Wisata

Fakta Unik Dibalik Danau Kelimutu, Menakjubkan!

Tahukau.comFakta unik dibalik Danau Kelimutu yang tidak banyak orang ketahui, danau yang dikenal dengan panorama dan juga keeksotisannya memukau membuat danau ini menjadi satu dari danau yang menarik untuk dikunjungi. Danau yang disebut dengan danau Tiga Warna Kelimutu ini berada Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Sebelumnya danau ini tertutup untuk umum semenjak pandemi covid 19 terjadi. Namun mulai tanggal 11 Juli lalu wisata danau ini sudah mulai dibuka kembali. Tentu saja banyak antusias dari pengunjung dengan dibukanya wisata danau ini, karena banyak orang yang ingin menikmati keindahan juga menghilangkan rasa jenuh selama masa pandemi berlangsung.

Namun, tahukah kamu dibalik keindahan danau ini, ternyata ada beberapa fakta menarik yang bisa kamu ketahui. Diantara fakta unik dibalik danau Kelimutu ini yaitu sebagai berikut:

Fakta Unik Danau Kelimutu

Jika kamu ingin berkunjung ke danau ini, maka perlu tahu beberapa fakta menarik seputar danau yang sering berganti warna sesuai dengan artinya:

1. Perubahan Warna Pada Danau Ada Jadwalnya

Fakta unik dibalik dana Kelimutu pertama yaitu dalam perubahan warna air di danau tersebut memiliki jadwalnya lho. Menurut Kepala Balai TN Kelimutu, biasanya perubahan danau terjadi sekitar bulan Februari – Maret.

Namun pada saat itu, air dalam “Tiwu Ata Polo” bisa mengalami perubahan warna pada bulan Desember 2018 lalu dari yang sebelumnya berwarna hijau toska berubah ke warna hijau tua atau daun. Dan bahkan selama beberapa hari pernah menjadi hijau dominan kecoklatan.

Perubahan warna sering terjadi karena adanya perubahan pada aktivitas vulkanik, geologi, dan juga faktor dari luar seperti adanya hujan dan matahari. Hal ini yang mempengaruhi komposisi kandungan air di dalam danau ini.

Baca juga: 5 Wisata Indah Di Danau Toba, Patut Dikunjungi

2. Danau Yang Memiliki Tiga Warna

Nama dari “Danau Tiga Warna” ini disebutkan pada danau yang berada di puncak Gunung Kelimutu karena memiliki tiga warna yang berbeda – beda. Seiring berjalannya waktu, dimana warna – warna tersebut senantiasa berubah. Sekarang ini, Danau Kelimutu memiliki air yang berwarna hijau, putih, dan merah.

Dan warna tersebut bisa berubah lagi menjadi warna lainnya seiring dengan perubahan tersebut di atas. Hal inilah yang membuat danau ini menjadi menarik dan juga unik.

Perubahan warna Danau Kelimutu telah dicatat sudah terjadi sebanyak 44 kali mulai tahun 1915 – 2011. Danau “Tiwu Ata Polo” menjadi danau yang paling sering mengalami perubahan warna unik.

3. Kegiatan Upacara Adat dan Persembahan

Masyarakat daerah sekitar percaya jika Danau Tiga Warna ini merupakan tempat sakral dan keramat, selain itu juga danau ini selalu memberi kesuburan pada daerah sekitarnya.

Dan kebiasaan masyarakat di sana selalu mengadakan upacara adat sebagai tanda syukur. Masyarakat memberi persembahan berupa hasil bumi kepada arwah nenek moyang yang ada di danau tersebut.

Danau Kelimutu yang berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu NTT. Untuk mencapai tempat wisata tersebut, para wisatawan harus menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 45 km dari Ende, atau 13 km dari Kampung Moni untuk sampai ke lokasi.

Perjalanan bisa dilanjutkan dengan cara berjalan kaki kurang lebih memakan waktu 30 menit dari desa terdekat sebelum mencapai pintu gerbang Taman Nasional Kelimutu.

Harga tiket yang ditawarkan agak berbeda antara wisatawan lokal dengan wisatawan mancanegara yaitu Rp 20.000 per orang untuk wisatawan lokal, dan wisatawan mancanegara sebesar Rp 150.000 per orang.

Baca juga: 5 Wisata Sunrise Di Bali, Paling Mempesona!

4. Cerita Legenda Dibalik Warna Danau

Danau Kelimutu yang terkenal memiliki legenda yang cukup melekat sampai sekarang. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, warna yang ada di danau tersebut memiliki arti, dan kekuatan alam tersendiri.

Seperti warna biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” dipercaya menjadi tempat berkumpul arwah dari orang yang meninggal pada usia muda.

Sedangkan untuk warna merah atau “Tiwu Ata Polo” diyakini sebagai tempat berkumpul arwah dari orang yang semasa hidupnya kerap berbuat jahat dan buruk.

Sementara kepercayaan danau dengan warna putih “Tiwu Ata Mbupu” yaitu tempat berkumpulnya para arwah leluhur yang meninggal saat usia.

Baca juga: 5 Rekomendasi Wisata Pantai Romantis Di Jogyakarta, Patut Dikunjungi!

Dan satu hal yang perlu diingat, saat wisata danau ini mulai dibuka, maka pemberlakuan protokol kesehatan juga diberlakukan. Dengan mengharuskan pengunjung memakai masker, mencuci tangan dan juga menjaga jarak aman saat berwisata.

Nah, itu dia tadi beberepa fakta unik dibalik danau Kelimutu yang patut kamu ketahui, semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close