Teknologi

√ Daftar Penyedia Layanan Domain Gratis Terbaru 2019

Bagi orang-orang yang lama berada di dunia blogger, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan nama domain, bukan? Sedangkan bagi orang awam, mereka mungkin belum kenal domain. Domain adalah nama atau alamat untuk mengenal server komputer, mail server, dan web server. Bagi seorang blogger, memiliki blog dengan nama domain yang tidak terlalu panjang agar mudah dicari di mesin pencarian adalah tujuan utama. Bagi blog yang memiliki penghasilan, biasanya mereka sudah membeli domain. Tetapi, bagi Anda yang baru memiliki blog dan belum berpenghasilan, ada penyedia domain gratis. Namun, domain gratis tidak menjamin blog Anda memiliki visitor yang banyak. Selain itu, keamanannya juga tidak terjamin sebab pemilik domain bisa secara otomatis menonaktifkan domain gratis yang Anda gunakan. Apabila Anda ingin mengelola blog agar tidak terjadi masalah dan ingin memajukan blog, domain gratis tidak disarankan. Akan tetapi, menggunakan domain gratis untuk safelink dan backlink, domain gratis tentunya tidak menjadi masalah. Apa saja jenis layanan domain gratis yang bisa Anda coba? Simak baik-baik ya.

Baca juga : Pengertian Domain

Sekarang, domain identik dengan alamat URL seperti republik.com, detik.com, atau google.co.id. Proses penerjemahan nama unik di deretan angka IP Address menggunakan DNS (Domain Name System). Sehingga DNS bisa diibaratkan sebagai buku telepon. Berikut adalah beberapa penyedia layanan domain gratis yang bisa Anda coba, antara lain:

1. Freenom.com

√ Daftar Penyedia Layanan Domain Gratis Terbaru 2019
Freenom.com

Freenom adalah website yang menyediakan layanan domain gratis dan juga berbayar. Jika domain yang Anda gunakan masuk ke jenis spesial, maka Anda harus membayar. Namun, apabila domain tidak masuk ke jenis spesial, Anda bisa menggunakan domain dari Freenom secara gratis.

Baca juga : Hosting dan Domain Murah

2. Dot.cf

Dot.cf

Domain gratis yang disediakan oleh Dot.cf bertujuan memudahkan pengguna dalam membangun sebuah website atau blog. Seperti kita ketahui, banyak bermunculan bloh yang menggunakan domain berakhiran .cf ini. Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu dengan eksistensi domain dot.cf.

3. Biz.Nf

Biz.Nf
Biz.Nf

Situs penyedia domain gratis Biz.Nf memang jarang digunakan sebab proses pendaftaran pada Biz.Nf sangat sulit dan ribet. Jika Anda penasaran, domain gratis Biz.Nf bisa langsung diakses di Smartdots.

Baca juga : Pengertian Hosting

4. FreeSubdomain

FreeSubdomain
FreeSubdomain

FreeSubdomain adalah penyedia fasilitas domain gratis dengan akhiran domain yang sangat beragam. Domain gratis yang satu ini menawarkan fasilitas domain gratis yang sangat beragam. Untuk menikmati layanan domain gratis, langsung saja Anda kunjungi website FreeSubdomain tersebut.

5. Point.ml

Point.ml

Penyedia layanan domain gratis lainnya adalah Point. Situs ini menyediakan fasilitas domain gratis dengan akhiran .ml. Meskipun domain tersebut gratis, namun jangan sampai Anda menyalahgunakan. Silahkan kunjungi website Point untuk mengetahui ketersediaan domain .ml yang akan Anda gunakan.

Baca juga : Pengertian VPS Hosting

6. Dominio.gq

Dominio.gq

Dominio adalah website penyedia domain gratis yang memiliki akhiran .gq. Memang akhiran .gq terdengar asing di telinga sebab tidak banyak orang yang menggunakannya. Untuk menggunakan domain gratis ini, Anda bisa mengunjungi website resmi dari dominio.gq tersebut.

7. My.ga

My.ga
My.ga

Domain gratis berakhiran .ga sudah tidak asing lagi mengingat banyak sekali para pemilik blog pribadi maupun blog mp3 yang menggunakannya. Domain gratis dengan akhiran .ga sangat cocok bagi Anda yang senang membahas topik-topik seputar makanan ataupun berbagai keindahan alam.

Baca juga : Dedicated Server Hosting

8. Dot.tk

Dot.tk
Dot.tk

Website penyedia domain gratis selanjutnya adalah dot.tk yang menyediakan layanan berakhiran .tk. Fasilitas tersebut sudah banyak digunakan sehingga Anda tidak perlu ragu saat menggunakannya. Domain akhiran .tk ini sering digunakan pada situs MP3 atau blog safelink. Apakah Anda berani menggunakannya?

9. Freedomain.pro

Freedomain.pro
Freedomain.pro

Mungkin masih sedikit orang yang mengetahui tentang domain ini, namun Freedomain juga menyediakan fasilitas domain gratis. Dan jangan salah, jika banyak orang yang menggunakannya. Anda bisa mengecek nama domain secara langsung melalui website Freedomain dan ikuti peraturannya.

Hal-Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Menggunakan Domain Gratis

Hal-Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Menggunakan Domain Gratis

Sebelum menggunakan domain gratis, Anda perlu mengetahui hal-hal berikut ini, yaitu:

  • Memiliki karakteristik tidak profesional

Penyedia domain gratis yang digunakan membuat blog atau website perusahaan maupun bisnis online Anda terlihat tidak profesional. Maka, agar terlihat profesional, hindari menggunakan domain gratis dan coba menggunakan domain berbayar. Kini, domain murah bisa Anda dapatkan tanpa perlu menggunakan biaya yang mahal. Dengan sekali bayar, Anda bisa mendapatkan domain murah dengan jangka waktu tertentu antara 1 sampai 5 tahun.

  • Tidak bisa bebas memilih nama domain

Dengan menggunakan domain gratisan, Anda tidak bisa memilih nama domain dengan leluasa. Apabila Anda ingin menggunakan nama domain yang bagus secara bebas dan leluasa, wajib untuk menggunakan domain berbayar.

  • Tidak ada fitur subdomain

Domain gratis tidak menyediakan fitur subdomain. Padahal, subdomain sangat berguna apabila Anda memiliki website yang membahas bermacam-macam topik seperti sport, kesehatan, hiburan, bisnis, dan sejenisnya. Untuk mendapatkan berbagai jenis subdomain, Anda bisa menggunakan domain berbayar yang murah. Selain itu, fitur subdomain juga meningkatkan efektivitas pengunjung website untuk bertransaksi bisnis dan menemukan konten yang dicari.

  • Traffic website mudah turun

Karena tipe domain menggunakan ccTLD, tentunya mempengaruhi traffic website Anda. Dengan domain bertipe ccTLD, pengunjung negara lain tidka bisa mengakses website Anda. Bahkan domain gratis juga tidak mendukung search engine friendy atau SEO. Tentu hal ini sangat merugikan Anda yang menggunakan website untuk usaha.

  • Nama domain mudah diambil orang

Nama domain gratisan yang digunakan di blog Anda secara bertahun-tahun bisa memungkinkan untuk diambil oleh orang lain yang mau membayar di tempat Anda membuat nama domain gratisan tersebut. Oleh karena itu, Anda harus membeli untuk menggunakan nama domain sendiri.

  • Tanpa adanya support atau dukungan

Namanya saja sudah domain gratisan, pastinya Anda tidak mendapatkan perlakuan sama dengan orang yang membeli secara berbayar. Selain itu, Anda juga tidak akan mendapatkan dukungan atau support dari penyedia domain gratisan tersebut. Hal ini tentu berbeda dengan orang-orang yang membeli domain secara berbayar. Anda tidak perlu melakukan pencarian sendiri di Google untuk menyelesaikan masalah website yang sedang dihadapi. Cukup menghubungi pihak atau customer service dari penyedia domain tempat Anda menyewa tersebut. Sangat berbeda, bukan?

Demikian ulasan lengkap mengenai penyedia layanan domain gratis dan spesifikasi-spesifikasi yang bisa Anda coba. Terlepas dari apapun jenis domain tersebut, Anda harus memikirkan ulang mengenai risiko yang didapatkan selama menggunakan domain gratisan. Jika Anda ingin memajukan blog yang Anda gunakan, penting bagi Anda untuk menggunakan jenis domain berbayar dan tidak gratisan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close