Umum
Trending

Info Dari BMKG: Gempa bumi di Maluku dan Bengkulu

Tahukau.com – Indonesia lagi – lagi digemparkan dengan bencana gempa yang berada tepat pada Mukomuko Bengkulu. Gempa yang memiliki kekuatan magnitudo 5,5 ini telah di muktahkhirkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Rabu (10/6/2020).

Selain di Mukomuko Bengkulu, Gempa juga terdeteksi di daerah Maluku. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat muatan gempa tektonik terjadi kembali di daerah maluku Rabu (10/6/2020). Seperti yang diketahui gempa dangkal yang cukup kuat sehingga mencapai 6 magnitudo yang bersumber di dasarr laut berjarak 126 kilometer barat daya pulau buru. Peristiwa tersebut terjadi pada kemarin selasa siang pukul 11:56 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG bapak Rahmat triyono membeberkan bahwa lindu tersebut ialah jenis gempa dangkal. Gempa ini diakibatkan dengan adanya aktivitas subduksi (Mukomuko, Bengkulu). Menurut sumber dalam siaran BMKG “Dengan memperhatikan lokasi episenter dengan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi adalah jenis gempa bumi yang dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan yang naik (thrust fault)”.

Titik pusat gempa ini berada dengan kejauhan 28 kilometer barat daya Mokumoku, Bengkulu. Lokasi gempa berada tepat pada titik koordinat 2.73 (LS) Lintang Selatan, 100.91 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 24 Kilometer.

“Gempa dapat dirasakan dari pesisir selatan kota padang” Informasi didapatkan secara resmi oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Selain kota padang, Gempa bumi juga dapat dirasakan hingga lubuk Basukng, Padang Pariaman, Padang Panjang, dan bukit Tinggi.

Selain itu pada jam yang hampir sama pada hari ini 10:55 Waktu Indonesia Barat (WIB), Gempa berkuatan 5,0 Magnitudo terekam jelas dari dasar laut berjarak 211 kilometer sebelah barat laut dari maluku tenggara. Berdasarkan catatan gempa – gempa di atas 5,0 Magnitudo dari situs BMKG, gempa itu bersumber pada kedalaman166 Kilometer dan dinyatakan tidak berpotensi tsunami.

Namun untuk kalian tidak perlu khawatir mengenai gempa yang ada di daerah sekitar kalian. Tahukau.com memberikan sedikit tips cara menghadapi Ketika terjadinya bencana alam khususnya gempa bumi. Bagaimana caranya? Simak caranya dibawah ini.

1. Menyiapkan Mental

Gempa bumi merupakan musibah yang tiba secara seketika sehingga butuh mental yang lumayan kokoh buat menghadapinya. Salah satu metode buat menguatkan mental merupakan dengan menekuni ilmu pengetahuan menimpa musibah alam. Dengan kesiapan yang matang, kalian dapat mempersiapkan diri buat mengalami suasana musibah.

2. Berlindung dibawah benda yang kuat jika berada didalam rumah ataupun bangunan.

Jangan panik serta setelah itu berlari keluar. Cari meja ataupun tempat tidur serta berlindunglah di bawahnya. Jalani perihal di atas walaupun di ruangan tersebut banyak orang. Senantiasa proteksi kepala dengan bantal ataupun barang sejenis bila kalian tidak bisa menciptakan meja ataupun tempat tidur. Was- was benda- benda yang berisiko roboh semacam langit- langit rumah ataupun barang yang tergantung di tembok. Keluar memakai tangga darurat.

3. Jika kamu berada diluar bangunan, berlindung di dekat pepohonan atau bangunan yang kuat.

Hindari bangunan besar, tembok, papan reklame, tiang/ pusat listrik, serta tumbuhan. Cari tempat terbuka (contohnya lapangan). Jauhi benda – benda yang berisiko melukai semacam rak sampai jendela kaca.

Nah untuk cara diatas bisa kamu terapkan nih sebagai kewaspadaan terhadap bencana alam khususnya gempa saat terjadi di daerah kamu. Informasi gempa bumi diatas diambil dari berbagai sumber media factual seperti BMKG, Liputan 6 dan semacamnya. Jadi tidak perlu risau mengenai kebenaran tersebut. Namun untuk tipsnya itu dari mimin tahukau.com sendiri ya hehe. Sekian semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close