Di Mana Membuat CV Lamaran Kerja? Simak 6 Tools Ini

  • Whatsapp
cv menarik
cv menarik

Pada zaman yang serba instan dan cepat ini terkadang masih ada yang bertanya di mana membuat CV lamaran kerja? Padahal ada banyak platform yang bisa dimanfaatkan untuk membuat CV.

Tapi tenang saja, itu wajar kok. Mungkin Anda juga baru mau terjun ke dunia kerja dan belum pernah membuat CV lamaran kerja sebelumnya.

Sebelum hidup dimudahkan dengan internet, kita tentu harus menyusun CV atau resume secara manual. Atau harus dalam bentuk hardfile, selembar kertas dan di dimasukan pada sebuah amplop coklat khas melamar kerja.

Namun tidak dengan sekarang, Anda hanya perlu membuatnya di laptop dan simpan dalam format .PDF atau .DOC.

Nah, lalu di mana tempat membuat CV tersebut? Yuk, sama – sama kita bahas sekarang.

6 Tools Untuk Membuat CV Lamaran Kerja

Di bawah ini terdapat beberapa referensi tools yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat CV secara gratis.

Tinggal sesuaikan saja dan mana yang paling nyaman digunakan. Urutan di bawah di mulai dari tools yang sudah jarang digunakan sampai paling modern.

1. Microsoft Word

Mungkin diantara Anda ada yang baru tahu jika Word ini dapat digunakan untuk membuat CV atau sebagian besar sudah tahu.

Selain untuk membuat dokumen, menulis laporan, mengerjakan tugas dan pekerjaan lain. Microsoft Word memiliki opsi pembuatan CV bagi para penggunanya.

Baca juga : Bisnis Sampingan Berpenghasilan

Anda bisa menemukannya dengan mudah, caranya pada menu File pilih New. Lalu tuliskan resume atau CV.

Di sana Anda bisa memilih template yang paling sesuai. Cara membuatnya memang mudah, namun tidak banyak pilihannya. Selain itu desainnya juga standar saja.

2. Photoshop

Tools selanjutnya adalah Photoshop. Tidak hanya bisa digunakan untuk memotong, mempercantik dan mengedit foto. Photoshop juga memberikan opsi layout untuk membuat surat atau letter.

Nah, dari fitur tersebut Anda bisa memodifikasinya sehingga terbentuk sebuah resume atau CV.

Di Photoshop Anda bisa memadukan antara garis, bentuk seperti rectangle dan yang lain sehingga bisa membuat suatu resume.

Cara ini memang sangat manual, Anda bahkan harus membuat kolom – kolomnya sendiri. Namun tidak ada salahnya jika Anda memang ingin membuat kreasi desain CV sendiri.

3. Corel Draw

Selain Photoshop, software lain yang bisa Anda manfaatkan adalah Corel Draw. Anda tentu tidak asing kan dengan tools ini.

Biasanya para desainer grafis menggunakan Corel untuk membuat desain, logo, banner dan yang lain. Selain itu, bisa juga digunakan untuk membuat CV.

Aplikasi Corel ini memang hits pada zamannya, tapi semakin kesini sudah semakin banyak aplikasi yang fitur – fiturnya lebih mumpuni. Tapi masih banyak juga para pengguna yang menggunakan Corel Draw untuk membuat desain.

4. Figma

Mungkin Anda masih asing dengan aplikasi ini ya? Kebanyakan memang aplikasi ini digunakan oleh para UI/UX designer. Atau orang – orang yang membuat desain untuk aplikasi.

Tapi sebenarnya, hampir semua hal bisa dibuat lewat Figma. Salah satunya resume ini.

Kemudahan lainnya, Figma ini bisa diakses secara online. Jadi Anda tidak perlu memasang aplikasinya di Laptop.

Baca juga : Keuntungan Blogger

Selain itu, jika Anda membuat desain di sini, Anda tidak perlu khawatir desainnya hilang. Karena Figma akan otomatis menyimpan pekerjaan Anda.

Anda hanya perlu mengakses situsnya, register,  dan langsung buat CV.

5. Situs Online Pembuat CV

Tidak banyak yang tahu, jika di internet sendiri sebenarnya banyak situs online yang menyediakan fitur pembuatan CV.

Situs buat CV online ini memberikan template dan bahkan bisa membuat langsung di sana secara gratis. Biasanya Anda hanya akan diminta untuk mendaftar saja.

Setelah itu, bebas memilih template yang mana. Ada banyak template untuk berbagai posisi seperti Manajer, bidang desain, programmer, sales dan masih banyak lagi.

Anda hanya perlu memilih template nya, lalu sesuaikan dengan identitas dan pengalaman Anda.

6. Canva

Siapa yang tidak tahu dengan aplikasi penyelamat kita semua. Dari mulai desainer, mahasiswa, penulis, pengusaha dan masih banyak lagi.

Beberapa tahun terakhir, aplikasi Canva sedang naik – naiknya dan banyak digunakan para kalangan.

Selain karena mudah di akses, aplikasi ini juga terdapat pilihan free nya. Anda bisa menggunakan aplikasi dan fitur – fiturnya secara gratis tanpa dipungut biaya sedikitpun.

Salah satu desain yang bisa dibuat di Canva adalah CV atau resume. Bahkan sudah banyak template yang tinggal dipakai saja.

Namun, jika Anda pengguna gratis tentu tidak bisa mengakses semua elemen atau template yang ada di sana. Apabila ingin menggunakan yang premium, Anda cukup membayar sekitar Rp1.700.000 per tahun untuk 5 anggota.

Worth it sekali bukan?

Jadi, sampai sini Anda sudah tahu kan di mana membuat CV lamaran kerja. Pilihlah tools yang sekiranya gampang dan nyaman untuk dioperasikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *