Business

Kisah Sukses Pendiri Traveloka Ferry Unardi

Tahukau.comKisah Sukses Pendiri Traveloka Ferry Unardi – Anda pasti tahu Traveloka, bukan? Traveloka adalah salah satu perusahaan start up yang berada di Indonesia. Situs ini menyediakan pemesanan tiket pesawat, hotel, dan berbagai fasilitas lainnya. Tak hanya di Indonesia, negara lain seperti Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Singapura juga bisa menikmati layanan tersebut. Kini, nilai perusahaannya mencapai lebih dari US$ 1 miliar dengan jumlah karyawan lebih dari 1.200 orang. Sejumlah kucuran dana dari perusahaan asing di atas US$ 1 miliar pun dimiliki oleh Travoloka. Di balik kejayaan Traveloka, ada sosok CEO hebat, yakni Ferry Unardi. Bagaimana kisah sukses pendiri Traveloka? Berikut ulasannya untuk Anda!

Baca juga : John Riady

Biografi Ferry Unardi

Biografi Ferry Unardi

Ferry Unardi lahir di Padang tanggal 16 Januari 1988. Lulus dari Sekolah Menengah, Ferry melanjutkan pendidikan di Purdue University jurusan Computer Science dan Engineering. Setelah lulus S1, Ferry bekerja di Microsoft sebagai software engineer. Suatu ketika, ia merasa suntuk dengan pekerjaannya dan memutuskan untuk travelling ke China. Tidak diduga, ide cemerlang pun datang. Yakni ide membangun bisnis industri travel dan penerbangan. Meskipun ia seorang insinyur software engineer, pria 30 tahun tersebut kurang percaya diri dalam membangun bisnis start up. Pendidikan S2 di Harvard University menjadi keputusan selanjutnya. Bidang start up yang ia pilih adalah mesin pencarian tiket pesawat sebab ia sulit memesan tiket pesawat ke Indonesia. Hal tersebut kemudian memunculkan ide pencarian tiket pesawat yang mudah, fleksibel, dan modern.

Baca juga : Sudono Salim

Perjalanan Panjang Traveloka

Perjalanan Panjang Traveloka

Tahun 2012, Ferry meluncurkan Traveloka yang fokus pada platform flight search dan aggregator penerbangan  bersama dengan dua orang sahabatnya, yaitu Derianto Kusuma dan Albert Zhang. Seiring berjalannya waktu, terjadi masalah penerbangan dan transaksinya. Para pelanggan Traveloka saat itu merasa tidak puas karena mereka masih harus menggunakan layanan lain untuk membeli tiket. Hingga pada akhirnya, Traveloka mengembangkan perusahaannya menjadi salah satu platform pelayanan transaksi juga. Yakni pada pertengahan tahun 2013, Traveloka juga menyediakan pemesanan tiket secara online. Tantangan selanjutnya adalah bagaimana mengelola tim yang awalnya berjumlah 8 orang, bertambah menjadi puluhan orang bahkan ratusan orang. Sebagai perusahaan baru, banyak hal yang harus dilakukan termasuk membentuk budaya perusahaan dan membangun sebuah manajemen perusahaan yang kompak dan solid. Permasalahan lain yang muncul adalah belum banyaknya maskapai penerbangan yang mau bekerja sama dengan Traveloka. Mengingat saat itu, Traveloka masih belum banyak diminati banyak orang. Akan tetapi, Ferry memiliki rasa optimis tinggi dan tak pantang menyerah. Ia terus berusaha meyakinkan berbagai perusahaan maskapai penerbangan. Tak hanya itu, Ferry pun terus memperbaiki layanan pelanggan (customer service) yang bisa digunakan oleh para pengguna untuk mengajukan pertanyaan maupun kritik dan saran.

Baca juga : Ala Alatas

Perjalanan Panjang Traveloka

Berbagai strategi yang ia jalankan tak ada yang sia-sia bahkan terus membuahkan hasil. Ia bersama timnya percaya, jika pelayanan kepada pelanggan terus bagus bahkan ditingkatkan, maka saat itu pula orang-orang akan tertarik dan akhirnya datang. Dan lihat, sekarang Anda bisa memilih berbagai jenis penerbangan apapun yang Anda butuhkan melalui Traveloka. Reservasi tiket pesawat, kereta api, dan hotel pun bisa Anda cari disini. Kini, Traveloka telah menduduki peringkt Alexa 150 di Indonesia dengan jutaan pageview per bulannya. Kabarnya perusahaan ini mempunyai nilai valuasi sebesar Rp 26,2 triliun dengan kunjungan website sekitar 16,5 juta orang setiap bulan. Ferry Unardi bersama dengan Nadiem Makarim, William Tanuwijaya, dan Ahmad Zaky masuk ke dalam majalah Globe Asia tahun 2018. Ia diperkirakan memilki kekayaan sekitar 145 juta dollar atau setara dengan Rp 2,09 triliun rupiah. Kekayaan tersebut didapatkan dari kepemilikan saham di Traveloka.

Baca juga : Rudy Salim

Kelebihan Menggunakan Traveloka

Kelebihan Menggunakan Traveloka

Mengapa Anda harus menggunakan Traveloka? Apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memesan tiket melalui Traveloka? Berikut adalah beberapa kelebihan Traveloka yang bisa Anda peroleh, antara lan:

1. Data Para Pengguna Aman

Berbeda dari lembaga lainnya, Traveloka menjadi salah satu layanan yang sangat aman. Semua data para user terlindungi dan tidak akan disebar ke pihak lainnya. Tak hanya perlindungan data, keamanan semua transaksi yang dilakukan oleh user terjamin aman di Traveloka.

2. Dikelola Oleh Orang-orang Terbaik

Orang-orang dibalik Traveloka adalah para lulusan universitas ternama di Indonesia maupun luar negeri. Orang-orang yang mengelola Traveloka adalah para lulusa dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Curtin University, Purdue University, University of Postdam, Stanford University, hingga Harvard University. Dari latar belakang pendidikan tersebut, mereka mampu berinovasi dan terus mengembangkan layanan Traveloka menjadi semakin maju setiap harinya.

3. Waktu yang Tepat

Traveloka muncul saat internet yang berada di Indonesia sedang berkembang pesat. Hal ini membuat perusahaan ini mendapat keuntungan sendiri. Perkembangan transaksi online yang semakin lama semakin maju membuat masyarakat berharap jika segalanya bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Jika sebelumnya, Anda harus datang ke kantor agen penjulaan tiket secara langsung, kini Anda bisa melakukan proses pembelian tiket pesawat hanya dari rumah bahkan mulai awal pemesanan sampai melakukan pembayaran.

4. Mudah dan Praktis

Tak hanya pembelian tiket pesawat, tiket kereta api dan booking hotel bisa Anda lakukan dengan mudah melalui Traveloka.com. Prosesnya yang mudah dan cepat mampu membuat Anda bisa menghemat waktu dan tenaga. Proses pembelian tiket pesawat bisa Anda lakukan saat makan siang, jalan-jalan, bahkan saat sedang bersantai di rumah bersama keluarga.

5. Pilihan Pembayara yang Bervariasi

Traveloka menyediakan jenis-jenis pembayaran yang begitu beragam hanya demi kemudahan konsumennya. Pembayaran bisa Anda lakukan melalui ATM, Mandiri Clickpay, kartu kredit, BCA Klikpay, CIMB Click, Mandiri eCash dan lainnya. Yang terpenting adalah metode pembayaran termudah menurut Anda. 

4. Harga yang Disediakan Sangat Murah

Tak hanya pembayarannya yang mudah, Traveloka juga menawarkan harga termurah dibandingkan dengan agen penjualan tiket online yang menjadi pesaingnya. Berbagai harga maskapai favorit bisa Anda bandingkan sendiri melalui website resmi Traveloka.com. Harga tersebut bisa murah karena Traveloka tidak memberikan biaya transaksi kepada konsumen. Jadi, pengguna atau konsumen hanya membayar tiket pesawat yang dipesannya saja.

5. Inventori Hotel

Kelebihan lainnya adalah Traveloa memiliki ribuan hotel di Indonesia yang bisa dipesan dengan mudah. Inventori Traveloka sudah berpusat di kota-kota besar seperti Bali, Bandung, Balikpapan, Lombok dan sebagainya. Sangat beragam, bukan?

5. Siap Selama 24 Jam Penuh

Perkembangan traffic pemesanan tiket yang dilakukan konsumen semakin lama semakin maju, Traveloka selalu berusaha menawarkan pelayanna terbaiknya. Anda bisa menghubungi Customer Service yang selalu siap siaga selama 24 jam penuh setiap harinya saat Anda kesulitas selama proses transaksi atau mengadukan hal-hal lainnya.

Baca juga : Irwan Mussry

Perkembangan Traveloka semakin hari memang semakin berkembang saja. Saat ini, Traveloka sedang mengembangkan layanan Paylater dimana Anda bisa memesan keperluan wisata dengan cara angsuran atau cicil. Layanan ini sangat cocok bagi Anda yang tidak memiliki kartu kredit. Strategi ini dibilang sangat cerdas sebab target pasar yang dijangkau bisa semakin luas. Demikian ulasan lengkap mengenai Traveloka dan semoga bermanafaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close