Wisata

5 Gunung Terbaik di Indonesia Untuk Para Pendaki

Tahukau.comGunung Terbaik di Indonesia – Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki gunung terbanyak di dunia. Hal itu dikarenakan, Indonesia menjadi tempat bertemunya pegunungan Sirkum Pasific dan Sirkum Mediterania. Indonesia dikenal sebagai “Volcano Country” karena memiliki banyak gunung berapi aktif dan terletak di jalur cincin api yang merupakan jalur gunung berapi aktif yang sangat berbahaya di dunia. Meskipun demikian, hal tersebut memberikan kelebihan bagi Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain, yaitu pemandangan gunung yang sangat indah.

5 Gunung Terbaik di Indonesia Untuk Para Pendaki

Indonesia terdapat ratusan gunung dengan penorama yang indah yang tersebar di seluruh wilayahnya dengan jalur penjelajahan yang begitu menakjubkan. Beberapa diantaranya menjadi tujuan favorit para pendaki, baik pendaki dalam negeri maupun luar negeri. Pemandangan indah yang ada di gunung menjadi sebuah obat untuk menghilangkan kepenatan. Kadang banyak juga yang mendaki ke gunung untuk mencari sebuah inspirasi. Rasa lelah ketika melewati track pendakian akan terobati dengan pemandangan alam yang begitu memukai. Pemandangan padang rumput dan pepohohan yang hijau menjadi pemandangan yang sesekali membuat kita rindu dengan suasana pendakian. Nah berikut ini akan diulas mengenai 5 gunung terbaik untuk pendakian di Indonesia yang wajib dikunjungi. Maka, simak baik-baik ya!

Baca juga : Wisata Candi Terpopuler

1. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung terbaik untuk pendakian di Indonesia yang terletak di Nusa Tenggara Barat tepatnya di Pulau Lombok.  Gunung Rinjani menjadi salah satu incaran pendaki yang menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan sehingga dikenal sebagai wisata treckking terbaik di Asia Tenggara dan termasuk salah satu gunung tercantik di Indonesia. Gunung Rinjani masuk dalam kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Rinjani karena di sana terdapat padanga sabana cantik yang ditumbuhi bunga edelweis. Gunung Rinjani disebut sebagai gunung api tertinggi kedua di Indonesia yang berada di ketinggian sekitar 3.726 mdpl dengan jalur pendakian yang tergolong ringan hingga berat.

Jalur pendakian yang sering digunakan di Gunung Rinjani adalah jalur senaru dimana jalur tersebut sering digunakan untuk pendaki baik dari dalam maupun luar negeri. Pendakian dari jalur tersebut dilakukan dengan berjalan kaki melewati Senaru, Pelawangan Senaru, lalu Danau Segara Anak. Saat mendaki, pendaki dapat menikmati pemandangan alam yang sangat indah termasuk hutan dan kawasan bebatuan.

Di sepanjang jalur pendakian, terdapat beberapa pos istirahat. Untuk mencapai puncak Gunung Rinjani membutuhkan waktu pendakian sekitar 10-12 jam. Setelah berhenti di danau Sagara Anak, pendaki dapat beristirahan hingga pukul 02.00 pagi dan untuk menempuh ke puncak membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Pendakian yang tepat waktu, akan membuat pendaki dapat menikmati pemandangan matahari terbit dari puncak Gunung Rinjani. Dari semua keindahan yang ada di gunung Rinjani, Danau Sagara Anak adalah keindahan yang paling banyak dicari oleh pendaki. Danau yang berada di ketinggian sekitar 2000 mdpl ini merupakan permata paling indah yang ada di Gunung Rinjani.

Baca juga : Wisata di Bayuwangi

2. Gunung Semeru, Jawa Timur

Gunung Semeru, Jawa Timur

Gunung Semeru merupakan salah satu gunung terbaik untuk pendakian di Indonesia yang wajib dikunjungi yang terletak di Jawa Timur yang menjadi salah satu gunung tertinggi di pulau Jawa yang berada di ketinggian sekitar 3.676 mdpl. Gunung Semeru termasuk salah satu gunung yang sangat indah di Indonesia yang sempat dijadikan latar belakang film berjudul “5 CM”. Puncak Gunung Semeru dinamakan puncak Mahameru. Gunung Semeru masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang berada di antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Gunung Semeru menjadi salah satu daya tarik wisata di Jawa Timur yang memikat hati para pendaki sehingga Gunung Semeru termasuk gunung yang paling ramai dikunjungi. Kuota maksimak pendakian hanya sekitar 500 orang yang kadang membuat pendaki harus antri di Ranu Pani.

Gunung Semeru memiliki sebuah danau yang menjadi salah satu danau terindah di Indonesia yang bernama Ranu Kumbolo. Ranu Kumbolo menjadi permata paling indah yang berada di ketinggian 2.400 mdpl. Ranu Kumbolo menjadi markas para pendaki yang ingin melanjutkan ke puncak Mahameru.

Di depan Ranu Kumbolo terdapat Tanjakan Cinta yang sudah terkenal di kalangan para pendaki. Menurut kepercayaan, jika ada pendaki yang dapat melalui tanjakan ini tanpa menoleh ke belakang, maka kisah cintanya akan abadi. Kemudian ada Oro-Oro Ombo yang ditumbuhi bunga levender lengkap dengan lereng yang ditumbuhi pohon pinus. Selain itu, ada juga Kalimati yang merupakan sebuah padang ditumbuhi dengan bunga edelweis yang indah. Dengan semua keindahan yang dimiliki, wajar jika Gunung Semeru menjadi salah satu gunung incaran para pendaki baik dari dalam maupun luar negeri.

Untuk mencapai puncak Mahameru, ada dua Jalur Pendakian yang umum digunakan, yaitu

  • Melalui desa Ranu Pane untuk memberikan data dan laporan jika ingin mendaki ke Gunung Semeru. Jalur pendakian yang dimulai dari desa Ranu Pane termasuk jalur yang sering digunakan karena dianggap paling aman. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Watu Rejeng, Ranu Kumbolo, Oro-oro Ombi, Cemoro Kandang, Pos Kali Mati, Arcopodo, dan terakhir puncak Mahameru.
  • Jalur pendakian dari Ayek-ayek. Jalur ini sering digunakan oleh pendaki asli dari kawasan Semeru. Jalur ini sangat tidak disarankan karena dianggap berbahaya dengan kontur pendakian yang terjal dan curam. Selain itu, di jalur ini tidak dilengkapi dengan petunjuk arah sehingga banyak pendaki yang tersesat.

Baca juga : Wisata di Malang

3. Gunung Merbabu, Jawa Tengah

Gunung Merbabu, Jawa Tengah

Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung terbaik untuk pendakian di Indonesia yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Gunung yang berada di ketinggian sekitar 3.142 mdpl ini sebenarnya termasuk gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi dengan meninggalkan lima buah kawah yang indah diantaranya Condrodimuko, Kendang, Kombang, Rebab, dan Sambernyowo. Gunung Merbabu memiliki dua puncak yaitu puncak Syarif dengan ketinggian 3.119 mdpl dan Kentang Songo dengan ketinggian 3.142 mdpl.

Ada beberapa jalur pendakian di Gunung Merbabu yang dapat digunakan untuk mencapai puncak. Titik awal pendakian biasanya dimulai dari Cunthel, Wekas, Selo, dan Thekelan. Jalur awal pendakian yang terkenal adalah dari kawasan Selo yang berada di kawasan Boyolali. Gunung Merbabu bersatu dengan deretan pegunungan lain yaitu Gunung Merapi, Gunung Ungaran, dan Gunung Telomoyo. Hal itulah yang menjadikan Gunung Merbabu menjadi sangat indah.

Meskipun menyajikan keindahan, namun Gunung Merbabu memiliki beberapa mitos yang masih beredar sampai sekarang dan ditakuti oleh para pendaki. Beberapa mitos tersebut adalah adanya macan Merbabu yang kasat mata, adanya Watu Gubug yang bisa dilihat secara ghaib dan digunakan untuk berteduh, adanya setan yang minta gendong jika ada pendaki yang mengeluh, adanya pasar setan, dan di puncak Kenteng Songo ditemukan kerajaan ghaib yang berisikan pasar, prajurit, dan lainnya.

Baca juga : Wisata di Kota Yogyakarta

4. Gunung Papandayan, Jawa Barat

Gunung Papandayan, Jawa Barat

Gunung Papandayan merupakan salah satu gunung terbaik untuk pendakian di Indonesia yang berada di daerah Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung Papandayan termasuk salah satu gunung dengan pemandangan indah yang sering menjadi objek pendakian bagi pendaki baik dari dalam maupun luar kota. Gunung Papandayan berada di ketinggian 2.665 mdpl dengan kontur jalur yang landai, terjal hingga sangat curam. Namun kesulitan saat mendaki Gunung Papandayan akan terbayar setelah pendaki melihat uap yang keluar dari beberapa kawah diantaranya Kawah Mas, Kawah Nagklak, Kawah Baru, dan Kawah Manuk. Selain itu, pendaki akan melihat hamparan ladang bunga edelweis yang berada di kawasan Tegal Alun.

Baca juga : Wisata di Kota Pekanbaru

5. Gunung Kerinci, Jambi

Gunung Kerinci, Jambi

Gunung Kerinci merupakan salah satu gunung terbaik untuk pendakian di Indonesia yang termasuk dalam kategori gunung berapi di Indonesia. Gunung yang berada di ketinggian sekitar 3.805 mdpl ini terletak di perbatasan antara Provinsi Jambi dengan Provinsi Sumatera Barat yang mana masih aktif sampai sekarang.

Gunung Kerinci menjadi salah satu tempat mendaki terbaik di Indonesia. Gunung Kerinci masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Selain menyajikan keindahan, Gunung Kerinci menjadi tempat tinggal bagi binatang yang dilindungi seperti badak Sumatera dan harimau Sumatera. Selain itu, ada juga kebin teh yang berada di kaki Gunung Kerinci yang sekaligus dapat menikmati teh asli khas Gunung Kerinci.

Untuk jalur pendakian,  Gunung Kerinci tidak memiliki jalur alternatif. Semua pendaki yang ingin ke puncak Gunung Kerinci harus menempuh jalur umum yang biasa digunakan yaitu mulai dari desa Kresik Tuo (Kayu Aro)  untuk sampai ke puncak. Kemudian melewati Pintu Rimba, Simpang Macan, dan terakhir sampai ke puncak Gunung Kerinci. Sebelum mencapai puncak, biasanya pendaki akan melakukan penghormatan di tugu Yudha yang didirikan sebagai bentuk penghormatan untuk seorang pendaki yang hilang dan tidak pernah ditemukan yang bernama Yudha Sentika.

Nah itulah ulasan mengenai 5 gunung terbaik untuk pendakian di Indonesia yang wajib dikunjungi. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi kalian yang ingin mendaki ke beberapa gunung di Indonesia.  

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close