesia, Volkswagen Polo hanya tersedia dalam satu varian yaitu Volkswagen Polo 1.2 TSI AT yang menggunakan mesin petrol MPI 1.2 liter berkapasitas 1197 cc, 4-silinder yang mampu menghasilkan power maksimum mencapai 105 Hp dan torsi puncak mencapai 175 Nm dengan transmisi otomatis 7-speed Dual Clutch Gearbox (DCG) yang disalurkan ke roda penggerak depan (FWD)

Volkswagen Polo memiliki beragam fitur keselamatan dan keamanan yang standar meliputi Child Lock Door, empat Airbags, tiga point Seatbelt, fitur Anti Lock Braking System (ABS) untuk pengereman, Electronic Stability Control (ESC) dan Anti Slip Regulation untuk kestabilan mobil, Engine Drag Torque Control dan Electronic Differential Lock (EDL), Sensor Parkir, alarm mobil dan masih banyak lagi.

Selain itu, Volkswagen Polo juga dibekali dengan sistem audio baru RCD 340 G dengan fitur slot SD Card dan USB, iPod interface untuk dihubungkan ke smartphone. Panel Head Unit yang terhubung dnegan audio canggih ini dilengkapi dengan empat speaker. Terdapat pula Automatic AC Conditioning System dengan konfigurasi Climatronic yang dapat memberikan kesejukan untuk penumpang.

Interior mobil Volkswagen Polo ini memiliki kesan yang elegan. Pada kabinnya dilengkapi dengan fitur mewah dan beragam konektivitas untuk mendukung aktivitas penggunanya. Volkswagen Polo berkapasitas lima penumpang. Pada kursi bagian depan dapat diatur ketinggiannya sesuai dengan postur tubuh. Selain itu, terdapat fitur Arm Rest untuk tempat mengistirahatkan tangan. Pada bagian jok belakang dilengkapi dengan fitur pelipatan kursi untuk menampung kapasitas bagasi mobil yang awalnya 295 liter.

Volkswagen Polo tersedia dalam beberapa pilihan warna meliputi Pure White, Cornflower Blue, Deep Black, Flash Red, Reflex Silver, dan Gray Metallic. Di pasaran, Volkswagen Polo dibandrol dengan harga sekitar Rp 259 juta.

Nah itulah ulasan mengenai 5 jenis model mobil Volkswagen : mobil murah pilihan banyak orang. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close