Wisata

√ 10 Gedung Tertinggi di Dunia yang Wajib Dikunjungi

Hampir setiap negara memiliki bangunan yang menjadi ikon atau Landmark dari negara tersebut. Salah satunya adalah gedung-gedung tinggi atau gedung pencakar langit.  Banyak negara-negara besar di dunia berlomba-lomba untuk membuat gedung-gedung tinggi dan berharap gedung-gedung tinggi tersebut dapat memecahkan rekor sebagai gedung tertinggi di dunia. Perlu diketahui bahwa pada tahun 2018 silam merupakan tahun yang monumental bagi pembangunan gedung pencakar langit untuk kategori supertall. Banyak sekali gedung-gedung tinggi di dunia, namun hanya ada beberapa yang masuk ke dalam daftar gedung tertinggi di dunia. Bagi kalian yang hobi traveling khususnya traveling ke luar negeri, wajib sekali untuk mengunjungi beberapa gedung yang menjadi ikon dari negara tersebut. Untuk itu, berikut ini akan jelaskan daftar gedung tertinggi di dunia yang wajib dikunjungi. Simak baik-baik ya!

1. Burj Khalifa, Dubai

√ 10 Gedung Tertinggi di Dunia yang Wajib Dikunjungi
Burj Khalifa-Dubai

Gedung yang terletak di Ibu kota Uni Emirat Arab yaitu Dubai ini merupakan hasil rancangan dari Skidmore, Owings, dan Merill LPP ini memiliki tinggi 828 meter dengan 163 lantai. Gedung yang dibangun dengan modal hingga US$ 1,5 Miliar atau sekitar Rp. 21,67 triliun ini difungsikan sebagai hotel, perkantoran, hingga residential. Nama gedung ini diambil dari nama Presiden UEA yaitu Sheikh Khalifa. Gedung ini dibangun mulai dari 6 Januari 2004 hingga 1 Oktober 2009. Perlu diketahui bahwa masih belum ada yang mengalahkan ketinggian dari Burj Khalifa ini karena mulai awal beroperasi yaitu pada tahun 2010 hingga sampai saat ini, Burj Khalifa menjadi gedung tertinggi di dunia yang memegang peringkat satu.

2. Shanghai Tower, Shanghai

Shanghai Tower, Shanghai
Shanghai Tower, Shanghai

Shanghai Tower merupakan salah satu gedung tertinggi kedua setelah Burj Khalifa yang terletak di kota Shanghai, China ini dibangun oleh arsitek Marshall Strabala dan Jun Xia sejak 29  November 2008 dan selesai pada 6 September 2014 yang terlihat seperti spiral jika mengalami pembiasan cahaya dari jendela . Shanghai Tower merupakan hasil rancangan dari Gensler yang diresmikan dan mulai beroperasi pada tahun 2015 yang berfungsi sebagai restoran, pertokoan, perkantoran, sky lobby, dan tempat wisata. Shanghai Tower tercatat memiliki tinggi mencapai 632 meter dengan 121 lantai dan juga terdapat sebuah museum di dalamnya. Pembangunan gedung ini menghabiskan dana mencapai 15,7 miliar Yuan China atau sekitar RP 32,97 triliun.

3. Makkah Royal Clock Tower, Mekkah

Makkah Royal Clock Tower, Mekkah
Makkah Royal Clock Tower, Mekkah

Makkah Royal Clock Tower merupakan gedung tertinggi ketiga setelah Burj Khalifa dan Shanghai Tower yang terletak di Arab Saudi berseberangan dengan Masjidil Al-Haram. Gedung yang memiliki tinggi 601 meter dan memiliki 120 lantai ini dikenal dengan nama Abraj Al Bait yang dikhususkan sebagai tempat akomodasi para jamaah haji. Makkah Royal Clock Tower memiliki bulan sabit dengan emas seberat 35 kilogram pada puncaknya dibangun oleh tim arsitek yang bernama Al-Handasah Architects pada tahun 2004 hingga 2012 yang menghabiskan dana mencapai US$ 15 Miliar atau sekitar RP 216 triliun.

4. Ping An Finance Centre, Shenzhen

Ping An Finance Centre, Shenzhen
Ping An Finance Centre, Shenzhen

Ping An Finance Centre menjadi gedung tertinggi keempat setelah Burj Khalifa, Shanghai Tower, dan Makkah Royal Clock Tower yang terletak di kota Shenzhen, China. Gedung yang memiliki tinggi mencapai 599 meter dengan 115 meter ini berfungsi sebagai gedung perkantoran. Desain Ping An Finance Centre seperti sebuah roket apabila terlihat dari jauh dimana gedung ini dibangun pada tahun 2010 dan diresmikan pada tahun 2017 yang menghabiskan dana sebesar US$ i,5 miliar atau sekitar Rp. 21,66 triliun.

5. Lotte World Tower, Seoul

Lotte World Tower, Seoul
Lotte World Tower, Seoul

Lotte World Tower merupakan gedung tertinggi kelima setelah Burj Khalifa, Shanghai Tower, Makkah Royal Clock Tower, dan Ping An Finance Centre  yang terletak di kota Seoul, Korea Selatan. Lotte World Tower memiliki tinggi mencapai 555 meter dengan 123 lantai yang digunaka sebagai perkantoran, hoter, dan pusat perbelanjaan. Konsep desain Lotte World Tower ini sangat unik karena adanya pengaruh dari kesenian dan kebudayaan tradisional Korea Selatan. Gedung ini dibangun pada 1 Februari 2011 yang menghabiskan dana sebesar 3,8 triliun Won Korea atau sekitar Rp. 46,18 triliun yang diresmikan dan mulai beroperasi pada 3 April 2017.

6. One World Trade Center, New York

One World Trade Center, New York
One World Trade Center, New York

One World Trade Center menempati posisi keenam sebagai gedung tertinggi di dunia setelah Burj Khalifa, Shanghai Tower, Makkah Royal Clock Tower, Ping An Finance Centre, dan Lotte World Tower yang dibangun dari bekas reruntuhan Gedung World Trade Center menjadi salah satu korban serangan pada 11 September 2011. Gedung yang memiliki tinggi mencapai 541 meter dengan 104 lantai ini terletak di kota New York, Amerika Serikat. One World Trade Center dibangun oleh seorang arsitek WTC yang bernama David Childs dengan desain berbentuk oktagon sempurna pada 27 April 2006 yang menghabiskan dana sebesar US$ 3,9 miliar atau sekitar Rp. 56,37 triliun.

7. CTF Finance Center, Guangzhou

CTF Finance Center, Guangzhou
CTF Finance Center, Guangzhou

Lagi-lagi gedung yang terdapat di China masuk ke dalam daftar gedung tertinggi di dunia. CTF Finance Center menempati posisi ketujuh sebagai gedung tertinggi di dunia setelah Burj Khalifa, Shanghai Tower, Makkah Royal Clock Tower, Ping An Finance Centre, Lotte World Tower, dan One World Trade Center yang terletak di pusat kota Guangzhou, China. CTF Finance Center memiliki desain seperti lipatan kertas dengan tinggi mencapai 530 meter dengan 11 lantai yang berfungsi sebagai hotel, kantor, dan apartemen. CTF Finance Center merupakan bagian dari perusahaan Hong Kong Chow Tai Fook Group yang didirikan pada 29 September 2009 dan mulai beroperasi pada Oktober 2016 dengan menghabiskan dana sebesar US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp. 21,67 triliun.

8. China Zun, Beijing

China Zun, Beijing
China Zun, Beijing

China Zun menempati posisi kedelapan sebagai gedung tertinggi setelah Burj Khalifa, Shanghai Tower, Makkah Royal Clock Tower, Ping An Finance Centre, Lotte World Tower, One World Trade Center, dan CTF Finance Center yang terletak di kota Beijing, China. China Zun menjadi salah satu gedung tertinggi di China yang digadang sebagai flagship building untuk Ibukota Tiongkok. Gedung dengan tinggi mencapai 528 meter dan 108 lantai ini dibangun pada 19 September 2011 yang menghabiskan dana sebesar US$ 3,78 miliar atau sekitar Rp 54,63 triliun. Desain China Zun sangat unik yaitu bagian lobby yang terletak di atapnya memiliki bentuk cekungan yang terinspirasi dari ornamen upacara tradisional khas Tiongkok.

9. International Commerce Center, Hongkong

International Commerce Center, Hongkong
International Commerce Center, Hongkong

International Commerce Center menjadi gedung tertinggi kesembilan setelah Burj Khalifa, Shanghai Tower, Makkah Royal Clock Tower, Ping An Finance Centre, Lotte World Tower, One World Trade Center, CTF Finance Center, dan China Zun yang terletak di Hong Kong, China. Gedung yang memiliki tinggi mencapai 484 meter dengan 118 lantai ini dibangun oleh tim arsitek MTR Corporation Limited dan Sun Hung Kai Properties pada tahun 2002 dan selesai pada tahun 2010 dengan menghabiskan dana hingga US$ 3,69 miliar atau sekitar Rp. 53,33 triliun. Keunikan yang dimiliki dari International Commerce Center yaitu adanya kolam renang yang terletak di lantai paling atas ( lantai 118). International Commerce Center berfungsi sebagai gedung perkantoran dan perhotelan.

10. Shanghai World Financial Center, Shanghai

Shanghai World Financial Center, Shanghai
Shanghai World Financial Center, Shanghai

Shanghai World Financial Center masuk ke dalam daftar gedung tertinggi di dunia yang menempati urutan kesepuluh yang terletak di kota Shanghai, China berdampingan dengan Shanghai Tower. Gedung dengan tinggi mencapai 492 meter dengan 101 lantai ini mulai dibangun pada 27 Agustus 1997 dan selesai pada tahun 2008 oleh William Pedersen yang menghabiskan dana mencapai US$ 1,2 miliar atau sekitar Rp 17,34 triliun. Keunikan dari Shanghai World Financial Center yaitu bentuknya sperti pembuka botol raksasa dengan lubang sebesar 164 kaki yang berfungsi sebagai pengurang tekanan angin.

Baca juga : Perdagangan Internasional

Demikian penjelasan mengenai 10 daftar gedung tertinggi di dunia yang wajib dikunjungi.  Semoga artikel ini bermanfaat dan impian Anda untuk mengunjungi gedung-gedung di atas dapat segera terwujud, Aamiin!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close