Bisnis

Fungsi Badan Usaha Dalam Dunia Bisnis

Meskipun mendirikan badan usaha tidaklah perlu untuk setiap bisnis, namun keberadaan badan usaha ini sangat melindungi bisnis kita untuk waktu yang akan datang.

Sebenarnya mendirikan badan usaha itu sebagian langkah dari membangun bisnis kita ke arah yang lebih baik. Tetapi sekarang masih banyak pelaku bisnis yang masih enggan untuk mendirikan badan usaha, terutamanya untuk perusahaan kecil.

Karena banyak sekali manfaat mendirikan badan usaha untuk bisnis kita untuk waktu yang akan datang, seperti :

#1 Sebagai Perlindungan Hukum

Ketika Anda telah mempunyai badan usaha entah itu berupa PT, CV, Yayasan, Koperasi, itu berarti Anda telah mempunyai izin usaha. Nah, apabila bisnis sudah memiliki izin usaha berarti kalau sewaktu-waktu perusahaan Anda mendapatkan pengecekan dari pusat atau pihak berkuasa, Anda tidak perlu khawatir .

BACA JUGA: Bisnis Trend Dari Artis Ririn Ekawati

Sehingga perusahaan Anda pun dinilai valid serta tidak memperoleh ancaman penggurusan atau perombakan dari pihak terkait. Dampaknya akan membuat SDM yang bekerja di perusahaan Anda merasakan aman dan nyaman bekerja di perusahaan yang sudah legal.

#2 Sebagai Sarana Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Tahukah Anda jika bisnis kita telah mempunyai badan usaha (PT, CV, Koperasi, UD, dan sebagainya) akan mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan?

Karena pelanggan akan menganggap bisnis yang telah mempunyai badan usaha merupakan bisnis yang serius. Jadi ini sangat baik untuk Anda untuk mulai mengajukan pendirian badan usaha untuk bisnis Anda.

#3 Sebagai Media Promosi

Dalam proses pengajuan badan usaha, tentu ada rangkaian kegiatan yang mengulik tentang bisnis Anda. Secara tidak langsung ini membantu mengenalkan bisnis Anda kepada orang lain.

BACA JUGA: Untungnya Jadi Copywriting Yang Harus Kamu Ketahui

Tidak hanya saat proses pendirian badan usaha saja, namun paska memiliki BU, perusahaan Anda akan mempunyai embel-embel, seperti PT atau CV. Dan kaitannya dengan point ke dua, miliki badan usaha ini dapat digunakan sebagai sarana promosi yang menawan.

#4 Mempermudah Transaksi

Apabila perusahaan Anda menyediakan suplay barang untuk pihak lain atau semacamnya dan Anda mengikuti tender, maka dengan memiliki badan usaha ini akan memudahkan transaksi suatu proyek. Perlu Anda ketahui, suatu proyek apalagi yang ada hubungannya dengan pemerintahan, sangat selektif memilih perusahaan yang benar-benar legal.

Nah jika perusahaan Anda belum memiliki badan usaha, jangan berharap akan memperoleh kemudahan saat ada proyek-proyek dari beberapa kalangan skala besar.

#5 Akan Mudah Dalam Mengembangkan Bisnis

Setiap bisnis tentu ingin adanya pertumbuhan dan kemajuan. Salah satu faktornya yaitu dengan meningkatkan permodalan. Jika Anda telah memiliki badan usaha, maka mudah ketika akan mencari modal usaha tambahan. Selain itu akan makin mudah saat perusahaan akan kedatangan investor. Kelegalan perusahaan juga menjadi salah satu unsur bagi investor untuk menginvestasikan modalnya.

Itu beberapa manfaat membangun badan usaha buat bisnis Anda.

Selain itu, dengan miliki suatu badan usaha berarti menandakan jika perusahaan atau bisnis yang anda kerjakan telah sesuai ketentuan hukum yang berada di negara kita. Ini merupakan salah satu bentuk kedisiplinan usaha.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close