Umum

Dian Pelangi : Sosok Desainer Muslim yang Inspiratif

Ketertarikannya dalam dunia fashion membuat ia terus belajar mengembangkan dunia perancangan busana. Dian Pelangi kerap kali membut desain busana muslim Indonesia  yang terlihat kuno menjadi lebih modern. Berkat tangannya, citra perempuan hijab yan kuno, tua, kampungan lambat laut menjadi musnah. Lalu bagaimana kisah sukses Dian Pelangi hingga menjadi salah satu desainer busana muslim yang begitu diperhitungkan? Simak baik-baik ulasan berikut.

Dian Pelangi : Sosok Desainer Muslim yang Inspiratif
Dian Pelangi : Sosok Desainer Muslim yang Inspiratif

Biodata Dian Pelangi

Nama Lengkap: Dian Wahyu Utami
Nama Panggilan: Dian Pelangi
Profesi: Indonesia Fashion Designer, Entrepreneur, World Traveller
Tempat Lahir: Palembang
Tanggal Lahir: 14Januari 1991
Orang tua: Ir. Djamaloedin dan Hernani
Pendidikan: TK Ikal Dolog, SD MI 2 Palembang, SMP Insan Kamil, Ponpes Al-Ihya Bogor, SMK Negeri 1 Pekalongan, Ecole Superiure des art et techniques de la mode (ESMOD)
Blog remi: www.blog.dianpelangi.com
Instagram: @dianpelangi

Lahir di Palembang tanggal 14Januari 1991, perempuan berbakat luar biasa di bidang tata busana ini dimulai. Ia tumbuh di keluarga yang menjunjung tinggi tradisi Islam. Ayahnya bernama Ir. Djamaloedin pengusaha garmen, dan ibunya Hernani pemilik butik muslim. Dian mulai bersekolah di TK Ikal Dolog lalu melanjutkan ke SD MI 2 Palembang. Setelah itu,  Dian bersekolah  di SMP Insan Kamil dan Ponpes Al-Ihya Bogor. Lulus dari SMP, sekolah SMK Negeri 1 Pekalongan jurusan tata busana adalah pilhannya. Setelah lulus dari jenjang SMK, Dian melanjutkan pendidikan di Ecole Superiure des art et techniques de la mode (ESMOD) dan lulus tahun 2008 dengan nilai bagus. 1tahun setelah kelulusan dari Ecole Superiure des art et techniques de la mode (ESMOD), Dian bergabung dengan Asosiasi Perancang Mode Indonesia (APPMI) dan menjadi anggota termuda. Gebrakan pertama yang ia mulai adalah mencoba mengubah model lama menjadi lebih modern terutama di butik keluarganya. Tak hanya pada model dan gaya produknya, corak warna-warni yang akhirnya menjadi ciri khas Dian diperkenalkan. Pertengahan 2009, Dian mendapat undangan dari Kementrian Pariwisata untuk memamerkan karyanya dalam pagelaran busana Pemerintah Indonesia di Melbourne, Australia. Setelah proyeknya selesai, ia kembali berksempatan mengikuti pergaan Jakarta Fashion Week 2009 dimana saat itu ia masih dianggap sebagai desainer junior. Setelah acara tersebut rancangannya semakin berkembang hingga membuat kiprah sebagai desainer muslimah muda semakin tinggi.

Baca juga : Dita Soedarjo

Dian Pelangi : Sosok Desainer Muslim yang Inspiratif
Dian Pelangi : Sosok Desainer Muslim yang Inspiratif

Kesuksesannya semakin melejit hingga pada tahun 2010, desainer muda yang masuk dalam daftar 30 Under 30 Forbes Asia 2018 tersbeut kembali mendapat undangan dari Kementerian Pariwisata untuk memamerkan karyanya  di Harrods, London bertemakan Indonesia is Remarkable. Di tahun 2010, Dian Pelangi diwawancarai oleh salah satu media terbesar, yaitu CNN. Berkat diwawancarai oleh media tersebut, ia semakin dikenal banyak orang. Desain rancangannya semakin dikenal ketika pada tahun 2011, Dian diundang ke Paris untuk mengikuti salah satu pagelaran disana bernama International Fair of Muslim World. Rancangan desainer yang semakin membaik membuat butik keluarganya berkenbang pesat. Bahkan butik tersebut sudah membuka cabang di berbagai kota seperti Jakarta, Palembang, Medan, Aceh, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Pekalongan. Tak hanya terkenal di Indonesia, berbagai rancangan baju muslimah Dian Pelangi juga tersebar di beberapa kota mancanegara lainnya seperti Abu Dhabi, Kuala Lumpur, Singapura, Brussels, dan New York. Waralaba butiknya yang berada di luar negeri berada di Malaysia. Butik di Malaysia tersebut digunakan untuk melayani konsumen dari Timur Tengah dan Eropa. Merk lini bisnis lain yang dikembangkan oleh perusahaan Dian terdiri dari berbagai segmen pasar sepert Tenun Pelangi, Batik Pelangi, DP by Dian, dan Dian Bride. Tanggal 14 Februari 2014, karya Dian dipamerkan dalam pagelaran fashion “New York Fashion Week” yang diadakan di The Crowne Plaza Times Square Manhattan, Amerika Serikat. 2 tahun lalu tepatnya 2017, rancangan Dian Pelangi kembali dipamerkan di Indonesia Fashion Week. Tak ketinggalan, di tahun yang sama Dian Pelangi juga sukses memamerkan karyanya pada pagelara adibusana paling bergengsi sejagad raya, yaitu Paris Fashion Week 2017.

Baca juga : Ahmad Sahroni

Perusahaan Dian Pelangi

Dian Pelangi : Sosok Desainer Muslim yang Inspiratif
Dian Pelangi : Sosok Desainer Muslim yang Inspiratif

Dian Pelangi Company merupakan sebuah perusahana perancang busana muslim yang pembuatannya masih dilakukan secara tradisional. Perusahaan tersebut didirikan oleh Bapak Ir. Djamaloedin dan Ibu Hernani tahun 1991 di Palembang bertepatan dengan lahirnya Dian. Ciri khas yang ditunjukkan oleh Dian Pelangi Company yakni menciptakan dan membuat produk dengan menggunakan teknik tradisional seperti tenun, batik, payet, dan berbagai teknik tradisional lainnya. Saat ini, Dian Pelangi dikelola dan dipimpin oleh Dian Pelangi. Sebagai perancang busana muda berbakat yang menginspirasi seluruh perempuan Indonesia, Dian membentuk sebuah komunitas bernama Hijaber Community. Komunitas tersebut menaungi muslimah aktif untuk saling berbagi tips dan pengalamannya yang berkaitan dengan hijab dan Islam. Selain itu, Dian Pelangi menerbitkan sebuah buku berjudul Hiajb Street Style. Di dalam buku tersebut berisikan kumpulan street style para muslimah yang ditemuinya di negara-negara yang pernah Dian kunjungi. Buku tersebut diharapkan bisa menjadi referensi bagi para muslimah untuk selalu cantik dan bisa bergaya meskipun mengenakan hijab. Kesuksesannya di usia muda membuatnya masuk ke dalam 500 daftar desainer paling berpengaruh dalam dunia fashion versi Business of Fashion Magazine. Nama Dian Pelangi sejajar dengan nama-nama besar desainer top dunia tahun 2015. Genap satu dasawarsa berkarya di industri mode, nama Dian Pelangi tercantum dalam daftar 30 Under 30 Forbes Asia 2018 kategori The Arts dan Celebrities versi majalah Forbes.

Baca juga : Edwin Soeryadjaya

Sosok Lain Dian Pelangi

Dian Pelangi : Sosok Desainer Muslim yang Inspiratif
Dian Pelangi : Sosok Desainer Muslim yang Inspiratif

Dian Pelangi adalah sosok perempuan muda berbakat dalam merancang busana muslimah di Indonesia yang harus dibanggakan. Banyak karya-karyanya yang pernah diikutkan ke dalam kontes fashion di berbagai belahan dunia. Tak hanya itu, ia juga berhasil menulis buku yang bisa dijadikan referensi oleh para muslimah untuk mendapatkan style hijab yang bagus. Selain keahliannya merancang busana, apakah Anda tahu bahwa Dian juga berbakat dalam berakting?  Ya, ternyata Dian Pelangi tak hanya berbakat dalam merancang busana, namun juga jago memerankan peran dalam sebuah film. Pada tahun 2013, Dian Pelangi ikut berkontrubusi menjadi pemain dalam sebuah film berjudul 99 Cahaya di Lagit Eropa. dian bermain bersama dengan beberapa artis-artis ternama Indonesia lainnya. Dengan berbagai prestasi yang dimiliki Dian seharusnya setiap orang juga harus melakukan yang terbaik dalam hidupnya sembari belajar dan terus belajar untuk mengembangkan bakat yang ada di dalam diri. Dian Pelangi lahir sebagai sosok inspirasi muda baik bagi laki-laki atau perempuan untuk selalu memberikan yang terbaik. Percayalah, dengan semangat dan kegigihan yang tinggi, setiap mimpi yang diimpikan akan terwujud menjadi kenyataan.

Itulah kisah inspiratif Dian Pelangi yang bisa dijadikan sebagai motivasi dan semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close