Teknologi

Pengertian Dedicated Server Hosting : Jenis Layanan [Lengkap]

Jika dari awal seseorang sudah menekuni dunia pembuatan website atau sedang dalam tahap belajar membuat website, maka akan menemukan istilah “Dedicated Server Hosting”. Dinamakan Dedicated Server Hosting karena istilah Dedicated Server Hosting ini memiliki hubungan yang erat dengan hosting dimana Dedicated Server termasuk salah satu tipe hosting. Dedicated Server Hosting menjadi pilihan terbaik untuk seseorang yang ingin membuat website dengan kualitas dan performa yang baik karena Dedicated Server Hosting memiliki kontrol penuh terhadap server yang disewa.

Istilah Dedicated Server Hosting berbeda dengan istilah Dedicated Hosting. Banyak orang yang mengira jika Dedicated Hosting ini sama dengan Dedicated Server Hosting karena dilihat dari namanya sendiri pun hampir sama. Akan tetapi, sebenarnya antara Dedicated Hosting dan Dedicated Server ini memiliki pengertian yang berbeda.

Dedicated Server Hosting dapat dikatakan sebagai salah satu jenis hosting yang menawarkan sebuah fasilitas server dengan skala penuh hanya pada satu akun penyewa sehingga penyewa mendapatkan akses secara penuh terhadap sebuah server. Sedangkan Dedicated Hosting dianggap memiliki kesamaan dengan VPS karena bentuk layanan Dedicated Hosting seperti virtualisasi server dimana memungkinkan penyewa akan menyewa server lebih banyak bahkan seluruh server yang ditemati oleh website dapat dikuasaik oleh penyewa tersebut. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini akan dibahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Dedicated Server Hosting, mulai dari pengertian, jenis layanan, kelebihan dan kekurangan hingga perbedaannya dengan Dedicated Hosting. Simak ulasan di bawah ini!

Baca juga : VPS Hosting

Pengertian Dedicated Server Hosting

Pengertian Dedicated Server Hosting : Jenis Layanan [Lengkap]
Pengertian Dedicated Server Hosting

Dedicated Server Hosting merupakan sebuah layanan yang menyediakan jasa penyewaan server secara utuh yang mana diletakkan di data center tanpa terbagi dengan user lain. Perangkat server yang telah disediakan akan dikelola oleh provider sebagai penyedia jasa layanan Dedicated Server Hosting. Dedicated Server Hosting menjadi pilihat paling tepat untuk seseorang yang akan membuat website dengan kualitas terbaik. Server yang disewakan oleh pihak penyewaan Dedicated Server Hosting hanya diperuntukkan bagi penyewa jasa layanan dan tidak akan dibagi dengan pengguna lainnya. Dengan menggunakan jenis dari hosting ini, pengguna akan memiliki kontrol penuh terhadap server yang disewanya.

Jenis Layanan Dedicated Server Hosting

Jenis Layanan Dedicated Server Hosting
Jenis Layanan Dedicated Server Hosting

Layanan Dedicated Server Hosting bersifat unmanaged dimana dukungan teknis yang dimiliki diberikan sampai pada tatanan jaringan dan hardware. Pihak penyedia layanan Dedicated Server Hosting hanya akan melakukan instalasi dan konfigurasi awal sesuai dengan permintaan penyewa. Data server untuk Dedicated Server Indonesia akan diletakkan di dalam Data Center Indonesia yang terkoneksi dengan jaringan sebesar 1 GBps Shared Connection Unmetered, kemudian juga terkoneksi dengan link internasional melalui Nusanet Internet Service Provider dengan jaringan sebesar 5 Mbps Shared International Connection.

Pilihan untuk bandwidth dedicated juga dapat dimiliki ketika seseorang yang bertindak sebagai penyewa membutuhkannya. Dedicated Server menyediakan penyewaan satu server secara utuh tanpa dibagi dengan user lain. pengguna layanan ini tidak perlu lagi untuk melakukan instalasi dan penyediaan hardware lainnya karena itu merupakan tugas dari pihak penyewaan.

Namun dapat dikatakan bahwa tidak semua orang membutuhkan pelayanan yang sebagus dan semahal layanan Dedicated Server Hosting. Di Indonesia, layanan Dedicated Server Hosting dikenakan biaya sekitar Rp 1.500.000 per bulannya. Untuk yang paling mahal kemungkinan bisa sampai Rp 4.000.000-Rp 5.000.000 per bulannya.  

Biasanya layanan ini hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang memiliki database besar dengan pengelolaan yang kompleks. Bagi pengguna yang hanya seorang Blogger, daripada menggunakan layanan Dedicated Server Hosting yang dikenal memiliki biaya yang mahal lebih baik menggunakan layanan VPS dan Shared Hosting karena biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah dengan pelayanan yang cukup bagus. .

Baca juga : Penyedia Web Hosting Gratis

Kelebihan dan Kekurangan Dari Dedicated Server Hosting

Kelebihan dan Kekurangan Dari Dedicated Server Hosting
Kelebihan dan Kekurangan Dari Dedicated Server Hosting

Dedicated Server Hosting memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang wajib diketahui, diantaranya sebagai berikut:

Kelebihan

  • Keamanan terjamin

Apabila terjadi kerusakan pada server, maka pengguna yang menyewa layanan Dedicated Server Hosting tidak bertanggung jawab terkait kerusakan yang terjadi sehingga aman untuk pengguna ketika mengoperasikan Dedicated Server Hosting.

  • Memiliki akses penuh atau kebebasan

Dedicated Server Hosting memberikan kebebasan pada penggunanya. Pengguna layanan ini memiliki hak akses 100% dan memudahkan penggunanya untuk mengkonfigurasi berdasarkan bentuk dari spesifikasi yang diinginkan

  • Sangat efektif dalam penggunaannya

Pengguna yang menyewa layanan Dedicated Server Hosting dapat mengontrol server hanya dengan sebuah remote sehingga tidak perlu lagi untuk melakukan pengawasan pada server fisik secara langsung. Hal itu membuat pengguna tidak terlalu terbebani selama merawat dan mengelola website yang dimiliki

  • Hanya dapat digunakan oleh satu pengguna

Ketika seseorang menggunakan layanan Dedicated Server Hosting tidak perlu takut terganggu dengan pengguna lain karena jenis layanan ini hanya dapat digunakan oleh 1 pengguna saja sehingga tidak akan mengganggu kinerja dari website apabila sewaktu-waktu jumlah pengunjung website mengalami kenaikan.

  • Menawarkan bandwidth unlimitied

Layanan Dedicated Server Hosting menghasilkan kinerja yang sangat optimal dan cepat karena jenis layanan ini menawarkan bandwidth yang unlimitied dan juga menggunakan processor, disk space, memori, dan sumber daya sistem yang digunakan oleh diri sendiri tanpa terbagi dengan yang lain.

Kekurangan

  • Biaya yang dikenakan terlalu mahal

Untuk menikmati layanan Dedicated Server Hosting membutuhkan biaya yang masuk dalam kategori mahal. Biaya yang harus dibayar akan semakin mahal jika spesifikasi server yang diinginkan tinggi dan lengkap

  • Harus memiliki skill dalam pengelolaan server website

Saat melakukan setting, perawatan serta perbaikan harus dilakukan oleh orang-orang yang memiliki skill IT dengan baik mulai dari pengelolaan, perawatan hardware, aplikasi, jaringan, database, hingga prosedur keamanan website karena perawatan akan semakin sulit jika dikerjakan oleh orang yang tidak paham dalam hal IT. Sebelum memutuskan untuk menyewa jasa layanan Dedicated Server Hosting sebaiknya calon penyewa memahami dan mempelajari terlebih dahulu terkait cara pengelolaan database di dalam server website.

Perbedaan Dedicated Server Hosting dengan Dedicated Hosting

Perbedaan Dedicated Server Hosting dengan Dedicated Hosting
Perbedaan Dedicated Server Hosting dengan Dedicated Hosting

Dedicated Server Hosting lebih mengarah kepada server fisik sehingga penyewa dapat menggunakan satu server fisik secara utuh dan menyeluruh. Tidak heran jika pengguna yang menyewa layanan Dedicated Server Hosting akan disuhi beberapa spesifikasi server fisik seperti jenis hingga merk processor yang digunakan. Dengan keleluasaan yang dimiliki, membuat manage Dedicated Server Hosting dapat dikatakan sangat merepotkan. Dengan menggunakan layanan Dedicated Server Hosting berarti pengguna harus ikut me-manage physical servernya sehingga siapkan lebih banyak waktu, tenaga, dan juga biaya lebih jika memutuskan untuk menggunakan layanan dari Dedicated Server Hosting.

Sedangkan Dedicated Hosting lebih mengarah jenis layanan yang berbentuk virtualisasi server yang memungkinkan pengguna untuk menyewa bagian server lebih banyak bahkan secara keseluruhan dari server dapat ditempati oleh pengguna tersebut. Dengan menggunakan layanan Dedicated Hosting, pengguna tidak perlu lagi untuk mengurusi manage server virtualnya karena yang mengurus hal tersebut adalah pihak penyedia layanan hosting. Pengguna yang menyewa layanan Dedicated Hosting hanya tinggal fokus dengan bisnis yang dijalaninya.

Nah itulah ulasan lengkap terkait pengertian Dedicated Server Hosting, mulai dari pengertian, jenis layanan, kelebihan dan kekurangan hingga perbedaannya dengan Dedicated Hosting. Semoga apa yang disampaikan di dalam artikel ini bermanfaat bagi para pembaca!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close