Umum

Erick Thohir : Pengusaha Sukses Dalam Dunia Bisnis

Banyak figur-figur pengusaha sukses Indonesia yang  menuai kesuksesan di usianya yang masih sangat muda. Mungkin banyak dari sebagian orang yang masih belum mengetahui sosok pengusaha yang satu ini. Nama dan karirnya melambung tinggi dan menjadi perbincangan khusus di kalangan pecinta sepak bola ketika dia resmi membeli dan menjadi pemilik klub sepak bola yaitu Inter Milan yang berbasis di Italia. Siapa lagi kalau bukan Erick Thohir.

Erick Thohir : Pengusaha Sukses Dalam Dunia Bisnis
Erick Thohir : Pengusaha Sukses Dalam Dunia Bisnis

Erick Thohir merupakan salah satu pengusaha yang menuai kesuksesan di usianya yang muda, baik di bidang bisnis, media, maupun olahraga. Terlebih lagi, dia menjadi sosok insiratif bagi semua orang. meskipun terlahir dari keluarga pebisnis, bukan berarti jalan yang dilaluinya mudah, malahan sebaliknya. Ia masih perlu mengeluarkan usaha yang keras untuk mencapai kesuksesannya hingga sampai saat ini. Nah untuk itu, melalui artikel ini akan dibahas mengenai informasi  secara lengkap yang berkaitan dengan biografi hingga karir dari Erick Thohir: sosok pengusaha yang sukses dalam dunia bisnis dan olahraga. Berikut penjelasannya!

Baca juga : Edwin Soeryadjaya

Biografi Erick Thohir

Erick Thohir : Pengusaha Sukses Dalam Dunia Bisnis
Erick Thohir : Pengusaha Sukses Dalam Dunia Bisnis

Nama  : Erick Thohir

Tempat/Tanggal Lahir : Jakarta, 30 Mei 1970 (49 Tahun)

Agama : Islam

Orang Tua : Teddy Thohir (Ayah) dan Edna Thohir (Ibu)

Saudara : Garibaldi Thohir dan Rika Thohir

Istri : Elizabeth Tjandra

Anak : 1. Mahatma Arfala Thohir,
2. Mahendra Agakhan Thohir,
3. Makayla Amadia Thohir
4. Magisha Afryea Thohir

A. Kehidupan Pribadi

Erick Thohir : Pengusaha Sukses Dalam Dunia Bisnis

1. Lahir dari keluarga pebisnis

Erict Thohir merupakan salah satu pengusaha di Indonesia di bidang media dan entertainment yang lahir di Jakarta 30 Mei 1970. Dia merupakan putra dari pasangan Teddy Thohir dan Edna Thohir. Erick Thohir memiliki dua saudara kandung yaitu satu kakak perempuan yang bernama Hireka Vitaya atau Rika Thohir dan satu kakak laki-laki yang bernama Gibaraldi Thohir atau Boy Thohir. ErickThohir merupakan pendiri dari Mahaka Grup yang terdiri dari berbagai macam  unit seperti di bidang penyiaran, bidang stasiun televisi, bidang media luar ruang, bidang penerbitan, bidang digital, dan berbagai macam bisnis lainnya seperti bidang olahraga dan hiburan.

Saudaranya yang bernama Garibaldi Thohir atau yang biasa dikenal dengan nama Boy Thohir  juga merupakan salah satu pengusaha batu bara yang sukses dan masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia peringkat ke 37 versi majalah Forbes tahun 2014 lalu. Kesuksesan yang diraih oleh kakak beradik ini dapat dikatakan meneruskan jejak dari sang ayah yang mana selama hidupnya juga di kenal sebagai pengusaha ternama. Perlu diketahu bahwa ayah dari Erick Thohir merupakan salah satu  pemilik grup Astra International bersama William Soeryadjaya.

2. Pendidikan

Erick Thohir berhasil menyelesaikan pendidikan sarjana( Bachelor of Arts) di Glendale University, Amerika Serikat. Kemudian melanjutkan program master di Universitas Nasional California, Amerika Serikat dan lulus pada tahun 1993 yang  mengambil jurusan Business Administration.

3. Menjalin persahabatan dengan Sandiaga Uno

Perlu diketahui bahwa Erick Thohir dan Sandiaga Uno telah bersahabat sejak mereka masih duduk di bangku SD (Sekolah Dasar). Dari bangku SD hingga bangku SMA mereka tetap satu sekolah. Menurut Sandi, sosok Erick Thohir saat msih muda merupakan sosok yang memiliki mimpi bahwa industri yang akan berkembang dengan pesat di dalam maupun luar negeri adalah bidang olahraga. Mimpi dari Erick Thohir nampaknya menjadi kenyataan. Awalnya Erick mencoba berinvestasi di cabang olahraga basket dan sepak bola dan berhasil sehingga dia dapat dikatakan sebagai salah satu pengusaha yang sukse di kedua bidang ini.

Semasa kuliah, mereka berdua mencoba membangun usaha bersama. Meskipun kuliah di Universitas yang berbeda, namun keduanya memiliki minat yang besar di bidang bisnis yang mana hal tersebut membuat kedekatan mereka semakin erat.

Baca juga : Ahmad Sahroni

B. Karir Bisnis Erick Thohir

Erick Thohir : Pengusaha Sukses Dalam Dunia Bisnis
Erick Thohir : Pengusaha Sukses Dalam Dunia Bisnis

1. Pendiri Mahaka Grup

Sekembalinya ke Indonesia dari menempuh pndidikan di luar negeri, Erick Thohir mengawali karir bisninya dengan mendirikan sebuah perusahaan media bernama Mahaka Grup bersama dengan Muhammad Lutfi, Wisnu Wardhan, dan E. Harry Zulnardy. Saat itu, Erick agaknya belum memahami betul terkait dunia bisnis karena belum banyak memiliki pengalaman di dunia bisnis, kemudian dia meminta bantuan dari sang ayah dan wartawan senior yang bernama Jakob Oetama dan Dahlan Iskan agar dibimbing dalam memahami dunia bisnis. Pada tahun 2001, usahannya tersebut menuai kesuksesan dan Mahaka Grup mengakuisisi harian Republika yang mana saat itu sedang mengalami krisis keuangan dan terancam bangkrut. Erick Thohir berhasil menjabat sebagai Presiden Direktur PT Mahakan Media hingga 30 Juni 2008. Setelah itu menjabat sebagai Komisioner sejak Juni 2010 hingga sampai saat ini. Selain itu, Erick juga menjabat sebagai Ketua Komite Konten dan Industri aplikasi untuk Kamar Dagang Industri.

Perlu diketahui bahwa PT Mahaka Grup ini berhasil membeli Harian Indonesia dan diterbitkan ulang dengan nama Sin Chew-Harian Indonesia, dengan konten editorial dan pengelolaan dari Sin Chew Media Corporation Berhad yang berbasis di Kuala Lumpur, Malaysia. Kemudian, media tersebut dikelola oleh salah satu mitra dari Mahaka Grup yaitu PT Emas Dua Ribu. Pada tahun 2009, Mahaka Grup berhasil berkembang di dunia bisnis dan menguasai majalah a+, Parents Indonesia, dan Gorl Digest. Sementara untuk dunia bisnis media surat kabar, Mahaka Grup berhasil memiliki Republika dan Sin Chew Indonesia. Selain mengembangkan di dunia media surat kabar, Erick Thohir juga mengembangkan bisnisnya di bidang stasiun tv dan radio. Terbukti dengan adanya Jak Tv dan beberapa channel radio seperti Gen 98.7 FM, Prambors FM, Delta FM, dan Female FM menjadi bukti dari kesuksesan Erick Thohir. Di samping itu, Erick Thohir juga memiliki usahan di bidang perikanan, jual beli tiket, serta desain situs web. Dia juga merupakan pendiri organisasi amal “Darma Bakti Mahaka Foundation” dan menjadi Presiden Direktur VIVA grup dan Beyond Media.

Dari awal, Erick Thohir sangat tertarik untuk mengembangkan bisnis di bidang olahraga terutama olahraga basket. Dia memiliki cita-cita menjadikan olahraga tak hanya sebagai hobi, melainkan juga lahan untuk membuka bisnis yang menguntungkan, baik bagi atlet maupun pemilik klub tersebut. Oleh karena itu, dia mendirikan sebuah klub Bola Basket Mahaka Satria Muda Jakarta dan Mahaputri Jakarta. Selain itu, dia pernah menjabat sebagai Ketua Umum PERBASI periode 2006 sampai dengan 2010. Kemudian menjabat sebagai Presiden Asosiasi Bola Basker Asia Tenggara (SEABA) selama 2 kali yaitu periode 1 pada tahun 2006 sampai dengan 2010, periode 2 pada tahun 2010 sampai dengan 2014. Pada tahun 2012, Erick dipercaya menjadi Komandan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade London tahun 2012.

2. Pemilik DC United dan Philadelphia 76ers

Pada tahun 2012, Erick Thohir bersama dengan Lavien menjadi pemilik saham  di alah satu klub sepak bola profesional di Amerika Serikat yang berada di Washington, DC. Klub tersebut bernama DC United yang pernah berkompetisi di Major League Soccer. Erick Thohir juga dikenal sebagai orang Asia pertama dari Indonesia yang memiliki klub bola basket NBA yaitu Philadelphia 76ers. Pada bulan Agustus 2018, Erict melepas semua saham kepemilikan di klub sepak bola DC United.

3. Membeli Klub Sepak Bola Inter Milan

Pada November 2013, Erick Thohir berhasil mengakuisi klub sepak bola yang berasal dari Italia yang pernah berlaga di seri A yaitu FC Internazionale Milano atau yang biasa dikenal dengan Inter Milan. Erick berhasil memiliki 70 % saham dari pemilik sebelumnya yaitu Massimo Morrati senilan 350 juta Euro atau setara dengan Rp. 5,3 Triliun. Melalui pembelian saham tersebut, Erick Thohir berhasil menjadi Presiden klub sepak bola besar di Eropa yaitu Inter Milan. Dia menjabat sebagai Presiden ke 21 dalam 106 tahun sejarah klub sepak bola tersebut yang resmi menggantikan Massimo Moratti yang telah menjabat selama 18 tahun di Inter Milan.

Kepemilikan klub tersebut menjadikan nama Erick Thohir dalam daftar pengusaha negara berkembang yang berhasil mengakuisisi kluk sepak bola ternama yang memiliki nama besar di mata dunia.

4. Tokoh penting di balik kesuksesan Asian Games 2018

Pada tahun 2018, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Asian Games yang digelar di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang. Dalam acara ini, Presiden Jokowi menunjuk Erick Thohir untuk menjadi ketua panitia pelaksana.

Asian Games 2018 yang diketuai oleh Erick Thohir menuai kesuksesan. Terbukti dari pesta pembukaan hingga penutupannya sangat meriah. Pada pesta pembukaan menampilkan pertjunkukkan yang bertujuan menununjukkan identtas bangsa. Sedangka di pesta penutupan merupakan acara selbrasi seluruh Asia dengan di hadiri oleh bintang-bintang populer di Indonesia maupun internasional, seperti India, Korea Selatan, dan Tiongkok

Seusai acara tidak serta merta selesai begitu saja, Erick Thohir masih harus memastikan bahwa acara tersebut juga sukses secara administrasi. Sekitar bulan April 2019, seluruh panitian termasuk Erick Thohir selaku ketua panitia melakukan evaluasi dan dimintai pertanggung jawaban selama menjalankan tugas.

5. Ketua Tim Kampanye Joko Widodo-Ma’ruf Amin

Pada pemilihan presiden 2019, pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin menunjuk Erick Thohir sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional. Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh Joko Widodo pada September 2018. Pemilihannya didasari oleh pilihan pribadi Jokowi dan partai politik pengusungnya. Alasan terpilihnya Erick Thohir sebagai ketua karena kesuksesan yang diraihnya dalam berbagai hal, selain sukse sebagai pengusaha, ia juga dinilai telah sukse menjalankan tugasnya sebagai ketua acara Asian Games 2018.

Baca juga : Saldi Isra

Demikian informasi mengenai biografi Erick Thohir: sosok pengusaha yang sukses dalam dunia bisnis dan olahraga. Semoga artikel ini dapat memotivasi Anda untuk selalu meraih kesuksesan di dalam kehidupan.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close