Bisnis

5 Jenis Model Mobil Mini Cooper : Pesona Mobil Mewah

Tahukau.com – Mungkin bagi kalian pecinta otomotif sudah tidak asing lagi dengan mobil jenis Mini Cooper. Mobil ini terkenal dengan bentuknya yang unik berukuran kecil yang mana membuatnya tampak berbeda dengan jenis mobil dari brand lain. meskipun bodynya terbilang imut, namun untuk harga mobil Mini Cooper termasuk jenis mobil premium dengan harga jualnya melebihi Rp. 500 juta rupiah di Indonesia. Mahalnya harga mobil tentunya sebanding dengan apa yang disematkan di dalam mobil Mini Cooper, mulai dari mesin yang bertenaga hingga fitur-fitur yang dilengkapi dengan teknologi canggih.

5 Jenis Model Mobil Mini Copper : Pesona Mobil Mewah

Di Indonesia, ada banyak tipe mobil Mini Cooper yang dipasarkan. Semua tipe Mini Cooper dibandrol dengan harga yang cukup mengosongkan kantong karena mobil Mini Cooper sebenarnya hanya dikhususkan untuk kalangan elit yang mengingkan mobil dengan desain unik namun tetap berkualitas dengan didukung kemewahan dan kecanggihan dari teknologi dan fitur yang disematkan. Nah, berikut ini akan diulas mengenai 5 jenis model mobil Mini Copper : mobil mini dan unik namun berharga mahal. Penasaran? Simak baik-baik ya ulasannya di bawah ini!

Baca juga : Jenis Model Mobil Nissan

1. Mini John Cooper Works

Mini John Cooper Works

Mini John Cooper Works merupakan salah satu jenis mobil Mini Cooper yang mulai diproduksi pada tahun 2018 sampai dengan sekarang. Mobil yang tersedia dalam dua pilihan kategori yaitu mobil mini dan convertible ini memiliki kapasitas empat penumpang. Mini John Cooper Works dikenal sebagai salah satu mobil Mini Cooper yang memiliki nilai unik dan detail yang cukup berbeda dibandingkan mobil lainnya. Mini John Cooper Works menjadi salah satu mobil yang memiliki tenaga sangat besar yang didukung dengan fitur canggih seperti mobil mewah lainnya.

Di Indonesia, Mini John Cooper Works tersedia dalam empat varian yaitu Mini John Cooper Works 3 Door, Mini John Cooper Works Convertible, Mini John Cooper Works Clubman, dan Mini John Cooper Works Countryman. Semua varian Mini John Cooper Works menggunakan mesin dengan kapasitas yang sama yaitu mesin 2.0 liter berkapasitas 1998 cc, 4-silinder, namun untuk hasil performanya berbeda. Untuk varian 3 Door mampu menghasilkan power maksimum mencapai 231 Hp dan torsi puncak 320 Nm. Untuk varian Convertible mampu menghasilkan power maksimum mencapai 228 Hp pada putaran 5200 rpm dan torsi puncak mencapai 320 Nm pada putaran 1250 rpm.

Sedangkan untuk varian Clubman dan Countryman mampu menghasilkan power maksimum mencapai 228 Hp pada putaran 5200 dan torsi puncak mencapai 350 Nm pada putaran 1250 rpm. Semua varian Mini John Cooper Works menggunakan sistem transmisi yang sama yaitu transmisi otomats 8-speed dengan sistem roda penggerak depan (FWD)

Mini John Cooper Works terkenal sebagai mobil yang memiliki kecepatan kencang dan cocok untuk digunakan balapan mobil. Hal itu tentunya didukung oleh beragam fitur keselamatan dan keamanan yang baik seperti fitur Stability Control, Traction Control, Brake Assist, Airbags bagian depan, atas, supir, lutut, penumpang, dan masih banyak lagi.

Mini John Cooper Works tersedia dalam beberapa pilihan warna seperti Midnight Black, Electric Blue, Emerald Grey, Solaris Orange, Melting Silver, Chili Red, dan Pepper White. Di pasaran, Mini John Cooper Works dibandrol mulai dari harga Rp 1,05 miliar sampai dengan Rp 1,28 miliar tergantung variannya.

Baca juga : Jenis Model Mobil Ferrari

2. Mini Countryman

Mini Countryman

Mini Countryman merupakan salah satu jenis mobl Mini cooper yang masuk dalam kategori mobil Wagon mini yang mulai diproduksi pada tahun 2010 sampai dengan sekarang. Di Indonesia, Mini Countryman tersedia dalam dua varian yaitu Mini Countryman Cooper dan Mini Countryman Cooper S.

Berbicara mengenai mesin, Mini Countryman menggunakan mesin yang berbeda. Untuk varian Mini Countryman Cooper menggunakan mesin 1.5 liter Mini TwinPower Turbo berkapasitas 1499 cc, 3-silinder yang mampu menghasilkan power maksimum mencapai 136 Hp dan torsi puncak mencapai 220 Nm dengan menggunakan tranmisi manual 6-speed. Sedangkan varian Mini Countryman Cooper S menggunakan mesin 2.0 liter Mini TwinPower Turbo berkapasitas 1988 cc, 4-silinder yang mampu menghasilkan power maksimum mencapai 192 Hp dan torsi puncak 280 Nm dengan sistem transmisi otomatis 8-speed. Semua varian Mini Countryman menggunakan sistem penggerak All Wheel Drive (AWD).

Mini Countryman memiliki desain yang cukup menarik. Bagian interiornya terlihat mewah dan nyaman dengan ruang belakang yang mengesankan yang memiliki spesifikasi desain luar tambahan. Pada bagian eksteriornya memiliki sentuhan dari John Cooper Works Aerodynamic Kit untuk tipe Cooper S. Performa dari Mini Countryman terlihat tajam yang dilengkapi dengan beragam fitur  keselamatan standar seperti fitur untuk pengereman berupa Anti lock Braking System (ABS) + Electronic Brake Force Distribution  (EBD) + Brake Assist, Cruise Control dengan Braking Control, Cornering Brake Control, seatbelt di semua jok dan airbags di 6 titik.

Mini Countryman termasuk varian Mini Cooper rakitan lokal Indonesia yang memiliki fitur berbeda dibandingikan dengan Mini Cooper impor secara Completely Built Up (CBU). Mini Countryman dibekali dengan fitur bagasi elektrik, fitur Picnic Bench di bagian belakang untuk tempat duduk. Selain itu, terdapat pula beberapa fitur modern dan canggih seperti fitur Park Distance Control, kamera pandangan belakang, Head up Display, John Cooper Works Aerodynamic Kit, Harman Kardon 12 loudspeaker HiFi System, dan masih banyak lgi.

Mini Countryman tersedia dalam beberapa pilihan warna seperti Melting Silver Metallic, Chestnut, Moonwalk Grey Metallic, Light White, British Racing Green Metallic, Chili Red,  Midnight Black, Blue dan Lapis Luxury Blue.  Di pasaran, Mini Countryman dibandrol mulai dari harga Rp 699 juta sampai dengan Rp 899 juta tergantung variannya.

Baca juga : Jenis Model Mobil Lexus

3. Mini Clubman

Mini Clubman

Mini Clubman merupakan salah satu jenis Mini Cooper yang masuk dalam kategori mobil Hatchback unik berkapasitas empat orang penumpang yang diproduksi mulai dari tahun 2008 sampai dengan sekarang. Mini Clubman hadir dengan desain klasik namun terlihat modern dengan interior yang mewah dan nyaman serta performa mesin dapat dikatakan cukup baik. Selain itu, ciri khas lainnya adalah pintu belakang mobil atau bagasi Mini Clubman dengan kapasitas bagasi 360 liter dapat dibuka seperti lemari.

Mini Clubman memiliki ukuran tidak se-Mini namanya. Di Indonesia, Mini Clubman tersedia dalam dua varian yaitu Mini Clubman Cooper dan Mini Clubman Cooper S dimana kedua varian tersebut menggunakan mesin yang berbeda. Untuk varian Mini Clubman Cooper menggunakan mesin 1.5 liter berkapasitas 1499 cc, 4-silinder TwinPower Turbo yang mampu menghasilkan power maksimum mencapai 136 Hp pada putaran 440 rpm dan torsi puncak mencapai 220 Nm pada putaran rpm dengan tingkat akselerasi dari 0-100 km per jam dapat ditempuh dalam waktu 9.1 detik dan top speednya 205 km per jam.

Sedangkan untuk varian Mini Clubman Cooper S menggunakan mesin 2 liter berkapaistas 1499 cc, 4-silinder yang mampu menghasilkan power maksimum mencapai 192 Hp pada putaran 5000 rpm dan torsi puncak mencapai 280 Nm dengan tingkat akselerasi dari 0-100 km per jam dapat ditempuh dalam waktu 7.1 detik dan top speednya 228 km per jam.

Semua varian Mini Clubman menggunakan sistem transmisi manual 6-speed dengan sistem penggerak All Wheel Drive (AWD). Semua varian Mini Clubman memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang berbeda. Untuk varian Clubman Cooper, tingkat efisiensinya mencapai 19.6 km per liternya dengan kapasitas tangki bahan bakar 48 liter. Sedangkan untuk varian Clubman Cooper S, tingkat efisiensinya mencapai 17.2 km per liternya dengan kapasitas tangki bahan bakar 48 liter.

Semua varian Mini Clubman dilengkapi dengan beragam fitur keselamatan dan keamanan yang cukup lengkap. Beragam fitur tersebut seperti fitur Anti lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), dan Cornering Brake Control untuk pengereman secara optimal, Dual SRS Airbags, Dynamic Traction Control (DTC) dan Dynamic Stability Control (DSC), Immobilizer, Keyless Entry, kamera belakang, Parking Assistant, sensor parkir depan dan belakang, dan masih banyak fitur lainnya.

Mini Clubman tersedia dalam beberapa pilihan warna seperti Pure Burgundy Metallic, Volcano Orange, Pepper White, Chili Red, Electra Blue, Melting Silver Metallic, Midnight Black, Moonwalk Grey Metallic, British Racing Green Metallic, dan Lapis Luxury Blue. Di pasaran, Mini Clubman dibandrol mulai dari harga Rp 699 juta sampai dengan Rp 899 juta tergantung variannya.

Baca juga : Jenis Model Mobil Porsche

4. Mini Cooper

Mini Cooper

Mini Cooper merupakan salah satu jenis Mini Cooper yang masuk dalam kategori mobil hatchback mini premium yang mulai diproduksi pada tahun 2000 sampai dengan sekarang. Dengan ukuran body yang mungil dan compact membuat penampilan Mini Cooper terlihat mencolok dibandingkan jenis mobil lain. Meskipun memiliki ukuran yang mungil, Mini Cooper ternyata dibesut dengan spesifikasi tinggi, teknologi, dan fitur canggih sehingga performanya khususnya performa mesinnya sangat bagus dan bertenaga.

Di Indonesia, Mini Cooper tersedia dalam dua varian yaitu Mini Cooper 3 Door dan Mini Cooper 5 Door. Kedua varian Mini Cooper menggunakan mesin dengan kapastas yang berbeda sehingga hasil performanya juga berbeda. Untuk varian Mini Cooper 3 Door menggunakan mesin berkapasitas 1498 cc, 3-silinder Inline yang mampu menghasilkan power maksimum mencapai 136 Hp dan torsi puncak mencapai 220 Nm dengan tingkat akselerasi dari 0-100 km per jam dapat ditempuh hanya dalam waktu 7.9 detik dan top speed menyentuh 210 km per jam.

Sedangkan untuk varian Mini Cooper 5 Door menggunakan mesin berkapasitas 1499 cc, 3-silinder Inline yang mampu menghasilkan power maksimum mencapai 136 Hp dan torsi puncak mencapai 220 Nm dengan tingkat akselerasi dari 0-100 km per jam dapat ditempuh hanya dalam waktu 7.8 detik dan top speed menyentuh 207 km per jam.

Semua varian Mini Cooper menggunakan sistem transmisi yang sama yaitu transmisi otomatis 6-speed dengan sistem roda penggerak depan (FWD). Untuk kapasitas tangki bahan bakar mencapai 40 liter dengan jenis bahan bakar bensin untuk semua varian. Untuk kapasitas penumpang, Mini Cooper 3 Door dapat memuat empat penumpang. sedangkan Mini Cooper 5 Door hanya dapat memuat lima penumpang.

Mini Cooper memiliki fitur berkendara yang cukup canggih karena Mini Cooper dibesut dengan MINI Driving mode yang dapat dikontrol sesuai dengan keinginan. MINI Driving Mode meliputi mode Green, Mid, dan Sport. Jika ingin menikmati performa tinggi, maka pilihlan mode Sport Driving.

Terdapat pula beragam fitur pilihan yang cukup lengkap seperti adanya tombol multifungsi dan radio depan layar touch screen 6.5 inci di semua varian Mini Cooper dimana layar touch screen tersebut menjadi panel instrumen yang dihubungkan melalui Bluetooth, Control Display, Radio Mini Visual Boost, sistem navigasi, Wireless Charging, audio device Harman Kardon, kamera tampak belakang, satelt radio, panoramic sunroof, display di atas kepala, dan navigasi.

Selain itu, Mini Cooper juga dilengkapi dengan beragam fitur keselamatan dan keamanan seperti fitur Dynamic Control (DTC) untuk mengendarai mobil di berbagai kondisi, MINI Driving Assistance, dan Cruise Control dengan kamera. Terdapat pula fitur Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Cornering brake Control, hingga Cruise Control dengan Braking Function untuk pengereman, Dual SRS Airbags, seatbelt di semua titik, Airbags di enam titik, dan masih banyak lagi.

Semua varian Mini Cooper tersedia dalam pilihan warna yang berbeda. Untuk varian Mini Cooper 3 Door tersedia pilihan warna meliputi Volcanic Orange, Melting Electric Blue, White Silver Metallic, British Racing Green, Deep Blue, Blazing Red Metallic, Moonwalk Grey Metallic, Midnight Black, dan Pepper White.

Sedangkan untuk varian Mini Cooper 5 Door tersedia beberapa pilihan warna meliputi White Silver Metallic, Pepper White, British Racing Green, Deep Blue, Blazing Red Metallic, Moonwalk Grey Metallic, Volcanic Orange, Green Forest, Electric Blue, Midnight Black dan Luxury Blue. Di pasaran, Mini Cooper dibandrol mulai dari harga Rp 720 juta sampai dengan Rp 750 juta tergantung variannya.

Baca juga : Jenis Model Mobil Mercedes Benz

5. Mini Cooper Paceman

Mini Cooper Paceman

Mini Cooper Paceman merupakan salah satu jenis mobil Mini Cooper yang tersedia hanya dalam satu varian yaitu Mini Cooper Paceman tipe standar. Mini Cooper Paceman menawarkan spesifikasi mesin yang canggih dan tangguh karena Mini Cooper Paceman menggunakan mesin 1.5 liter, 3-silinder dengan teknologi MINI TwinPower Turbo Engine yang mampu menghasilkan power maksimum mencapai 136 Hp dengan tingkat akselerasi dari 0-100 km per jam dapat ditempuh dalam waktu 8.1 detik dan top speed menyentuh 207 km per jam.

Mini Cooper Paceman dilengkapi dengan beragam fitur keselamatan dan keamanan berupa empat sensor pengereman Anti lock Braking System (ABS) dilengkapi dengan teknologi Cornering Brake Control (CBC) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD) untuk menjaga keselamatan pengendara  ketika mobil berhenti mendadak saat berada dalam kecepatan tinggi. Selain itu terdapat Airbags untuk pengemudi dan penumpang mobil. Di pasaran, Mini Cooper Paceman dibandrol dengan harga sekitar Rp 775 juta

Nah itulah ulasan mengenai 5 jenis model mobil Mini Copper : mobil mini dan unik namun berharga mahal. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat khususnya bagi Anda yang memiliki ketertarikan pada mobil Mini Cooper dan berniat membelinya bahkan mengkoleksinya.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close