Film

Deretan Film Indonesia yang Dapat Dijadikan Sumber Inspirasi

Kita ketahui bahwa film merupakan salah satu media hiburan bagi kita disaat sedang bosan. Tahukah kamu jika film juga dapat dijadikan sumber inspirasi bagi kehidupan. Biasanya film-film yang dapat menginsiprasi banyak orang bertemakan tentang kisah hidup tokoh-tokoh yang dinilai memiliki kisah yang sangat menginsiprasi atau juga film-film tersebut dikatakan sebagai sumber inspirasi banyak orang karena film tersebut mengajarkan nilai-nilai positif yang baik bagi kehidupan. Nah untuk itu, berikut ini Deretan Film Indonesia yang Dapat Dijadikan Sumber Inspirasi. Simak baik-baik ya!

1. Habibie dan Ainun (2012)

Deretan Film Indonesia yang Dapat Dijadikan Sumber Inspirasi
Habibie dan Ainun (2012)

Film yang menceritakan tentang kisah hidup nyata Presiden BJ. Habibie dan Istrinya, Ainun yang mana diperankan oleh Reza Rahardian sebagai Habibie dan Bunga Citra Lestari sebagai Ainun. Film yang rilis pada 20 Desember 2012 ini mengangkat lika-liku kehidupan yang dilalui Habibie dan Ainun dimulai dari kehidupannya di Jerman, pengorbanan yang dilakukan, sakit hingga godaan harta dan kekuasaan yang menghampiri kehdupan mereka. Film ini masuk dalam daftar film Indonesia yang sangat menginspirasi karena dalam film ini mengajarkan arti pengorbanan dan cinta sejati yang harus dijunjung tinggi.

Film ini memiliki sequel yang berjudul Rudy Habibie yang tayang tahun 2016, dan di tahun 2019 ini akan tayang seri ketiga dari film habibie dan Ainun.

Baca juga : Daftar Film Terbaik

2. Haji Backpaker (2014)

Haji Backpaker (2014)
Haji Backpaker (2014)

Film yang tayang di bioskop Indonesia pada 2 Oktober 2014 ini menceritakan tentang Mada (Abimana) yang berhasil menemukan kedamaian dalam hidupnya setelah mendekatkan diri pada Tuhan dan menemukan makna indah dibalik ajaran-ajaran agama Islam. Konflik dalam film ini yang sangat menginspirasi adalah ketika Mada menyadari jika dirinya tetap berada di bawah perlindungan Tuhan meskipun dia mengalami kejadian-kejadian buruk yang membuatnya berada di jalan yang tidak benar dan sempat melupakan Tuhan dan ajaran agamanya.  

3. 5 CM (2012)

5 CM (2012)
5 CM (2012)

Film yang tayang di bioskop Indonesia pada 12 Desember 2012 ini menceritakan tentang 5 orang sahabat yang sudah 15 tahun menjalin pertemanan. Hubungan pertemanan yang sangat lama membuat mereka merasakan kejenuhan dalam kehidupan pertemanan mereka sehingga mereka memutuskan untuk mendaki salah satu puncak tertinggi di Gunung Semeru. Ketika dalam perjalanan menuju puncak, banyak rintangan yang menghadap mereka. Akan tetapi mereka tetap berjuang sekuat tenaga hingga dapat menancapkan bendera merah putih. Sebuah film yang mengajarkan arti sebuah cinta, pengorbanan, impian, dan tantangan hidup.

Baca juga : Daftar Film Jepang

4. Laskar Pelangi (2008)

Laskar Pelangi (2008)

Film yang rilis pada 25 September 2008 di bioskop Indonesia ini mengajarkan bahwa sebagai seorang guru wajib untuk berkorban dan memberikan hidupnya untuk anak-anak yang berada di tempat terpencil yang terletak di ujung Indonesia untuk meraih cita-cita dan masa depan yang gemilang. Dari film ini juga mengajarkan terkait semangat untuk menuntut ilmu meskipun tinggal di tempat yang sangat terpencil. Meskipun keadaan yang sangat sederhana, tetapi mereka tetap berjuang meraih impian dan cita-cita.

5. Surat Kecil Untuk Tuhan (2011)

Surat Kecil Untuk Tuhan (2011)
Surat Kecil Untuk Tuhan (2011)

Film ini tayang pada 7 Juli 2011 yang menceritakan tentang perjuangan seorang gadis remaja bernama Gita dalam melawan kanker ganasyang dideritanya. Gita yang masih duduk di bangku sekolahan harus berjuang melawan rasa sakit dari penyakit yang dideritanya. Kisah dari perjuangan gadis kanker ini sangat menginspirasi bagi kalian terutama bagi yang masih sekolah. Meskipun dengan penyakitnya, Gita tetap berjuang dan tidak pernah berputus asa untuk menggapai masa depannya dan kebahagiaan orang-orang di sekitarnya.

6. Soekarno (2013)

Soekarno (2013)
Soekarno (2013)

Film yang rilis pada 11 Desember 2013 ini mengangkat kisah hidup salah satu tokoh hebat di Indonesia yaitu Ir. Soekarno, Presiden pertama di Indonesia sekaligus Bapak proklamator kemerdekaan Indonesia. Film ini menceritakan awal mula Soekarno berganti nama, semua usaha yang dilakukannya, serta peristiwa pembacaan teks proklamasi yang dilakukan pada tanggal 17 Agustus 1945. Banyak sekali pesan moral yang dapat diambil dari film ini. film ini dapat dijadikan sumber inspirasi dan motivasi yang sangat layak untuk ditonton terutama anak-anak remaja.

7. Merry Riana : Mimpi Sejuta Dollar (2014)

Merry Riana : Mimpi Sejuta Dollar (2014)

Film yang tayang pada 24 Desember 2014 ini merupakan salah satu film yang diangkat dari kisah nyata dari seorang yang bernama Merry Riana yang berhasil meraih satu juta dollar pertama diusia 26 tahun. Film ini menceritakan tentang kisah Merry riana yang terpaksa mengungsi ke Singapura karena kondisi bangsa yang sedang kacau. Di Singapuran, dia harus berjuang untuk menyelesaikan kuliahnya dan berusaha untuk sukses. Film ini sangat cocok untuk ditonton oleh anak-anak remaja karena mengandung nilai-nilai perjuangan yang harus direalisasikan di dalam kehdupan.

8. Jenderal Sudirman (2015)

Jenderal Sudirman (2015)
Jenderal Sudirman (2015)

Film yang tayang pada 27 Agustus 2015 ini mengangkat kisah tentang seorang pahlawan nasional yang bernama Jenderal Sudirman yang semasa hidupnya memiliki penyakit paru-paru dan hanya memiliki satu paru-paru saja. Film ini menceritakan perjalanan Jenderal Sudirman ke Sekatan dan memimpin pasukan selama 7 bulan.

Film ini mengajarkan untuk tetap semangat dalam kehidupan terutama untuk membela negaranya meskipun memiliki keterbatasan yang bisa saja dapat menghilangkan nyawa. Film ini memberikan suntikan motivasi bagi penontonnya karena semangat yang dimiliki Jenderal Sudirman patut untuk di contoh.

9. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)
Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Film yang tayang pada 9 April 2015 mengangkat kisah salah satu pahlawan nasioanal yang bernama Tjokroaminoto. Film ini menceritakan tentang perjuangan Tjokroaminoto dalam mendirikan Sarekat Islam yang mana merupakan organisasi pertama yang terbesar pada waktu itu. Sarekat Islam itu dinilai menjadi awal mula perjuangan Indonesia dalam melawan penjajahan.

10. Pertualangan Sherina (2000)

Pertualangan Sherina (2000)
Pertualangan Sherina (2000)

Film yang tayang pada 7 Juni 2000 ini mengajarkan arti persahabatan dengan tetap berbuat baik terhadap orang yang membenci kita. film ini menceritakan tentang dua orang anak yang awalnya bermusuhan di sekolah, kemudia mereka berdua diculik dan akhirnya menjadi sahabat. Film ini termasuk genre film musikal yang sangat cocok ditonton anak-anak karena menunjukkan sifat berani, saling memaafkan, semangat bekerja sama, dan cara untuk bersikap baik pada semua orang.

11. Alangkah Lucunya Negeri Ini (2010)

Alangkah Lucunya Negeri Ini (2010)
Alangkah Lucunya Negeri Ini (2010)

Film yang tayang pada 15 April 2010 ini mengajarkan pentingnya sifat pantang menyerah dalam melakukan suatu perubahan ke arah yang lebih baik. Film ini menceritakan seseorang yang bernama Muluk (Reza Rahardian) yang memiliki pekerjaan yang tidak baik yaitu menghitung uang copetan. Meskipun pekerjaan yang dilakukannya termasuk ke dalam tindak kriminal, tetapi Muluk tetap memiliki niat yang baik yaitu menyisihkan uang-uang copetan secara diam-diam untuk mendidik para pencopet agar memiliki nasib yang baik. Akhirnya usaha yang dilakukan oleh Muluk berhasil sehingga teman-temannya pun memiliki pekerjaan dan kehidupan yang baik.

Baca juga : Situs Download Drama Korea

12. Negeri 5 Menara (2012)

Negeri 5 Menara (2012)

Film yang merupakan adaptasi dari novel ini sangat cocok untuk ditonton terutama untuk seseorang yang memiliki profesi guru. Film ini menceritakan tentang seorang guru yang penuh dengan ide-ide untuk memotivasi murid-muridnya. Tidak hanya memotivasi untuk menjadi orang sukses, tapi juga mendukung setiap passion yang dimiliki murid-muridnya. Film ini mengajarkan bahwa seorang guru harus dapat menajdi guru yang inspiratif, kreatif, dan terbuka karena hal tersebut dapat berpengaruh pada kondisi kelas maupun murid sehingga mereka akan semakin giat untuk belajar dan memiliki rasa percaya diri di setipa mimpi yang mereka miliki.

Baca juga : Daftar Film Horor Terbaik

Nah itulah ulasan terkait Deretan Film Indonesia yang Dapat Dijadikan Sumber Inspirasi. semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan selamat menonton film-film tersebut.!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close