BisnisTeknologi

5 Jenis Model Mobil Esemka : Mobil Rakitan Siswa SMK

Tahukau.comJenis Model Mobil Esemka – Di Indonesia, kita sudah terbiasa dengan produk-produk mobil keluaran brand Toyota, Honda, Daihatsu, Suzuki, dan sebagainya. Nah kini telah hadir produk mobil yang yang berasal dari pabrikan dalam negeri. Pabrik mobil tersebut dinamakan Esemka yang berasal dari hasil rakitan anak-anak bangsa yang berbakat dan berprestasi dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kita sebagai warga Indonesia tentunya sangat bangga terhadap anak-anak berprestasi tersebut karena dapat menghasilkan suatu produk mobil yang siap bersaing di pasaran mobil Internasional.

5 Jenis Model Mobil Esemka : Mobil Rakitan Siswa SMK

Esemka merupakan pabrik mobil yang berada di bawah naungan PT. Adiperkasa Citra Esemka Hero yang tergolong pabrik baru yang masih belum begitu banyak dalam memproduksi jenis mobil. Jenis mobil yang diproduksi oleh Esemka saat ini kebanyakan model SUV.  Mobil dari Esemka ini dikenal memiliki harga yang sangat terjangkau sehingga sangat cocok untuk kita yang memiliki budget minim. Akan tetapi, jika ditanya masalah kualitas, mobil dari Esemka cukup berkualitas dengan harganya yang cukup murah. Nah, untuk itu berikut ini akan diulas mengenai 5 jenis model mobil Esemka : mobil rakitan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Maka dari itu, simak baik-baik ya ulasannya di bawah ini!

Baca juga : Jenis Model Mobil Audi

1. Esemka Digdaya 1

Esemka Digdaya 1

Esemka Digdaya 1 merupakan salah satu jenis mobil Esemka yang masuk dalam kategori MPV yang dirakit oleh siswa SMKN 1 Singosari. Mobil Esemka Digdaya 1 disebut sebagai mobil multifungsi yang bisa digunakan untuk keluarga maupun niaga.

Mobil ini memiliki dua buah kabin sehingga dapat memuat tiga sampai empat penumpang dan bagian kabin belakangnya dapat digunakan untuk mengangkut barang seperti tas, koper, sepeda, dan lainnya.

Mobil Esemka Digdaya 1 tersedia dalam beberapa pilihan mesin yaitu mesin bensin dan mesin diesel. Untuk mesin bensin dengan kapasitas 1800 cc, 2000 cc, dan 2200 cc. Sedangkan mesin diesel dengan kapasitas 2500 cc.

Untuk mesin mobil Esemka Digdaya 1 dilengkapi dengan sektor pacu yang cukup mumpuni sehingga menghasilkan performa yang baik. Hal itu dikarenakan Esemka Digdaya 1 menggunakan mesin eks Timor berkapasitas 1500 cc.

Dalam perkembangannya, mobil Esemka Digdaya telah dikembangkan oleh beberapa SMK di seluruh Indonesia dan telah lahir varian terbaru dari jenis mobil ini yang bernama Esmeka Digdaya bermesin 2.0 L. Di pasaran, Mobil Esemka Digdaya 1 dibandrol dengan harga di bawah Rp 150 juta.

Baca juga : Jenis Model Mobil Mini Cooper

2. Esemka Bima 1.3 L

Esemka Bima 1.3 L

Esemka Bima 1.3 L merupakan salah satu jenis mobil keluaran Esemka yang masuk dalam kategori pick up ini dapat digunakan sebagai mobil niaga seperti usaha bidang jasa pengiriman barang atau perdagangan karena dapat memuat barang dalam jumlah yang banyak. Esemka Bima 1.3 L memiliki desain yang minimalis. Untuk spesifikasi mesinnya, Esemka Bima 1.3 L menggunakan mesin berkapasitas 1.3 liter yang dikenal cukup mampu membawa banyak muatan tanpa mengalami kendala. Mobil Esemka Bima 1.3 L dibandrol dengan harga sekitar Rp 60 juta sampai dengan 75 juta. Esemka Bima 1.3 L termasuk salah satu jenis mobil yang cocok untuk kalian yang memiliki budget kecil untuk keperluan membeli mobil.

Baca juga : Jenis Model Mobil Nissan

3. Esemka Rajawali R2

Esemka Rajawali R2

Esemka Rajawali R2 merupakan salah satu jenis mobil Esemka yang masuk dalam kategori SUV yang berasal dari pengembangan varian sebelumnya dengan mengembangkan kapasitas mesin menjadi lebih besar dari yang sebelumnya. Mobil ini sekilas memiliki tampilan seperti Toyota HiACE, namun untuk performa yang dihasilkan tentunya sangat jauh dari Toyota HiACE tapi tidak juga dikatakan buruk karena performa Esemka Rajawali R2 masih bisa dikatakan cukup baik dan tidak mengecewakan.

Mobil Esemka Rajawali R2 menggunakan mesin berkapasitas 1600 cc dengan kapasitas lima orang penumpang. Esemka Rajawali R2 sangat mengedepankan fitur-fitur keamanan seperti Anti lock Braking System(ABS) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD) untuk pengereman mendadak, Brake Assist (BA), dan Dual SRS Airbags. Esemka Rajawali R2 dibandrol dengan harga sekitar Rp 140 jutaan.

Baca juga : Jenis Model Mobil Ferrari

4. Esemka Digdaya 2.0

Esemka Digdaya 2.0

Esemka Digdaya 2.0 merupakan salah satu jenis mobil Esemka dengan dua kabin  yang memiliki kemiripan dengan mobil China Foday Lion F22 Pick-up. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan jika Esemka menjalin kerjasama dengan merk asal China tersebut. meskipun mereka bekerja sama, namun Esemka tetap menjaga kualitas dari jenis mobilnya sendiri.

Esemka Digdaya 2.0 menggunakan mesin diesel dengan kapasitas 2000 cc yang mamapu menghasilkan power maksimum mencapai 134 Hp pada putaran 4000 rpm dan torsi puncak mencapai 300 Nm pada putaran 2000 rpm. Esemka Digdaya 2.0 menggunakan sistem transmisi manual 5-speed dengan sistem penggerak 4×2. Penggunaan sistem penggerak 4×2 tersebut tidak menutup kemungkinan jika nantinya Esemka Digdaya 2.0 akan mengembangkan sistem penggerak yang dipakai sehingga nantinya akan muncul varian Esemka Digdaya 2.0 baru dengan menggunakan sistem penggerak 4×4. Kemunculan varian 4×4 tersebut diharapkan dapat bersaing dengan jenis mobil lainnya sekelas Toyota Hiltux, Mitsubishi Triton, dan sebagainnya.

Selain menggunakan mesin yang dapat dikatakan bagus, Esemka Digdaya 2.0 juga dilengkapi dengan beragam fitur seperti fitur untuk keselamatan yang cukup lengkap berupa adanya fitur Anti lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), dan rem cakaram plus booster untuk sistem pengeremannya. Terdapat pula sistem kemudi yang dilengkapi dengan Hydrolic Power Steering yang membuat pengendara maupun penumpang merasakan kenyamanan.

Selain itu, Pada suspensi depan Esemka Digdaya 2.0 dilengkapi dengan Double Wishbone dan pada suspensi belakang dilengkapi dengan Axle Rigis XLE RIGID serta didukung dengan sistem stabilizer yang menjadikan mobil Esemka Digdaya 2.0 semakin optimal ketika melewati medan dengan berbagai kondisi. Dengan kualitas mesin yang dimiliki serta cukup lengkapnya fitur yang ada, Esemka Digdaya 2.0 dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Esemka Digdaya 2.0 dibandrol dengan harga sekitar Rp 200 juta sampai dengan Rp 300 jutaan.

Baca juga : Jenis Model Mobil Honda

5. Esemka Garuda 1 2.0

Esemka Garuda 1 2.0
Esemka Garuda 1 2.0

Esemka Garuda 1 2.0 merupakan salah satu jenis mobil keluaran Esemka yang masuk dalam kategori SUV. Rilisnya mobil Esemka Garuda 1 2.0 diharapkan dapat bersaing dengan mobil SUV sekelas  Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport, namun untuk jenis mobil Esemka ini harganya jauh lebih murah.

Meskipun memiliki harganya lebih murah dari jenis mobil sekelas Fortuner dan Pajero Sport, namun kualitas dari mesin yang digunakan dapat menghasilkan performa yang cukup baik. Hal itu dikarenakan mobil Esemka Garuda 1 2.0 memiliki  penampilan yang hampir mirip dengan mobil asal China yaitu mobil Foday Landfort sama halnya dengan mobil Esemka Digdaya. Banyak yang mengatakan jika mobil Esemka Garuda 1 2.0 merupakan hasil rebranding dari mobil Fonday Landford.

Melihat adanya kemiripan tersebut, kemungkinan untuk spesifikasi mesin yang digunakan juga sama yaitu menggunakan mesin D19TCID1 Diesel Turbocharged 1.9 liter yang mampu menghasilkan power maksimum mencapai 100 Hp pada putaran 4000 rpm dan torsi puncak mencapai 300 Nm pada putaran 1800-2800 rpm. Mobil Esemka Garuda 1 2.0 dibandrol dengan harga sekitar Rp 209 jutaan.

Nah itulah ulasan mengenai 5 jenis model mobil Esemka : mobil rakitan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat khususnya bagi Anda yang sedang mencari mobil yang dijual denga harga murah.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close