Teknologi

√ Jenis-Jenis dan Spesifikasi Layanan Web Hosting

Web hosting adalah layanan yang mengonlinekan website atau disebut dengan aplikasi web di internet. Saat membeli dan mendaftar layanan web hosting, diibaratkan Anda meminjam sedang meminjam space di server. Yakni tempat menyimpan semua file yang dibutuhkan oleh sebuah website. Server berperan sebagai komputer fisik tanpa interupsi sehingga bisa diakses oleh siapa saja. Nah, web host bertugas menjaga server agar tetap aktif, mengamankan dari cyber berbahaya, serta memindahkan konten (teks, gambar, file) dari server ke browser pengunjung. Saat seseorang mengetikkan nama domain ke addres browser, host akan mentransfer semua file yang dibutuhkan. Lalu apa saja spesifikasi web hosting dan jenis-jenisnya? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Web hosting mempermudah Anda yang memiliki website untuk mengelola dan mengakses websitenya. Layanan ini menjadikan server website untuk tidak mudah down. Sehingga pengunjung internet bisa mengakses situs Anda dengan mudah dan lancar. Apalagi bagi seorang pebisnis online shop, layanan hosting akan memudahkan konsumen atau calon pembeli dalam mengakses online shop selama 24 jam penuh. Untuk layanan hosting berbayar, terdapat beberapa varian kapasitas sebesar 300 MB, 50 MB dan sampai ratusan GB. Selain server space untuk website, hosting juga menawarkan layanan hosting email, page builder, tool developer, layanan bantuan pelanggan (live chat), backup website otomatis, dan one-click software install (Wordpress atau Drupal).

Baca juga : Pengertian Hosting

Jenis-Jenis Layanan Web Hosting

1. Shared Hosting

√ Jenis-Jenis dan Spesifikasi Layanan Web Hosting
Shared Hosting

Shared hosting adalah tipe web hosting yang paling banyak dipakai. Paket shared hosting sangat cocok bagi pemilik website dan blog sederhana. Shared Hosting memungkinkan Anda berbagi server dengan klien lain di sesama provider hosting. Website yang dionlinekan di server terdiri dari memori, computing power, disk space, dan lainnya. Selain murah, Shared Hosting mudah digunakan bagi pemula karena memiliki control panel, maintenance, dan administrasi server yang baik. Sayangnya, konfigurasi server masih susah dikontrol dan traffic tinggi dari pengguna website lain.

Baca juga : Layanan Web Hosting Gratis

2. VPS Hosting

VPS Hosting
VPS Hosting

VPS (Virtual Private Server) memudahkan Anda berbagi server dengan pengguna lain. Tak perlu khawatir, sebab penyedia web hosting telah menyediakan bagian Anda sendiri di server. Ini berarti Anda sudah mendapatkan space server dedicated dan sejumlah power computing dan memory. Traffic website yang baik di VPS Hosting meningkatkan performa situs Anda. Selain mudah dikelola sendiri, scalability juga sangat mudah. Kekurangan VPS adalah sangat mahal dibandingkan dengan hosting lainnya.

Baca juga : Pengertian VPS Hosting

3. Cloud Hosting

Cloud Hosting
Cloud Hosting

Cloud hosting menjadi salah satu layanan hosting yang paling banyak disukai di pasaran sebab tidak adanya downtime. File dan resourcenya direplikasi pada setiap server dan sesuai dengan permintaan. Apabila salah satu server cloud sibuk, secara otomatis traffic situs di-route ke server lain. kekurangan Cloud Hosting adalah biaya yang sulit diperkirakan dan akses root yang jarang tersedia.

Baca juga : Pengertian Cloud Hosting

4. WordPress Hosting

WordPress Hosting
WordPress Hosting

WordPress Hosting adalah bentuk lain dari Shared Hosting yang dibuat bagi pengguna website WordPress. WorPress dilengkapi dengan installed plugin hal-hal penting seperti caching dan keamanan. Konfigurasinya sangat optimal dengan loading lebih cepat dan jauh dari masalah. Fitur tambahan dari WordPress Hosting yaitu tema WordPress pre-designed, drag-and-drop page builder, serta tool developer spesifik. Selain murah dan mudah digunakan oleh pemula, WordPress memiliki performa yang baik dengan customer support terkait dengan WordPress. Fasilitas lainnya adalah dengan plugin dan tema WordPress yang pre-installed. Kekurangan WordPress Hosting adalah hanya bisa digunakan oleh website. Masalah terjadi jika Anda banyak mengonlinekan banyak website di server, namun beberapa website dibuat tanpa WordPress.

5. Dedicated Hosting

Dedicated Hosting

Dedicated Hosting memiliki server fisik sendiri yang secara khusus didedikasikan pada situs Anda. Penggunaannya sangat fleksibel karena sistem operasi dan software dapat Anda konfigurasikan serta adanya setup aspek hosting yang Anda inginkan. Menyewa di Dedicated Hosting diibaratkan seperti memiliki server sendiri, namun di sini Anda dibantu oleh customer support yang handal. Selain itu, keamanan Dedicated Hosting pun sangat terjamin. Sayangnya, Dedicated Hosting mahal dan harus mengetahui pengetahuan teknis manajemen server sebelum menggunakannya.

Baca juga : Dedicated Server Hosting

Spesifikasi Layanan Web Hosting

Spesifikasi Layanan Web Hosting
Spesifikasi Layanan Web Hosting

Berikut adalah beberapa spesifikasi layanan yang terdapat di Web Hosting, antara lain:

  • Disk Space

Disk Space merupakan besar kapasitas hardisk penyimpanan server yang Anda gunakan. Semakin besar data yang tersimpan di server, penggunaan diskspase juga semakin banyak. Oleh karena itu, Anda harus memilih paket hosting dengan diskspace yang mampu mencukupi seluruh file, website, maupun update konten website Anda.

  • Bandwidth

Bandwith merupakan besar hitungan transfer data antara server hosting dengan komputer pengakses. Semakin banyak pengguna, maka bandwith juga semakin besar. Batas maksimal bandwith akan selalu direset dari 0 setiap bulannya. Pastikan bandwith bulanan Anda mampu menampung jumlah pengunjung bulanan.

  • Webmail

Webmail merupakan fitur pengelolaan email server hosting yang mengelola email masuk dan keluar serta menyimpan data email yang dimiliki. Fitur Webmail mampu berkirim pesan lewat email dengan akhiran nama domain Anda tanpa bergantung pada penyedia layanan email seperti gmail, yahoomail, dan sejenisnya.

  • Cpanel

Cpanel adalah control panel server hosting untuk mengatur fitur-fitur server hosting dengan tampilan GUI (Graphical User Interface) dengan gambar, icon, dan tulisan. Diibaratkan dengan smartphone, apabila smartphone merk A berbeda dengan smartphone merk B. Fitur-fiturnya pun sama dengan fitur panggilan, SMS, maupun kamera. Di control panel, pemula hosting bisa mengelola file website dengan mudah.

  • Teknologi

Anda harus memahami teknologi seperti apa yang dikelola mulai dari server Linux atau menggunakan windows. Apabila file dengan PHP, web hosting harus mendukung file PHP tersebut. Saat Anda menggunakan file JSP, ASP, Perl, dan lainnya, Anda harus teliti dalam memesan web hosting tersebut. Oleh karena itu, tanyakan langsung pada perusahaan Anda agar tidak salah membeli web hosting.

  • Support

Support dari layanan perusahaan web hosting adalah 24 jam penuh. Saat terjadi masalah dengan web, Anda bisa menanyakan langsung pada perusahaan hosting yang sudah Anda sewa.

  • Database

Jika Anda menggunakan website secara dinamis, pastikan perusahaan menyediakan layanan database. Selain itu, periksa jumlah database yang ditawarkan seperti My QSL, PostgreSQL, Access, dan sebagainya.

  • Backup

Perusahaan hosting juga harus dipastikan memiliki layanan backup atau tidak. Sebab, ada beberapa layanan hosting yang tidak memiliki layanan backup. Sehingga saat terjadi sesuatu, data Anda bisa hilang.

  • Skalabilitas

Saat memulai situs web baru, Anda harus benar-benar mengetahui kebutuhan spesifik Anda nantinya. Dengan membuat beberapa dugaan tentang banyak bandwith dan penyimpanan yang Anda perlukan, Anda bisa memastikan skalabilitas hosting tersebut.

Demikian ulasan lengkap penyedia web hosting, jenis-jenis web hosting, dan spesifikasi layanan web hosting. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close