Umum

Gerhana Matahari Cincin Di Indonesia 21 Juni Nanti

Tahukau.com – Minggu 21 Juni 2020 nanti akan terjadi fenomena alam langka di Indonesia. Peristiwa alam langka tersebut adalah Gerhana Matahari Cincin Indonesia yang akan bisa disaksikan di beberapa wilayah dunia termasuk juga pada Indonesia. Gerhana Matahari kali ini mungkin akan menjadi Gerhana Matahari annular terdalam dan terpendek sepanjang tahun 2020 ini. Beberapa wilayah yang mungkin akan dilewati oleh Gerhana Matahari tersebut adalah Kongo, Ethiopia, Sudan Selatan, Oman, Yaman, India, pakistan, China dan juga Samudra Pasifik.

BMKG atau Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika sendiri juga sudah menjelaskan jika masyarakat Indonesia dapat menyaksikan Gerhana Matahari ini, namun sayangnya fenomena yang bisa dilihat dari tanah Indonesia hanya Gerhana Matahari Sebagian. Untuk wilayah Indonesia sendiri hanya beberapa daerah yang bisa menyaksikan peristiwa alam ini, hanya masyarakat yang tinggal di Pulau Jawa dan juga sebagian kecil dari Sumatera bagian selatan lah yang dapat menyaksikan peristiwa ini.

Gerhana Matahari Cincin Indonesia

Seperti yang sudah saya katakan diatas jika pihak BMKG sendiri juga sudah mengumumkan jika tidak seluruh wilayah di Indonesia bisa menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Cincin. Alasan kenapa tidak semua wilayah Indonesia bisa menyaksikan Gerhana Matahari Cincin Indonesia adalah karena nilai magnitudo gerhana matahari yang kurang dari nilai 0. Daerah mana saja yang bisa melihat peristiwa alam langka ini?

Daerah Yang Bisa Melihat Gerhana Matahari Cincin

Lalu daerah mana saja di Indonesia yang dapat menyaksikan peristiwa alam Gerhana Matahari Cincin ini? Mungkin itu adalah pertanyaan yang terlintas dalam pikiran anda. Bagi anda yang ingin mengetahui daerah mana saja yang dapat menyaksikan peristiwa Gerhana Matahari Cincin karena mungkin penasaran apakah daerah yang ditinggali termasuk dalam daftarnya, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa daerah yang dapat menyaksikan peristiwa alam Gerhana Matahari Cincin Indonesia.

Gerhana Matahari Cincin Indonesia kali ini diprediksi akan bisa disaksikan dan melewati 432 pusat kota atau kabupaten di 31 Provinsi Indonesia. Mengingat wilayah Indonesia sendiri berada di sebelah selatan dari jalur cincin, maka dengan begitu Matahari yang menutupi piringan bulan ketika puncak gerhana ialah sebelah kanannya. Saat puncak gerhana tersebut, besaran dari piringan matahari yang ditutupi piringan bulan tersebut akan bergantung pada magnitudo gerhana. Apa itu Magnitudo gerhana? magnitudo gerhana adalah perbandingan yang ada di antara diameter Matahari yang ditutupi piringan bulan ketika Puncak Gerhana terjadi dan juga diameter matahari keseluruhan.

Magnitudo Gerhana Matahari Indonesia ini berkisar 0,000 yang terjadi di Kepanjen, Jawa timur sampai 0,522 di Melonguane, Sulawesi Utara. Sedangkan pada 83 pusat kota lainnya yaitu ada dua kota di Bengkulu, 10 Kota di Jawa Tengah, Tujuh Kota di Lampung, Seluruh kota di Jawa Barat kecuali Indramayu, Tujuh Kota di Jawa Timur. Untuk Banten DIY, dan Jakarta tidak akan bisa menyaksikan peristiwa alam langka ini karena magnitudo gerhana yang kurang dari 0.

Waktu mulai gerhana yang ada di Indonesia diprediksi akan terjadi di Sabang, Aceh pukul 13.16. Sementara kota yang mungkin waktu mulai gerhana paling akhir ialah Kepanjen di Jawa Timur yang terjadi sekitar pukul 15.19. Sedangkan untuk daerah yang akan mengalami waktu puncak gerhana paling awal ialah Kota Sabang di Aceh yang diprediksi akan terjadi pukul 14.34. Sedangkan untuk kota yang mengalami waktu puncak gerhana paling akhir adalah Agats, Papua yang terjadi pukul 17.34.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close