Bisnis

√ Jenis Model Mobil Suzuki Yang Wajib Diketahui 2020

Tahukau.comJenis Model Mobil Suzuki – Suzuki telah berhasil menjadi salah satu brand yang sudah dikenal dunia terutama di industri otomotif khususnya mobil. Banyak berbagai macam produk mobil keluaran suzuki yang sudah tersebar di pasaran, khususnya di Indonesia mulai dari mobil yang dijual dengan harga murah dengan spesifikasi yang standar hingga mobil mewah lengkap dengan fitur-fitur yang canggih. Saking banyaknya jenis model mobil keluaran Suzuki, membuat orang-orang bingung harus membeli yang mana sehingga mereka harus mencari informasi terlebih dahulu terkait jenis-jenis model mobil Suzuki yang dapat mereka pilih. Nah untuk itu, berikut ini akan diulas secara singkat mengenai rekomendasi, 5 jenis model mobil suzuki yang wajib dimiliki. Maka dari itu, simak baik-baik ya ulasannya di bawah ini!

5 Jenis Model Mobil Suzuki

1. Suzuki Ertiga

Jenis Model Mobil Suzuki

Suzuki Ertiga merupakan salah satu jenis mobil Suzuki yang masuk dalam kategori MPV berkapasitas tujuh penumpang yang mulai diproduksi pada tahun 2012 sampai dengan sekarang. Suzuki Ertiga dikenal juga dengan nama Mazda VX-1 yang berbasis Low Cost Green Car (LOGC). Ada beberapa varian dari Suzuki Ertiga yang menggunakan sistem transmisi otomatis dan ada juga yang manual. Varian Suzuki Ertiga yang menggunakan transmisi otomatis 4-speed meliputi Suzuki Ertiga GL AT, Suzuki Ertiga GX AT, dan Suzuki Ertiga GX AT ESP. Sedangkan yang menggunakan transmisi manual 5-speed meliputi Suzuki Ertiga GA MT, Suzuki Ertiga GL MT, Suzuki Ertiga GX MT dan Suzuki Ertiga GX MT ESP. Semua varian Suzuki Ertiga menggunakan sistem penggerak yang sama yaitu roda penggerak depan (FWD).

Baca juga : Mobil Sport Murah

Spesifikasi mesin varian-varian Suzuki Ertiga ini hampir semuanya sama yaitu menggunakan mesin 1.4 liter berkapasitas 1462 cc 4 silinder bertipe K15B DOHC VVT yang mampu menghasilkan power maksimum mencapai 104 Hp pada putaran 6000 rpm dan torsi puncak mencapai 138 Nm pada putaran 4000 rpm. Tangki bahan bakar semua varian Suzuki Ertiga memiliki volume dan jenis yang sama yaitu bervolume 45 liter dengan jenis bahan bakar bensin. Konsumsi bahan bakar Suzuki Ertiga semua varian ini mencapai 16.73 km per jam untuk model transmisi otomatis dan 18.96 km per liter untuk transmisi manual. Kapasitas bagasi yang dimiliki mencapai 803 liter untuk semua varian Suzuki Ertiga.

Suzuki Ertiga dilengkapi dengan fitur keamanan yang dapat dikatakan cukup lengkap seperti Hill Hol Control untuk mencegah mobil mundur dan menjaga mobil tetap stabil ketika di jalan tanjakan. Selain itu, dilengkapi juga dengan fitur pengereman yaitu Anti Lock Braking System (ABS) yang dipadukan dengan fitur electronic Brake Force Distribution untuk mencegah terjadinya terkuncinya roda saat pengereman mendadak dan mampu menyalurkan besaran daya pengereman ke semua roda. Terdapat pula teknologi Door open Stoppers yang mencegah pintu dapat terbuka terlalu jauh.

Ada beberapa pilihan warna dalam Suzuki Ertiga meliputi Metallic Magma Grey, Pearl Snow White, Metallic Silky Silver, Prime Cool Back, Pearl Burgundy Red, Pearl Radiant Red, dan Pearl Glorious Brown. Di pasaran, Suzuki Ertiga dibandrol mulai dari harga Rp 196 juta sampai dengan Rp 241,5 juta tergantung variannya.

2.  Suzuki Jimny

Jenis Model Mobil Suzuki

Suzuki Jimny merupakan salah satu jenis mobil Suzuki yang masuk dalam kategori mobil SUV berkapasitas empat penumpang yang mulai diproduksi pada tahun 1969 sampai dengan sekarang. Suzuki Jimny sangat cocok digunakan untuk perjalanan di medan off-road. Pada tahun 2018, Suzuki Jimny menjadi salah satu pokok pembicaraan di dunia otomotif Indonesia dimana mobil ini merupakan mobil yang sangat populer di era 1980-1990 an.

Spesifikasi mesin untuk semua varian Suzuki Jimny dapat dikatakan sama yaitu menggunakan mesin 1.3 liter berkapasitas 1462 cc 4 silinder yang mampu menghasilkan power maksimum mencapai 102 Hp pada putaran 6000 rpm dan torsi puncak mencapai 130 pada putaran 4000 rpm. Kapasitas tangki bahan bakar yang dimiliki untuk semua varian mencapai 40 liter dengan jenis bahan bakar bensin.

Baca juga : Model Mobil Lexus

Ada beberapa varian dari Suzuki Jimny yang menggunakan sistem transmisi otomatis dan ada juga yang manual. Varian Suzuki Ertiga yang menggunakan transmisi otomatis 4-speed meliputi Suzuki Jimny AT dan Suzuki Jimny AT (2 Tone). Sedangkan yang menggunakan transmisi manual 5-speed meliputi Suzuki Jimny MT dan Suzuki Jimny MT (2 Tone). Semua varian Suzuki Jimny menggunakan sistem penggerak yang sama yaitu roda penggerak AWD.

Suzuki Jimny dilengkapi dengan teknologi Limited Slip Diferential (LSD) dan kontrol traksi wajib di semua variannya. Selain itu, ada juga fitur keamanan yang baik yaitu fitur Brake Force Control Device, fitur pengereman berupa Anti Locking Braking System (ABS) dan juga Electronic Brage Force Distribution (EBD). Terdapat pula sistem perlindungan aliran, Hil Hold Control, Hill Descent Control, dan sistem kontrol kecepatan.

Ada beberapa pilihan warna untuk Suzuki Jimny meliputi Silku Metallic, Superior White, Medium Gray, Bluish Black Pearl, dan Jungle Green. Adapula warna kombinasi atau two tone meliputi Kinetic Yellow, Chiffron Invory Metallic, dan Brisk Blue Metallic. Di pasaran, Suzuki Jimny dibandrol mulai dari harga Rp 315,5 juta sampai dengan Rp 330 juta tergantung variannya.

3. Suzuki Swift

Jenis Model Mobil Suzuki

Suzuki Swift merupakan salah satu  jenis mobil suzuki yang masuk dalam kategori wagon atau hatcback yang mulai diproduksi pada tahun 2000 sampai dengan sekarang. Suzuki Swift memiliki platform sama dengan Suzuki Baleno hatchback. Di Indonesia, Suzuki Swift memiliki beberapa varian yaitu Suzuki Swift 1.4 GX MT dan Suzuki Swift 1.4 GS MT yang menggunakan transmisi manual 5-speed serta Suzuki Swift 1.4 GS AT dan Suzuki Swift 1.4 GX AT menggunakan transmisi otomatis 4-speed.

Suzuki Swift menggunakan sistem penggerak yang sama yaitu roda penggerak depan (FWD). Spesifikasi mesin untuk semua varian Suzuki Swift dapat dikatakan sama yaitu menggunakan mesin mesin 1.4 liter berkapasitas 1373 cc 4 silinder bertipe DOHC ringan 16-Value yang mampu menghasilkan power maksimum mencapai 140 Hp pada putaran 5000 rpm dan torsi puncak mencapai 230 pada putaran 2500 rpm. Kapasitas tangki bahan bakar yang dimiliki untuk semua varian yaitu 37 liter dengan jenis bahan bakar bensin.

Baca juga : Model Mobil KIA

Suzuki Swift dilengkapi dengan suatu teknologi Mild Hybrid dengan memadukan Dual Jet Engine dan Motor Generator Unit. Ketika mesin dihidupkan, Motor Generator Unit akan digerakkan oleh baterai yang ada di dalam bagasi. Ketika digunakan pada kecepatan 60 km per jam, mesin konvensional akan hidup dan bekerja dan Motor Generator Unit akan berguna dalam menambah kecepatan. Namun jika digunakan pada kecepatan di bawah 60 km per jam, mesin konvensional akan berhenti dan Motor Generator Unit akan bekerja seperti dinamo yang menghasilkan listrik.

Suzuki Swift dilengkapi dengan fitur untuk keamanan dan keselamatan yang cukup lengkap meliputi fitur Dual SRS Airbags untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan ke depan, fitur Side Impact Beam untuk meredam benturan dan melindungi body samping mobil serta teknologi platform Total Effective Control Technology (TECT) pada body sistem untuk meminimalkan benturan yang terjadi. Selain itu ada juga fitur untuk pengereman berupa Anti Lock Braking System (ABS) untuk menghindari pengereman mendadak dan fitur Audi Control dan roda kemudi bertipe Telescopic Steering untuk mengatur tinggi rendah roda kemudi.  

Ada beberapa pilihan warna yang dimiliki Suzuki Swift meliputi Mineral Grey, Super Black Pearl, Pure White, Blue Metallic, Fiery Red, Burning Rad, dan Silver Metallic. Di pasaran, Suzuki Swift dibandrol mulai dari harga Rp 209,5 juta sampai dengan Rp 233,5 juta tergantung variannya.

4. Suzuki APV

Jenis Model Mobil Suzuki

Suzuki APV merupakan salah satu jenis mobil suzuki yang memiliki body van bertipe Low Multi Purpose Vehicle (MPV) sehingga membuat Suzuki APV sangat disukai oleh banyak orang karena banyak yang menjadikan Suzuki APV sebagai mobil multifungsi baik untuk mobil keluarga, mobil niaga maupun mobil komersial. Suzuki APV mulai diproduksi pada tahun 2004 sampai dengan sekarang yang berkapasitas tujuh sampai delapan orang dengan desain yang fleksibel sehingga dapat digunakan sebagai mobil apa saja sesuai dengan kebutuhan. Suzuki APV  hadir dalam dua varian mesin yaitu 1.5 liter dan 1.6 liter. Suzuki APV tersedia dalam dua varian yaitu Suzuki APV Arena dan Suzuki APV Luxury. Untuk Suzuki APV Arena tersedia dalam tipe GE2 PS yang menggunakan sistem transmisi 4-speed dengan sistem penggerak roda belakang (RWD). Sedangkan untuk Suzuki APV Luxury tersedia dalam tipe Suzuki APV S GX LUX2 R15. MT dan Suzuki APV S GX LUX2R17.MT yang menggunakan sistem transmisi manual 5-speed dengan sistem penggerak roda belakang (RWD).

Baca juga : Model Mobil Daihatsu

Baik Suzuki APV Arena dan Suzuki APV Luxury menggunakan mesin yang sama yaitu bertipe G15 1.5 liter berkapasitas 1495 cc  4 silinder, namun untuk performa tenaga yang dihasilkan sedikit berbeda. Untuk Suzuki APV Arena mampu menghasilkan power maksimum mencapai 94 Hp pada putaran 6000 rpm dan torsi puncak mencapai 126 Nm pada putaran 3000 rpm. Sedangkan untuk Suzuki APV Luxury mampu menghasilkan power maksimum mencapai 92 Hp pada putaran 6000 rpm dan torsi puncak mencapai 126 Nm pada putaran 3000 rpm. Semua varian Suzuki APV memiliki kapasitas tangki bahan bakar yang sama yaitu Kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 46 liter dengan jenis bahan bakar bensin dan berkapasitas bagasi 3400 liter.

Suzuki APV dilengkapi dengan fitur keselamatan yang standar meliputi Miliki Air Intake setinggi 101 mm dari tanah sehingga aman digunakan ketika melintasi genangan air, rangak body mobil menggunakan teknologi Tota; effectove Control Technology yang mampu meredam getaran akibat benturan. Selain itu, ada beberapa fitur lain seperti Keyless entry dan sabuk pengaman dengan Emergency Lock Retractor (ELR). Kekurangannya, Suzuki APV belum dilengkapi denga fitur keamanan Anti Lock Braking System (ABS) untuk mencegah roda terkunci ketika pengereman mendadak.

Suzuki APV memiliki beberapa pilihan warna. Untuk Suzuki APV Arena, pilihan warnanya meliputi Burgundy Pearl, Cool Black Metallic, Silky Metallic, Graphite Grey Metallic, dan Radiant Red. Sedangkan untuk Suzuki APV Luxury, pilihan warnanya meliputi Cool Black Metallic dan Pearl White. Di pasaran, Suzuki APV dibandrol mulai dari harga sekitar Rp 150 juta sampai dengan Rp 226,5 juta tergantung variannya.

5.  Suzuki Ignis

Jenis Model Mobil Suzuki

Suzuki Ignis merupakan salah satu jenis mobil Suzuki yang masuk dalam kategori Wagon atau hatchback dengan nuansa SUV ini akan mendapatkan pembaruan di bagian bumper, grille, jok, dan fitur keselamatan. Suzuki Ignis mulai diproduksi pada tahun 2000 sampai dengan sekarang berkapasitas empat sampai lima penumpang. Ada beberapa varian Suzuki Ignis yaitu Suzuki Ignis standar meliputi Suzuki Ignis 1.2 GL MT, Suzuki Ignis 1.2 GX MT, Suzuki Ignis 1.2 GL SE MT menggunakan sistem transmisi manual 5-speed dengan sistem roda penggerak depan (FWD) dan Suzuki Ignis sport edition meliputi 1.2 GL AGS, Suzuki Ignis 1.2 GX AGS, Suzuki Ignis 1.2 GL SE AT yang menggunakan sistem transmisi otomatis 4-speed dengan sistem empat roda penggerak (AWD).  Kedua sistem transmisi tersebut disebut dengan Auto Gear Shift (AGS).

Untuk spesifikasi mesinnya, baik variasi Suzuki Ignis standar maupun sport edition memiliki spesifikasi mesin yang sama yaitu menggunakan mesin berkubikasi 1.2 liter atau K12M berkapasitas 1197 cc 4 silinder DOHC VVT yang mampu menghasilkan power maksimum mencapai 82 Hp pada putaran 6000 rpm dan torsi puncak mencapai 113 pada putaran 4200 rpm. Kapasitas tangki bahan bakar yang dimiliki untuk semua varian mencapai 32 liter dengan jenis bahan bakar bensin dan kapasitas bagasi mencapai 469 liter untuk semua varian Tingkat konsumsi bahan bakar mencapai 23,44 km per jam.

Baca juga : Asuransi Mobil All Risk

Suzuki Ignis dilengkapi dengan beberapa fitur untuk menunjang performanya seperti fitur Keyless entry , Cutting Edge Meter Cluster, dan roda kemudi yang dibekali dengan Switch Control, tombol start/stop, Auto Climate A/C & heater, Audio Touch Screen,  untuk Suzuki Ignis tipe GX. Untuk fitur keselamatan dan keamanannya, Suzuki Ignis dilengkapi dengan teknologi Total effective Control Technology (TECT) yang mampu untuk meredam benturan. Pada varian Suzuki Ignis Sport Edition memiliki fitur dual SRS Airbags, fitur Anti Lock Braking System (ABS), fitur Electronic Brake Force Distribution (EBD) dan Isofix.

Suzuki Ignis tersedia dalam beberapa pilihan warna pada setiap variannya. Untuk varian Suzuki Ignis Standar, pilihan warnanya ada yang satu warna dan ada pula yang dua warna atau kombinasi. Untuk pilihan satu warna meliputi Glistening Grey Metallic, Artic White Pearl, Uptown Red Pearl, Midnight Black Peaarl, Silky Silver, Tinsel Blue Pearl.

Sedangkan untuk yang dua warna atau kombinasi meliputi  Uptown Red Pearl dan Midnight Black Pearl dan Tinsel Blue Pearl dan Midnight Black Pearl. Untuk varian Suzuki Ignis Sport Edition, pilihan warnanya cukup terbatas yaitu Tinsel Blue Pearl  dan Arctic Ehite Pearl untuk pilihan satu warna dan Uptown Red Pearl dan Midnight Black Pearl untuk pilihan dua warna atau kombinasi. Di pasaran, Suzuki Ignis dibandrol mulai dari harga Rp 144,5 juta sampai dengan Rp 175,5 juta tergantung variannya.

Nah itulah ulasan mengenai rekomendasi dari 5 jenis model mobil suzuki yang wajib dimiliki. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close