Bisnis

Mengenal Perusahaan Electronic City Indonesia [Lengkap]

Pernahkah kalian mendengar perusahaan yang dikenal dengan nama “Electronic City”? Tahukah kalian jika Electronic City Indonesia atau yang biasa dikenal dengan nama PT Electronic City Indonesia, Tbk  sebagai pelopor perusahaan ritel yang berkaitan dengan produk elektronik modern di Indonesia dengan membuka toko standalone sekaligus toko pertama di Sudirman Centra Business District (SCBD). Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini akan diulas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Electronic City Indonesia Tbk. Simak baik-baik ya!

Electronic City Indonesia atau yang biasa dikenal dengan nama PT Electronic City Indonesia, Tbk  didirikan pada tanggal 1 November 2001 yang mana merupakan sebuah perusahaan penjual produk elektronik yang menjadi perusahaan elektronik terbesar di Indonesia. Perusahaan elektronik ini memperluas jaringan tokonya hingga ke luar Jabodetabek dengan membuka toko pertama di Denpasar Bali pada tahun 2004 dan di Medan, Sumatera Utara pada tahun 2007. Electronic City Indonesia Tbk termasuk salah satu perusahaan yang menawarkan produk yang beragam yang terbagi ke dalam empat kategori utama, yaitu audio-video, peralatan rumah tangga, telepon seluler atau gadget, peralatan TI dan perlengkapan kantor.

Baca juga : Perusahaan Keuangan Terbaik

Mengenal Perusahaan Electronic City Indonesia [Lengkap]
Mengenal Perusahaan Electronic City Indonesia [Lengkap]

Pada tahun 2014, Electronic City Indonesia Tbk resmi menjadi salah satu perusahaan terbuka dan tercatat di PT. Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham ECII. Berdasarkan Anggara Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan Electronik City meliputi usaha perdagangan, industri, dan jasa. Sejak September 2018,  Electronic City Indonesia Tbk berhasil mengoperasikan 69 yang terdiri dari toko Electronik City yang berkonsep biru dan Electronik City Outlet yang berkonsep merah yang mana sudah tersebar di 24 Kota dalam 15 provinsi di Indonesia seperti pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Dalam kegiatannya, Electronic City Indonesia Tbk atau yang biasa dikenal dengan nama PT Electronic City Indonesia, Tbk  didukung oleh 11 gudang distribusi yang berada di kota Jakarta, Bogor, Tangerang, Solo, Medan, Denpasar, Pontianak, Balikpapan, dan Kendari.

Sejak tahun 2012, PT Electronic City Indonesia Tbk sudah meluncurkan Platform E-Commerce melalui situs resmi yang dimiliki Perseroan yang bertujuan untuk memperkuat citra Perseroan dan menjaring konsumen-konsumen dengan memudahkan untuk berbelanja barang-barang elektronik sesuai kebutuhan secara online. Pilihan produk dari Electronic City yang online difokuskan pada produk-produk yang mudah terjual dan dikirim seperti gadget dan kamera. Harga produk yang dijual secara online berbeda dengan yang dijual di toko Electronic City dan metode pembayarannya pun dapan dilakukan dengan menggunakan kartu kredit maupun debit.

Baca juga : Philip Morris

Beberapa pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham di PT. Electronik City Indonesia, Tbk adalah PT. Graha Surya Kirana sebesar 25,57%, Andi Bharata Winata sebesar 23,15%,  PT. Graha Berkat Kirana sebesar 13,77%, Ridwan Pribadi sebesar 12,46%, dan HSBC-Fund Services, NT Asian Discovery sebesar 6,21%. Pada tanggal 21 Juni 2013, PT. Electronik City mendapatkan pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OjK) untuk melakukan suatu penawaran umum perdana saham ECII kepada masyarakat dengan nilai nominal Rp. 100,- Per saham. Pada tanggal 25-27 Juni 2013, Electronic City Indonesia Tbk melakukan penawaran umum secara perdana. Electronic City melepas saham sebesar 333.333.000 atau sebanyak 25% dari modal yang ditempatkan dan disetor setelah melakukan penawaran umum dengan harga Rp. 4.050,- per saham.  Pada tanggal 3 Juli 2013, Saham-saham di perusahaan Electronic City Indonesia Tbk dicatat pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Untuk lebih jelasnya lagi, Berikut ini disajikan tabel yang berisikan sejarah pencatatan saham dalam Electronic City Indonesia Tbk.

Jenis PencatatanJumlah SahamTanggal Pencatatan
Saham Perdana (Rp.4.050) 333.333.000 3 Juli 2013
Pencatatan Saham Pendiri (Company Listing) 1.000.000.000 3 Juli 2013
Saham Bonus (Bonus Shares) 1.000.000 3 Juli 2013

Pada tahun 2016, PT Electronic City Indonesia, Tbk mendapatkan pendapatan sebesar Rp. 1.659 Triliun dengan laba bersih sebesar Rp. 20.721 Miliar sehingga total aset PT Electronic City Indonesia, Tbk  sebesar Rp. 1.881 Triliun dan total ekuitas sebesar Rp. 1.727 Triliun.

Electronic City Indonesia Tbk merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan sistem dual-branding strategy melalui dua konsep sebagai metode pemasaran untuk mendapatkan target segmen konsumen yang berbeda-beda. Sistem dual-branding strategy tersebut diterapkan di gerai-gerai Electronic City seperti toko Electronic City Store (EC Strore) dan Electronic City Outlet (EC Outlet).  Berikut akan dijelaskan masing-masing dari gerai yang dimiliki oleh Electronic City yaitu Electronic City Store (EC Strore) dan Electronic City Outlet (EC Outlet). Berikut penjelasannya!

Electronic City Stores (EC Stores)

Electronic City Stores (EC Stores)
Electronic City Stores (EC Stores)

Electronic City Stores (EC Stores) merupakan salah satu gerai dari Electronik City yang memiliki tampilan toko dan penyajian produk dengan menggunakan konsep berwarna biru. EC Stores menargetkan konsumen kelas menengah ke atas sebagai target utama. Pada awalnya, luas area yang dimiliki Electronic City Stores (EC Stores) terkait penjualan bruto berkisar antara 600 sampai dengan 2.500 m2. Hingga bulan Juni 2014, Electronic City Stores (EC Stores) berhasil mengoperasikan 45 EC Stores yang ditempatkan di lokasi-lokasi strategis, seperti di dalam mall, ruko, dan berdiri sendiri atau yang dikenal dengan standalone. Secara keseluruhan , total luas area yang dimiliki Electronic City Stores (EC Stores) terkait penjualan bruto adalah sebesar 55.925 m2.

Baca juga : Segmentasi Pasar

Electronic City Outlet (EC Outlet)

Electronic City Outlet (EC Outlet)
Electronic City Outlet (EC Outlet)

Electronic City Outlet (EC Outlet) merupakan salah satu gerai dari Electronic City yang memiliki tampilan toko dan penyajian produk-produk dengan menggunakan konsep berwarna merah. Electronic City Outlet (EC Outlet) menargetkan konsumen-konsumen yang berada di kelas menengah dan tingkat pemula sebagai target utama. Pada umumnya, luas area yang dimiliki Electronic City Outlet (EC Outlet) terkait penjualan bruto berkisar antara 350 sampai dengan 700 m2. Hingga pada bulan Juni 2014, Electronic City Outlet (EC Outlet) berhasil dalam mengoperasikan sebanyak 16 EC Outlet yang ditempatkan di beberapa lokasi-lokasi strategis seperti di dalam mall dan ruko. Secara keseluruhan, luas area yang dimiliki Electronic City Outlet (EC Outlet) terkait penjualan bruto adalah 8.083 m2

Visi dan Misi Electronic City Indonesia Tbk

Visi dan Misi Electronic City Indonesia Tbk
Visi dan Misi Electronic City Indonesia Tbk

Berikut ini akan dipaparkan visi dan misi yang dimiliki perusahaan Electronic City, antara lain:

Visi

  1. Mengembangkan Electronic City menjadi toko ritel elektronik modern terbaik yang menggunakan konsep pameran
  2. Menggunakan layanan yang didukung oleh sumber daya manusia yang sangat kompeten
  3. Memiliki mitra bisnis yang profesional untuk memperluas tingkat kepuasan dari konsumen

Misi

Menjadi perusahaan terkenal dan terbesar dalam bisnis elektronik di Indonesia yang memiliki luas jaringan toko modern dan didukung oleh layanan yang sangat baik dan jangkauan penuh atas fasilitas yang dimiliki.

Baca juga : Perdagangan Internasional

Penghargaan Electronic City Indonesia Tbk

Penghargaan Electronic City Indonesia Tbk
Penghargaan Electronic City Indonesia Tbk

Electronic City Indonesia Tbk atau yang biasa dikenal dengan nama PT Electronic City Indonesia, Tbk menerima penghargaan sebagai TOP Brand untuk Toko Ritel Elektronik Modern sejak tahun 2009 yang mana diukur dengan menggunakan 3 parameter yaitu Top of Mind, Awareness Last Usage, dan Future Intention.

Dewan Komisaris dan Direksi PT Electronic City Indonesia, Tbk 

Dewan Komisaris dan Direksi PT Electronic City Indonesia, Tbk
Dewan Komisaris dan Direksi PT Electronic City Indonesia, Tbk

Dewan Komisaris PT Electronic City Indonesia, Tbk 

Nama Jabatan
Hartono Tjahjadi Adiwarna Komisaris Utama
Selfy Warauw Komisaris
Josephine Sukmadewi K Komisaris
Rahmat Adi Sutikno Halim Komisaris Independen
Herbert Timbo P. Siahaan Komisaris Independen

Dewan Direksi PT Electronic City Indonesia, Tbk 

Nama Jabatan
Ingrid Pribadi Direktur Utama
Wiradi Direktur
Dedy Djafarli Direktur
Roland Hutapea Direktur
Lyvia Mariana Direktur
Anita Angelina Sitompul Direktur Independen

Keuntungan Berbelanja di Electronic City Indonesia Tbk

1. All Insurance

Gratis asuransi selama 1 tahun untuk satu kai klaim yang digunakan untuk perlindungan seperti kebakaran, banjir, badai, dan petir.

2. Extended Warranty & Insurance

Mendapatkan tambahan perlindungan, garansi, dan asuransi produk untuk pemesanan di tahun kedua

3. Great Price & No Surchage

Mendapatkan jaminan dengan harga terbaik tanpa adanya tambahan surchage 3% yang melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit

4. Delivery & Installation

Fasilitas layanan bebas biaya pengiriman dan pemasangan produk langsung ke rumah konsumen

5. E-Cityzen Membership

Mendapatkan banyak keuntungan jika terdaftar sebagai member Electronic City

6. Fast Respons

Memberikan informasi secara cepat terkait apa yang dibutuhkan oleh konsumen dengan menghubungi layanan Customer Care di hotline 1500032

7. New Replace

Mendapatkan penggantian produk Audio Video dan Home Appliances yang rusak selama 14 hari sejak tanggal pembelian

8. 24 Hours Repair

Mendapatkan kunjungan dari teknisi Electronic City dalam waktu minimal 6 hari dari permintaan perbaikan

9. Express Instalation

Mendapatkan fasilitas untuk pemasangan AC di rumah konsumen paling lambat 6 jam setelah transaksi pembelian. Fasilitas ini berlaku jika melakukan pembelian di toko offline.

10. Express Delivery

Pengiriman produk ke rumah konsumen dengan cepat paling lambat paling lambat 6 jam setelah transaksi pembelian. Fasilitas ini berlaku jika melakukan pembelian di toko offline.

11. Service Contract

Mendapatkan jasa perawatan AC dengan 3x cuci AC yang berlaku selama 1 tahun.

Baca juga : Sistem Kerja Outsourcing

Demikian ulasan mengenai Electronic City Indonesia Tbk (ECII) terlengkap yang dapat dijadikan bahan referensi bacaan ketika dalam keadaan bosan atau membutuhkan sesuatu yang dapat dibaca untuk sumber pengetahuan. Semoga bermanfaat bagi Anda!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close