Umum

Hal yang Harus Anda Ketahui Saat Menjalani Diet GM

Tahukau.comDiet GM – Diet GM merupakan salah satu metode diet yang bisa menurunkan berat badan dengan membatasi porsi dan menu makanan selama 1 minggu. Berat badan Anda bisa turun hinga 7 kg apabila Anda bisa menjalani program diet dengan benar dan tepat. Lalu, apa sebenarnya diet GM tersebut? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda!

Diet GM

Diet GM

GM adalah nama salah satu karyawan General Motors yang bekerja di sebuah perusahaan Amerika Serikat tahun 1985. Diet ini dilakukan dengan mengonsumsi makanan rendah kalori namun berasupa gizi seperti buah dan sayur selama 1 minggu penuh. Beberapa manfaat diet GM yang bisa Anda dapatkan adalah:

  • Bisa menurunkan berat badan sebanyak 7 kg hanya dalam waktu 1 minggu
  • Memperbaiki sistem pencernaan
  • Meningkatkan metabolisme dengan membakar lemak dalam tubuh
  • Membuang racun dan zat berbahaya lain di dalam tubuh
  • Badan terasa lebih sehat

Baca juga : Aplikasi Kesehatan

Panduan Diet GM

Panduan Diet GM

Diet GM akan berhasil jika Anda melakukan sesuai dengan aturan dimana hal tersebut  berkaitan dengan menu yang harus dikonsumsi. Menu diet GM yang diterapkan mungkin berbeda-beda, namun masih mirip dan selalu terdiri dari 7 menu selam 7 hari penuh. Di bawah ini adalah menu diet GM yang bisa Anda terapkan di rumah:

1. Hari ke-1

Hari pertama, Anda harus mengonsumsi buah-buahan. Sebaiknya, Anda memilih buah yang mengandung air cukup banyak. Buah yang bisa Anda konsumsi adalah semua jenis buah kecuali buah pisang. Pisang memiliki kandungan gula dan kalori cukup tinggi dibandingkan dengan jenis buah lainnya. Sedangkan, jenis buah terbaik yang memiliki kandungan air tinggi adalah semangka. Buah semangka akan membantu untuk mengeluarkan racun dan zat berbahaya lainnya di dalam tubuh.

2. Hari ke-2

Jika di hari ke-2 Anda harus mengonsumsi buah, maka di hari kedua adalah memakan banyak sayuran. Mengonsumsi sayuran hijau bisa Anda olah menjadi jus atau dengan cara memasaknya. Yang harus Anda ingat dari menu diet GM ini adalah Anda tidak dianjurkan bahkan dilarang menggunakan minyak dalam proses pengolahannya. Olahan sayur yang Anda konsumsi harus dimasak dengan proses merebus atau memangganggnya.

3. Hari ke-3

Pada hari ketiga ini, Anda bisa mengonsumsi buah dan sayur sekaligus. Keduanya bisa Anda kombinasi untuk dijadikan sebagai makanan di pagi, siang, ataupun malam hari. Yang terpenting, Anda harus menghindari jenis buah dan sayuran kaya kalori seperti kentang dna pisang.

4. Hari ke-4

Berbeda dengan hari sebelumnya, hari ke-4 ini Anda bisa mengonsumsi buah pisang. Buah pisang dan susu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada hari keempat ini. Anda bisa mengonsumsi 6 buah pisang berukuran besar dan 8 buah pisang berukuran kecil. Sedangkan, susu yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah susu rendah lemak, yaitu sebanyak 3 gelas yang boleh Anda minum di pagi, siang, dan sore hari.

5. Hari ke-5

Di hari kelima, Anda sangat disarankan untuk makan 1-2 porsi daging yang tidak mengandung lemak, seperti daging sapi, dada ayam maupun ikan segar. Porsi makannya sendiri adalah sekitae 300 gram yang ditambah dengan 6 buah tomat. Bahan tersebut bisa Anda olah dengan berbagai macam bentuk, namun tetap tanpa menggunakan minyak. Anda juga bisa mengonsumsi sup sayur dengan tambahan daging di dalamnya. Untuk membantu memecah purin, Anda bisa memperbayak minum air putih.

6. Hari ke-6

Sama halnya dengan hari ke-5, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi 1-2 porsi daging tanpa kandungan lemak, seperti daging sapi, ikan segar, maupun dada ayam. Jumlah porsinya sendiri adalah 300 gram dengan tambahan 6 buah tomat. Jika Anda bosan dengan tomat, Anda dapat mengonsumi buah lain kecuali pisang dan kentang. Dan, jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih.

7. Hari ke-7

Pada hari ketujuh, Anda sudah diperbolehkan mengonsumsi nasi, asalkan nasi berjenis beras merah. Anda juga dianjurkan mengonsumi buah dan sayur yang kaya akan kandungan air di dalamnya. Buah dan sayur bisa dimasak menjadi sup atau jus yang sangat segar untuk diminum.

Yang perlu Anda perhatikan adalah selain menerapkan menu diatas, Anda harus memperbanyak minum air putih setiap hari sebanyak 12-15 gelas per hari. Hal ini membantu tubuh untuk mengeluarkan racun dan memecahkan purin.

Hal-Hal yang Harus Anda Ketahui Saat Menjalani Diet GM

Hal-Hal yang Harus Anda Ketahui Saat Menjalani Diet GM

Seperti yang sudah disebutkan diatas, kunci keberhasilan diet GM adalah melaksanakan dietGM sesuai dengan aturannya. Beberapa hal yang harus Anda perhatika saat melaksanakan diet GM adalah:

  • Menu diet GM adalah mutlak, sehingga Anda tidak dianjurkan mengonsumsi jenis makanan di luar menu diet GM
  • Jumlah buah dan sayur tidak dibatasi, namun konsumsi secukupunya dan jangan berlebihan
  • Air putih yang dikonsumsi yaitu 8-10 gelas per hari. Jika Anda mampu mengonsumsi banyak air, Anda boleh minum air leih dari 10 gelas. Asalkan, jangan minum berlebihan agar menu lain bisa Anda konsumsi sesuai kebutuhan Anda
  • Anda boleh mengonsumsi teh dan kopi, namun dilarang mengonsumi makanan yang banyak mengandung gula
  • Karena sistem metabolisme manusia berbeda-beda, maka tidak semua orang bisa menurukan berat badan hingga 7 kg walaipim noleh dibilah diet sudah berhasil
  • Pilih menu yang paling cocok dengan Anda dan jangan memaksakan diri
  • Tidak disarankan mengulang diet GM selama 2 minggu berturut-turut. Pelaku diet GM mengulang diet GM maksimal satu bulan sekali hingga mereka mencapai berat badan yang diinginkan

Bahaya Diet GM

Bahaya Diet GM

Pola diet GM memang menggiurkan karena mampu menurunkan berat badna hingga 7 kg dalam waktu seminggu saja. Namun diet GM memiliki banyak risiko, yakni:

  • Diet GM tidak dianjurkan oleh ahli kesehatan karena bisa membuat Anda terkena malnutrisi. Menu diet GM tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Anda setiap harinya. Menjalankan diet GM dengan mengurangi nutrisi dalam tubuh sangat tidak baik. Sebab kekurangan nutrisi bisa menyebabkan anemia, lamh otot, kulit kering, hingga rambut rontok
  • Para pelaku diet GM biasanya merasa tubuhnya sangat lemah dan sulit beraktivitas. Efek samping lainnya adalah muah dan muntah
  • Penurunan berat badan dalam waktu singkat juga tidak baik sebab akan mengacaukan sistem metabolisme dalam tubuh Anda. Sistem metabolisme dalam tubuh akan menyebabkan malnutrisi, batu empedu, hingga terganggunya siklus menstruasi Anda

Baca juga : Asuransi Kesehatan

Kunci dari diet memang berasal dari pengaturna pola makan. Namun, usaha menurunkan berat badan tidak hanya melalui diet saja. Olahraga juga merupakan kunci penting dalam menurunkan berat badan. Jangan menerapkan pola diet yang cocok untuk Anda jalani, namun carilah jenis olahraga yang Anda sukai sehingga cara menurukan berat badan bisa lebih efektif, menyehatkan, dan tidak membahayakan tubuh Anda. Demikian ulasan lengkap mengenai diet GM. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close