Umum

Gaji PNS Ke 13 Akan Segera Cair Bulan Agustus Ini!

Tahukau, – Gaji PNS ke 13 akan segera cair di bulan Agustus ini, gaji tambahan ini diberikan bagi pensiunan PNS dan juga militer sebagai tunjangan tambahan dari pemerintah.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Sri Mulyani akan mencairkan gaji ke-13 untuk para pegawai negeri sipil (PNS). Untuk waktunya rencana akan cair pada bulan Agustus 2020 ini.

Namun, karena alasan tertentu maka pencairan tersebut bisa lebih cepat dari yang dijadwalkan. Di mana, sebelumnya akan dijadwalkan sebelum pertengahan Agustus 2020.

Hal ini yang diminta pemerintah untuk segera mencairkan gaji ke 14 tersebut secepatnya, berikut fakta mengenai pencairan gaji ke 13:

1. Dipastikan akan Cair di Bulan Agustus 2020

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan untuk pencairan gaji ke-13 aparatur sipil negara (ASN) akan dilaksanakan pada tahun ini. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menjelaskan, jika gaji ke-13 akan cair pada bulan Agustus ini.

2. Pencairan Gaji ke-13 yang Dipercepat

Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Andin Hadiyanto, proses pencairan ini akan bisa dilakukan setidaknya sebelum pertengahan Agustus.

“Kami usahakan sebelum pertengahan Agustus, jika bisa lebih cepat, lagi” jelas Andin.

Baca juga: Rencana Pemerintah Beri Bantuan Bagi Pegawai Yang Gaji Dibawah 5 Juta!

Andin juga menerangkan, berkas gaji ke-13 PNS sudah diserahkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengenai revisi peraturan pemerintah (PP) tentang gaji ke-13.

“Semua berkas kami sudah serahkan ke Kementerian PANRB dan sekarang sedang diperiksa jika sudah disetujui baru kami cairkan,” paparnya.

3. Masuk ke Dalam APBN 2020

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan jika pembayaran gaji ke-13 PNS tersebut sudah masuk ke dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2020. Bertujuan untuk mendorong perkonomian Indonesia.

“Ini jadi sudah ditampung pada APBN 2020,” jelasnya.

4. Tidak Semua PNS Terima Gaji ke-13

Gaji ke-13 untuk para aparatur sipil negara (ASN) yang akan cair pada bulan Agustus 2020. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menerangkan, ada catatan khusus bagi yang menerima gaji ke-13.

Ia menjelaskan, tidak semua PNS mendapatkan gaji ke-13. PNS yang menerima gaji ke-13 yaitu mereka yang ada di bawah level pejabat negara, eselon I dan II dan setingkatnya.

Ia juga akan berkoordinasi dengan Kementerian PANRB dalam perubahan peraturan pemerintah. Hal ini diharapkan mampu selesai dalam 1-2 minggu kedepan.

Baca juga: Ini Dia Daftar Pegawai Bergaji Rp5 Juta Yang Akan Menerima BLT Cobid 19!

5. Pencairan yang Tidak Full

Gaji ke-13 yang diterima tidak akan dalam jumlah yang penuh, sama halnya dengan THR lalu. Komponen gaji ke-13 pada 2020, antara lain yaitu, gaji pokok dan tunjangan melekat yang terdiri dari tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan. Namun tidak termasuk tunjangan kinerja (tukin).

6. Tanggal Pencairan Belum Ditetapkan

Tanggal tepatnya pencairan gaji ke-13 belum diberitahukan sejauh ini. Direktur Jenderal Anggaran Askolani memberitahukan agar PNS bisa sabar menunggu pada bulan Agustus ini.

Karena, Pemerintah harus melakukan revisi Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2019. Mengenai Perubahan Ketiga tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas kepada PNS, prajurit TNI, Polri, Pensiun, dan Tunjangan.

7. Besaran Anggaran Gaji ke-13

Besarnya anggaran yang dicairkan untuk gaji ke-13 PNS yaitu sebesar Rp28,5 triliun sesuai dengan APBN 2020. Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan anggaran sebesar Rp28,5 triliun itu tersebar ke beberapa pos, seperti untuk aparatur sipil negara (ASN) pusat sebesar Rp14,6 triliun.

“Ini untuk gaji dan tunjangan yang melekat pada gaji di pusat sebesar Rp6,73 triliun, sedangkan untuk pensiunan gaji ke-13 sebesar Rp7,86 triliun,” ungkap Sri Mulyani dalam video virtualnya.

Namun, yang pasti gaji ke 13 tersebut akan segera dinikmati bagi PNS dan setingkatnya dalam waktu dekat ini.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close