UmumWisata

10 Destinasi Wisata Di Pulau Kalimantan Terpopuler Dan Wajib Dikunjungi

Indonesia menyimpan banyak sekali keindahan alam yang memukau. Salah satunya berada di pulau Kalimantan. Pulau Kalimantan yang biasa dikenal dengan Pulau Borneo terkenal dengan keindahan alamnya. Meskipun tidak sepopuler Bali, Kalimantan diketahui menyimpan banyak sekali keindahan alam yang tersembunyi dan salah satunya keindahan alam tersebut banyak dijadikan sebagai tempat wisata. Salah satunya adalah Kepulauan Derawan.

Tidak bisa disangkal jika Derawan menjadi surga tersembunyi yang mana Derawan terkenal dengan keindahan pantai dan taman bawah lautnya yang sangat indah dan memukau sehingga menjadikan Derawan sebagai permata bagi Pulau Kalimantan. Selain Derawan, sebenarnya masih ada banyak sekali tempat wisata tersembunyi yang menarik dan wajib dikunjungi ketika pergi ke Kalimantan. Jika kalian ingin berlibur ke Kalimantan, ada baiknya kalian mengunjungi beberapa destinasi wisata di Kalimantan yang akan dibahas di bawah ini. Untuk itu, berikut ini akan dipaparkan 10 destinasi wisata di Pulau Kalimantan terpopuler dan wajib dikunjungi. Simak baik-baik ya!

Baca juga : Sejarah Bahasa Indonesia

10 Destinasi Wisata Di Pulau Kalimantan Terpopuler Dan Wajib Dikunjungi

1.  Bukit Kelam

Bukit Kelam
Bukit Kelam Kalimantan

Bukit Kelam ini merupakan salah satu tempat wisata ya ng berupa sebuah gunung batu berukuran raksasa yang terletak di Kalimantan Barat. Bukit Kelam menjadi ikon tempat wisata di daerah Sintang yang masih menjadi misteri hingga saat ini. Bongkahan batu raksasa yang monolit ini dianggap sebagai bongkahan batu terbesar di dunia. Bukit Kelam termasuk kawasan perbukitan yang menawarkan keindahan alam yang begitu memukau. Di tempat ini dapat melakukan kegiatan tracking ke atas Bukit untuk melihat keindahan kota Sintang dengan bantuan tangga yang sudah disediakan para pendaki sehingga memberikan kenyamanan untuk melakukan tacking di Bukit Kelam.

2. Danau Sentarum

Danau Sentarum
Danau Sentarum

Danau Sentarum dapat dikatakan sebagai danau ajaib yang terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Danau ini bukan seperti danau pada umumnya karena pada saat musim hujan, danau ini terlihat seperti kumpulan air yang merendam hutan. Namun tidak demikian ketika musim kemarau. Pada saat musim kemarau, danau ini nampak seperti hutan dan padang dengan sedikit air yang mirip dengan kubangan. Dari fenomena tersebut, danau ini dikenal sebagai danau musiman

Baca juga : Sejarah Kota Bandung

Danau ini diapit oleh pegunungan dan juga danau ini menjadi sumber utama bagi aliran air sungai Kapuas. Danau Sentarum memiliki peran yang cukup besar yaitu sebagai lebak lebung raksasa yang sangat membantu bagi kelangsungan hidup hewan liar serta manusia. Danau Sentarum diresmikan menjadi taman nasional yang dilindungi oleh pemerintah dan masyarakat.

3. Pantai Mentawai

Pantai Mentawai
Pantai Mentawai

Pantai mentawai  terletak di Balikpapan, Kalimantan Timur dan menjadi spot terbaik untuk melihat pemandangan matahari tenggelam atau yang biasa dikenal dengan sunset karena posisi pantai berada di teluk kecil sehingga memudahkannya untuk melihat sunset.

Baca juga : Kumpulan Syair

Hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit perjalanan untuk mencapai Pantai mentawai. Selain menjadi spot terbaik pemandangan sunset, Pantai mentawai juga menawarkan pemandangan kapal-kapal pengangkut yang ada di pelabuhan Semayang. Ada juga Pulau Babi yang dapat dikunjungi dnegan berjalan kaki jika air sedang surut. Saat malam hari, pemandangan pijaran flare gas dari cerobong kilang minyak bakal Anda lihat jika mengunjungi pantai ini hingga malam hari.

4. Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar Terapung Lok Baintan
Pasar Terapung Lok Baintan

Pernah melihat iklan di televisi yang menampilkan seorang nenek mengancungkan jempol yang duduk di atas perahu? jika pernah, maka lokasi yang satu inilah yang dijadikan tempat pengambilan gambar di iklan tersebut yang bernama Pasar Terapun Lok Baintan. Pasar Terapun Lok Baintan berlokasi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan menjadi ikon tempat wisata di Kalimantan yang wajib dikunjungi.

Pasar yang dikenal sebagai Pasar Terapung Sungai ini menjadi tempat favorit bagi wisatawan. Jika mengunjungi Pasar Terapun Lok Baintan dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat asli daerah tersebut karena di pasar tersebut terdapat aktivitas jual beli dan berbelanja di pasar terapung menjadi salah satu tradisi yang masih ada hingga saat ini. Aktivitas di Pasar Terapun Lok Baintan dimulai pada pukul 06.00-09.00 WITA.

5.  Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah
Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah merupakan surga tersembunyi yang terletak di Bontang, Kalimantan Timur yang mana dikenal sebagai kota industri. Pulau Beras Basah adalah pulau mungil yang memiliki pantai berpasir putih dan pemandangan bawah laut yang begitu memukau. Adanya mercusuar tinggi juga menjadi daya tarik keindahan pulau ini. untuk mencapai Pulau Beras Basah hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari Pelabuhan Tanjung Laut.

6. Goa Batu Hapu

Goa Batu Hapu

Goa Batu Hapu menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi karena gua yang termasuk jenis gua karst ini memiliki ruang yang luas dan tekstur dinding yang tidak biasa. Adanya stalagmit dan stalagtit di dasar dan langit goa menambah kesan memukau dari goa ini. Selain itu, bagian langit goa memiliki lubang yang mana membiarkan sinar matahari masuk ke dalam goa sehinga menambah kesan eksotis yang dimiliki Goa Batu Hapu.

Baca juga : Pantun Cinta

Goa Batu Hapu berlokasi di Tapin, Kalimantan Selatan buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WITA. Untuk tiket masuk ke dalam Goa Batu Hapu dikenakan tari Rp. 2.500 per orangya.

7.  Goa Liang Tanah

Goa Liang Tanah
Goa Liang Tanah

Goa Liang Tanah menjadi spot terbaik untuk menikmati pemandangan bawah tanah yang berlokasi di Tabalong, Kalimantan Selatan. Goa Liang Tanah memiliki aliran air yang mengalir di bawah tanah yang mana air tersebut sangat jernih dan berwarna biru sehingga membuat seseorang tertarik untuk berenang di dalamnya. Goa Liang Tanah buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WITA dan tarif masuk ke dalam Goa Liang Tanah gratis hanya perlu mengeluarkan biaya sukarela untuk area parkir.

8.  Danau Biru Pengaron

Danau Biru Pengaron

Sebelumnya, tempai ini adalah bekas tanah tambang atau penggalian batu bara. Namun saat ini tempat tersebut dijadikan tempat wisata yang diberi nama Danau Biru Pengaron. Danau yang terletak di Banjar, Kalimantan Selatan ini menawarkan keindahan yang begitu alami dimulai dari airnya yang berwarna biru serta dikelilingi tebing-tebing hasil dari kerukan alat berat.

Baca juga : Contoh Ucapan Pernikahan

Air yang berada di danau ini merupakan hasil perpaduan dari warna biru dan tekstur tanah yang berwarna-warni sehingga menghasilkan keindahan yang cukup unik. Belum lagi semburat warna hijau dari pepohonan dan ilalang yang berada di puncak bukit seakan menambah eksotisme Danau Biru Pengaron. Meskipun menawarkan berbagai macam keindahan, namun dilarang untuk berenan di danau ini karena struktur tanah yang dimiliki sangat labil dan berbahaya. Untuk masuk ke Danau Biru Pengaron tidak dipungut biaya, hanya membayar parkirnya saja.

9. Goa Haji Mangku

Goa Haji Mangku

Goa Haji Mangku dikenal dengan Goa Biru yang mana goa ini menawarkan keindahan yang tidak ada lawannya. Goa Haji Mangku memiliki air yang berwarna biru dan sampai saat ini masih terjaga kelestariannya. Goa Haji Mangku berlokasi di Pulai Maratua, Kalimantan Timur.

10. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin yang berlokasi di Berau Kalimantan Timur ini menjadi salah satu tempat wisata yang seringkali dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan asing maupun lokal. Danau Labuan Cermin memiliki pemandangan yang begitu indah yaitu danau ini dikelilingi rimbunan pohon dan suasana yang begitu asri. Yang menariknya adalah permukaan air di Danau Labuan Cermin ini dapat memantulkan cahaya matahari sehingga air terlihat sangat jernih.

Nah itulah informasi mengenai 10 destinasi wisata di Pulau Kalimantan terpopuler dan wajib dikunjungi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda terutama jika ingin berkunjung ke Pulau Kalimantan.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close