Pendidikan

Apa Sih Do’a Qunut? Macam-Macam, Manfaat Dan Hukum Membaca

Kita mengatahui bahwa bacaan yang dilafalkan saat sholat 5 waktu itu paten, tidak dapat diubah-ubah. Akan tetapi, ada salah satu bacaan yang menjadi sunnah Rosul untuk dilakukan setelah gerakan rukuk shalat subuh yang dinamakan bacaan doa qunut. Namun, perlu diketahui bahwa masih banyak sebagian orang belum mengetahui mengenai penjelasan dari do’a qunut yang sebenarnya. Nah, berikut ini akan diulas penjelasan mengenai do’a qunut, mulai dari pengertian, macam-macam, hukum hingga manfaat do’a qunut. Simak baik-baik ya!

Do’a Qunut Itu Apa Sih?

Dari segi bahasa, kata “Qunut” berasal dari bahasa Arab yang memiliki berbagai macam arti seperti ketaatan, patuh, sungguh-sungguh, dan berdiri lama. Sedangkan dari segi istilah “qunut” adalah sebuah do’a yang dibaca ketika menjalankan ibadah shalat. Pengertian lain menyatakan bahwa do’a qunut adalah do’a untuk menolak bahaya serta dapat mendatangkan keuntungan dan kebaikan dalam kehidupan manusia. Do’a qunut dibacakan pada waktu shalat subuh yakni setelah melakukan rukuk tepat pada raka’at kedua sebelum sujud.

Baca juga : Lafal Asmaul Husna

Macam-macam Do’a Qunut

Perlu kita ketahui bersama bahwa ternyata do’a qunut memiliki pembagian dari segi bacaan yang berbeda. Berikut ini akan diulas macam-macam do’a qunut menurut segi bacaannya:

Apa Sih Do’a Qunut
Macam-macam Do’a Qunut

1. Do’a Qunut Subuh

Do’a qunut shubuh merupakan do’a qunut yang dibacakan ketika menjalankan shalat shubuh yang menjadi kesunnahan bagi pemegang madzhab Imam Syafi’i. Do’a qunut shubuh dilakukan setelah rukuk pada rakaat kedua sebelum sujud. perlu diingat, apabila yang membaca do’a qunut suhubuh seorang imam, makan akhirannya dari “nii” di ganti “naa”. Contoh watawallanii menjadi watawallanaa. Berikut ini do’a qunut shubuh:

Do’a Qunut Subuh
Doa Qunut Subuh

2. Do’a Qunut Nazilah

Do’a qunut nazilah merupakan do’a yang dibacakan pada waktu selain shalat shubuh yaitu disemua shalat fardhu. Pembacaan do’a qunut nazilah digunakan untuk memohon perlindungan dan pertolongan kepada Allah SWT dari segala macam bahaya seperti saat peperangan atau terjadinya suatu bencana. Do’a qunut nazilah sering dibacakan di negara yang biasanya mengalami penindasan salah satunya negara Palestina yang sering ditindas dan diserang oleh tentara Israel. Berikut ini bacaan do’a qunut nazilah:

Do’a Qunut Nazilah
Do’a Qunut Nazilah

3. Do’a Qunut Witir

Do’a qunut witir merupakan do’a qunut yan dibacakan pada saat shalat witir di separo terakhir bulan ramadhan atau juga malam ke 16 bulan ramadhan. Hukum membacakan do’a qunut pada shalat witir bagi pengikut madzab syafi’i dan maliki adalah sunnah muakkad. Membacakan do’a qunut dilakukan pada akhir shalat witir, baik witir yang dilakukan dua maupun tiga rakaat. Perlu diketahui bahwa sumber dari do’a qunut witir ini yaitu hadist shahih yang diriwayatkan oleh Abu Daud, An-Nasa’i, Tirmidzi, dan Ahmad. Berikut bacaan do’a qunut witir:

Do’a Qunut Witir
Do’a Qunut Witir

Hukum Membaca Do’a Qunut

Sudah dijelaskan di atas, ada tiga macam do’a qunut yaitu do’a qunut shubuh, do’a qunut nazilah, dan do’a qunut witir. Menurut Syaikh Wahbah Az Zuhaili menjelaskan bahwa secara umum hukum membaca do’a qunut secara rutin yaitu mandub.  Mandub adalah segala sesuatu yang apabila dikerjakan mendapatkan pahala dan apabila ditinggalkan tidak berdosa.

Untuk do’a qunut subuh, menurut Madzhab Imam Syafi’i dan Imam Maliki, hukum membaca doa’qunut disunnahkan untuk dibaca pada waktu sholat shubuh. Menurut Madzab Imam Maliki, do’a qunut dibaca sebelum rukuk dan menurut madzhab Imam Syafi’i, do’a qunut dibaca setelah rukuk. Adapun adanya pendapat lain mengenai hukum membaca do’a qunut oleh Imam Ahmad Bin Hambal dan Imam Abu Hanifah yang menjelaskan bahwa hukum membaca do’a qunut tidak disunnahkan untuk dibaca pada waktu sholat shubuh, akan tetapi dibaca pada waktu shalat witir. Namun mengenai waktu membacanya, kedua madzhab ini memiliki perbedaan pendapat. Menurut madzhab Imam Hanafi, do’a qunut dibaca sebelum rukuk, dan menurut madzhab Imam Hambali, do’a qunut dibaca setelah rukuk.

Do’a Qunut
Do’a Qunut

Sedangkan untuk do’a qunut nazilah, menurut madzhab Imam Syafi’i dan Imam Hanbali, do’a qunut nazilah dibaca di seluruh shalat fardhu. Akan tetapi, pendapat tersebut berbeda dengan pendapat ulama lain. Menurut madzhab Imam Hanafi, do’a qunut nazilah hanya dibaca pada waktu shalat jahriyah yaitu Maghrib, Isya’, dan Subuh. Sedangkan menurut madzhab Imam Maliki, do’a qunut nazilah hanya dibaca pada shalat subuh.

Beberapa pendapat di atas sudah biasa didengar dari kaum ulama salaf terkait batasan sunnah maupun tidak sunnah. Namun jika dilihat secara rinci, hukum membaca do’a qunut menimbulkan perbedaan pendapat bagi para ulama. Berikut rincian perbedaan pendapat para ulama terkait masalah membaca do’a qunut:

  1. Bacaan qunut shubuh disunnahkan untuk dibaca secara rutin. Para ulama yang memegang hukum ini diantaranya Imam Maliki, Imam Syafi’i, Ibnu Abi Laila, dan Al-Hasan bin Shalih.
  2. Bacaan do’a qunut sudah tidak disyariatkan atau diwajibkan lagi kecuali do’a qunut nazilah. Para ulama yang setuju dengan pendapat ni diantaranya Imam Ahmad, Al-Laits bin Sa’d, dan Yahya bin Yahya Al-Laitsy.
  3. Bacaan qunut sudah terhapus hukumnya. Para ulama yang setuju dengan pendapat ini adalah Imam Abu Hanifah, Sufyan Ats-Tsauri, serta ulama-ulama yang berasal dari Kufah.

Manfaat Do’a Qunut

Manfaat Do’a Qunut
Manfaat Do’a Qunut

Umat Islam mungkin sudah tidak asing lagi dengan do’a qunut. Do’a qunut bukan hanya do’a yang dibaca untuk memohon pertolongan kepada Allah, tetapi do’a qunut sebenarnya memiliki banyak manfaat karena do’a qunut mengandung berbagai macam hal yang positif untuk diri kita maupun orang lain bagi yang membacanya secara tulus dan ikhlas. Berikut ini beberapa manfaat dari membaca do’a qunut:

1. Mudah untuk mendapatkan petunjuk

Dalam lafads do’a qunut terdapat kalimat yang berbunyi “Allahummahdinii fii man hadaiit” yang merujuk pada permintaan seorang hamba kepada Allah SWT agar dimudahkan dalam mendapatkan petunjuk. Kalimat tersebut dapat disebut dengan kalimat tawasul yang artinya kalimat yang menyebutkan adanya suatu nikmat hidayah sebagaimana Allah SWT memberikan kenikmatan kepada hamba-hambanya.

2. Mendapatkan perlindungan maupun pertolongan.

Pada lafadz dalam do’a qunut terdapat kalimat yang berbunyi “Wa’aafinii fii man ‘afaiit” yang memiliki arti “Kasihkanlah hamba keselamatan sebagaimana hambaMu yang lain yang sudah dikasih keselamatan” bahwa Allah SWT memberikan pertolongan maupun perlindungan kepada hambaNya yang memohon dengan sungguh-sungguh agar selamat dari mahabahaya yang datang. Perlindungan maupun perlindungan biasanya dalam bentuk keselamatan di dunia maupun diakhirat.

3. Terhindar dari berbagai macam penyakit

Dalam lafadz do’a qunut terdapat kalimat yang berbunyi “wa’aafini fii man hadaiit” yang diyakini memiliki arti yang merujuk pada diberinya perlindungan yang berbentuk keselamatan, misalnya terhindar dari berbagai macam penyakit, baik penyakit rohani maupun penyakit jasmani. Membaca do’a qunut secara rutin diyakini dapat menghindarkan manusia dari segala hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT, baik dari segi nafsu maupun urusan harta dan tahta.

4. Memberikan berkah berupa kenikmatan

Dalam lafadz do’a qunut terdapat kalimat “Wabaariklii fiima a’thoiit” yang memiliki arti yaitu berkahilah padaku apa yang telah Engkau berikan. Penjelasan dalam kalimat tersebut bahwa Allah SWT senantiasa akan memberikan berkah berupa kenikmatan kepada umatnya. Sedikit ataupun banyaknya jumlah kenikmatan yang diberikan akan menjadi berkah tersendiri bagi setiap umat yang menerimanya.

Demikian ulasan mengenai do’a qunut mulai dari pengertian hingga manfaat do’a qunut. Semoga apa yang dijelaskan dalam artikel ini bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close